34

Pengalaman Dahsyat Mengikuti Diklat Online (+10)

Bu Etna @gurutematik June 2, 2014

Subhanallah, sungguh suatu kesempatan yang luar biasa dapat mengikuti Diklat IT Online yang diselenggarakan oleh bapak Sukani. Ketika saya mendengar dan membaca adanya diklat ini, saya meminta ijin suami, anak, dan cucu agar diperbolehkan mendaftar diklat. Semula seisi rumah heran mengapa saya yang sudah purna tugas dari PNS masih ikut diklat? Untuk apa sertifikatnya? Keterampilan apa lagi yang diharapkan dan untuk apa? Begitu komentar yang disampaikan ke saya, dengan bergurau dan penuh kasih sayang. Mungkin keheranan mereka itu hanyalah basa-basi, mengingat saat itu saya jatuh dan berjalan agak pincang. Namun mereka tetap mengijinkan saya, sebab mereka ingat bahwa saya selalu penuh pertimbangan dan apa pun hasilnya selalu bermanfaat bagi orang lain.

Seminggu sebelum diklat dimulai, saya sama sekali tak dapat membuka laptop untuk mendownload materi dll. Saya juga mengalami musibah kecil, bus yang saya tumpangi hampir menabrak motor yang menyeberang dengan cepatnya. Seisi bus pada terkejut, termasuk saya. Dahi dan mata kanan terbentur sandaran kursi di depan saya dan hingga saat ini masih rawatan. Namun saya tetap mengikuti diklat angkatan pertama, 01 Juni hingga 12 Juni 2014. Insya Allah lancar dan sukses, walau malam hari mata yang bisa membaca hanya sebelah kiri.

Ketika hari Minggu 01 Juni 2014 Diklat dimulai, Rumah saya penuh anak cucu. Anak cucu dari Sukabumi cuti selama seminggu dan berkumpul di rumah. Minggu sore mereka pulang dengan kereta. Saya baru mengikuti diklat tadi malam setelah Isya’. Alhamdulillah saya dapat bertahan belajar hingga hampir jam 12 malam. Allahu Akbar, Allah Maha Besar.

Semula saya amat tertegun saat membaca panduan diklat dan materi tentang sistem E-traning/diklat on-line dan e-Learning. Subhanallah. Pak Sukani benar-benar canggih, cermat, dll. Saya tak dapat menguraikannya secara persis. Saya sedikit tegang sebab sering terjadi error ketika on-line. Kemungkinan disebabkan oleh kesalahan mengklik atau mungkin masalah signal. Saya menggunakan simcard unlimited dan di daerah saya kadang signalnya jelek, sehingga memang harus sabar. Sungguh hebat diklat ini, menunya membuat saya tak terlalu ribet walau kewalahan juga mengatur waktu untuk menyelesaikan tugas belajar hari pertama.

Sahabat guru di mana pun berada, silakan ikut. Insya Allah ada diklat angkatan berikutnya, ke dua dan ke tiga. Tentang isi diklat dan beberapa hal yang terdapat dalam paket diklat online sudah ditulis lebih dahulu oleh beberapa teman, sehingga saya tidak mengulang hal yang sama. Kisah nyata saya yang dahsyat inilah yang ingin saya tulis.

Mengapa saya katakan dahsyat? Karena baru kali ini saya mengikuti diklat online yang padat belajar, padat karya, dan padat makna. Padat sekali, sampai saya harus meliburkan beberapa aktivitas home schooling/les privat. Untung ada guru yang dapat menggantikan saya. Bayangkan, tadi malam saya harus membaca panduan dan materi diklat. Setelah itu saya harus mengerjakan pretes dan harus mengisi daftar hadir dengan menguraikan pengalaman diklat. Diklat ini membuat saya harus tenang, rileks, meningkatkan fungsi otak, berpikir tingkat tinggi, meningkatkan sugesti tentang amat pentingnya diklat ini bagi generasi penerus bangsa, bagi seluruh bangsa mulai dari keluarga, tentang pentingnya pendidikan abad ke 21, era digital ini. Luar biasa. Saya merasa bertambah cerdas, hehehe memang kan harus begitu agar dapat mendidik siswa cerdas. Amin ya rabbal alamin.

Berikut saya cantumkan jadwal aktivitas saya dalam mengikuti diklat. Jadwal pribadi ini bergantung pada kesibukan masing-masing peserta. Waktu dalam jadwal tidak saya rencanakan secara tepat, sebab aktivitas lain yang juga penting tak dapat diabaikan. Pagi hari bisa mulai sebelum subuh hingga sekitar jam 11.30, di sela-sela kegiatan rutinitas. Siang sekitar jam 13.00 – 15.00. Malam berkisar antara jam 16.00 – 23.50. Istirahat dan kegiatan non rutin lain yang penting disela-selanya.

Jadwal Kegiatan Diklat IT on-line 2014

01 Juni

Sore, Mendengarkan video pembukaan diklat, mempelajari Panduan Diklat dan Pengenalan system diklat dan E-LearningMalam, Forum diskusi, uji pretes dan pretes, mengisi daftar hadir.

02 Juni

Pagi, Mempelajari E-Learning, video tutorial, forum diskusiSiang, forum diskusi, menulis artikel motivasi, menyusun jadwal diklat.

Malam, Memposting artikel di Guraru.org, menyelesaikan jadwal dan memposting jadwal, mengisi daftar hadir.

03 Juni

Pagi, Mempelajari E-Learning, forum diskusiSiang, Forum diskusi, memposting artikel di Kompasiana, membuat E-Learning dengan Edu20.

Malam, Membuat E-Learning. mengisi daftar hadir.

04 Juni

Pagi, Mengikuti forum diskusi, membuat E-Learning.Siang, Forum diskusi, menyelesaikan E-Learning.

Malam, Mempelajari Digibooks, mengisi daftar hadir.

05 Juni

Pagi, Forum diskusi, membuat Digibooks.Siang, Forum diskusi, membuat Digibooks.

Malam, Digibooks, mengisi daftar hadir.

06 Juni

Pagi, Digibooks, forum diskusiSiang, Forum diskusi, mengedit Digibooks.

Malam, Mengikuti forum diskusi, mempelajari quiz, mengisi daftar hadir.

07 Juni

Pagi, Mengikuti forum diskusi, menyusun quiz.Siang, Mengikuti forum diskusi, menyusun quiz..

Malam, Mengikuti forum diskusi, membuat quiz,, mengisi daftar hadir.

08 Juni

Pagi, Mengikuti forum diskusi, menyelesaikan quiz.Siang, Mengikuti forum diskusi, mempelajari pembuatan video dengan Camtasiastudio.

Malam, Membuat video, mengisi daftar hadir.

09 Juni

Siang, Mengikuti forum diskusiMalam, Membuat video, mengisi daftar hadir.

10 Juni

Pagi, Mengikuti forum diskusi, mempelajari pembuatan bahan ajar dengan snapshot.Siang, Membuat bahan ajar dengan snapshot.

Malam, Menyelesaikan bahan ajar, mengisi daftar hadir.

11 Juni

Refleksi dan Evaluasi, mengisi daftar hadir.

12 Juni

Postes, mengisi daftar hadir.

Ternyata banyak hal yang saya belum tahu dan mengerti, Insya Allah saya akan tahu, mengerti, dan menerapkannya. Sebelum subuh tadi, saya sudah mulai duduk di depan laptop, membaca materi dan panduan diklat. Karena kaki masih pincang dan mata masih sakit, maka saya harus rajin merawatnya agar tetap dapat belajar bersama dengan peserta yang lain. Hebohnya lagi, saya harus meluangkan banyak waktu untuk membuka forum diskusi, membaca, merespon, bertanya, dll. Walau padat kerja namun sungguh nikmat, rasa bahagia dapat belajar bersama secara online, tentang peningkatan layanan bangsa. Insya Allah setelah diklat saya akan mengembangkan rumah belajar gratis untuk anak kampung dan home industri dengan modal kecil sisa dana sertifikasi yang masih saya tabung. Insya Allah kita semua mempunyai cita-cita yang tinggi untuk anak bangsa, dan semoga kita bisa. Amin.

Kepada seluruh sahabat Guraru dan siapa pun yang membaca artikel ini, doakan saya ya agar dapat menyelesaikan diklat ini dengan lancar dan sukses. Amin. Salam perjuangan.

Di bawah ini saya cantumkan beberapa gambar dari diklat IT online ini.

Gambar 1: Simbol yang digunakan oleh pak Sukani, setangkai daun pisang yang penuh arti untuk green training. Saya teringat tentang green education, green school, go green. Saya juga sering Menulis artikel tentang green life yang sudah terkenal di seluruh dunia. Oh ya seperti warna web Guraru. Hijau memang warna yang disukai oleh Allah SWT dan Rosullulloh.

guru melek IT 01

Gambar 2: Diklat IT online pola 12 hari. Diklat ini telah dirancang oleh pak Sukani dengan hebatnya, sehingga saya dapat mengikuti alur kegiatan dengan senang. Insya Allah jika sahabat guru yang lain ikut serta, akan merasakan hal sama.

diklat IT online 2

3,855 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (34)

  1. Terima kasih pak Nur atas respon dan doanya. Iya memang ini tugas pak, Insya Allah saya mampu mengikuti diklat hingga selesai. Ternyata seusia saya memang tak mudah, terutama membaca materi diklatnya. Kalau mendengarkan video tutorial masih lumayan. Tentang tugas Menulis mungkin sudah ada pengalaman, namun IT nya itu yang saya agak kuwalahan. Hehehe, makanya ikut diklat, ya selagi masih mampu belajar banyak dalam waktu terbatas. Ayo terus Menulis pak, bulan ini temanya kan agak umum, Insya Allah bisa ya, waktunya juga kan agak longgar. Salam sukses.

  2. Bunda Etna memang sangat layak menjadi motivator bagi kami para guru terutama guru di Depok utk memupuk semangat belajar yang tiada henti. Ahhh…andaikan bunda-ku yang satu ini suatu saat bisa memotivasi guru-guru di Depok alangkah dahsyatnya! Salam Hormat! 🙂

  3. Salam Bunda Etna, senang bisa bertemu lagi meskipun lewat dunia maya. Bunda memang jadi inspirasi saya untuk belajar menulis. Meskipun sudah purna tugas tapi masih semangat dan hebat mengikuti diklat online Pak Sukani. Jadi penyemangat saya yang tidak biasa menulis.

  4. Amin ya rabbal alamin. Thx atas responnya pak. Saya pribadi juga termotivasi oleh Guraru seperti bapak. Ekosistem memang hrs seimbang. Oleh sebab itu selalu terjadi hubungan timbal balik, saling memerlukan dan mendukung. Give and take. Akhir-akhir uni Guraru pada sibuk shg saya yg tak bgt sibuk, memposting seminggu satu. Terjadi penurunan sebab kurang termotivasi hahaha. Kangen nih pak. Salam sehat selalu.

  5. subhanalloh,… sungguh ibu adalah guru yg patut di gugu lan di tiru. salut saya,… saya jdi malu nih, masih muda tp msh belum pandai dalam memanaj waktu. Melihat tulisan & jadwal ibu yg rapih, jdi membangkitkan lgi gairah utk slalu belajar di tengah kesibukan & tugas yg seabrek. skali lgi … jazakillah, ibu etna..salam ukhuwah dr Jogja

  6. “Ya, Allah mampukah saya mengikuti diklat ini? saya menyadari kalau saya ini sesungguhnya adalah ‘gaptek’ dan tidak pula punya waktu banyak untuk bermain laptop. Ya, Allah berikanlah kekuatan dan kemauan bagi saya karena sudah mendaftar di kegiatan ini.” Begitulah, Bu Etna yang dapat saya katakan setelah membaca catatan Ibu di atas. Saya malah khawatir saya tidak akan mampu dan tidak punya waktu untuk itu. Tapi saya akan mencobanya. sukses buat Ibu selalu.

  7. Amin ya rabbal alamin. Thx bu Budi atas respon dan motivasinya. Saya hanya ingin memberi contoh bahwa pendidikan itu tugas mulia guru. Hehehe kita memang hrs belajar disela2 tugas harian. Maka jamnya tak dapat ditentukan dg pasti. Salam sukses.

  8. Pak Rasyid, saya hanya mampu belajar diklat disela2 tugas harian. Maka jamnya tak dpt ditentukan dg pasti. Saya juga kuwalahan namun ternyata banyak guru berkata sama. Program diklatnya bagus pak, jalankn saja. Insya Allah bisa. Thx responnya. Salam takzim.

  9. Iya bu salam kenal juga. Ah ibu bisa saja. Bu Trian terus menulis ya, bergabung dg kami. Thx responnya dan salam sukses. Nih saya dari pagi hingga skrg msh sekolah gratis divrmh. Smp jam 10 mlm. Hehehe digibooknya ga tahu bgmn bsk. Semangat ya.

  10. Thx pak Tholib, ya mungkin karena saya sdh mengajar sejak thn 73 dan suka menulus pak. Bpk Insya Allah bisa jauh lebih bagus sebab banyak kesempatan utk mengembangkn diri. Seumur bpk sy blm bisa spt bpk. Terus menulis ya. Salam sukses.

  11. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Wow..luar biasa sekali bun. Mohon maaf jika layanan dalam diklat ini kurang memuaskan. Saya doakan semoga lekas sembuh bu, begitu pula dengan pelaksanaan diklat ini semoga lancar jaya dan sukses. Jangan lupa kesehatan bu karena kesehatan adalah nomor satu dan harus dijaga. Seimbangkan antara kegiatan dengan istirahat. Salam hormat,

    Saya berikan “VOTE”.

  12. Terima kasih atas respon dan votenya pak Sukani. Saya cerita apa adanya tentang diklat, tak lebih dan tak kurang. Memang dahsyat, saya tak mengira sehebat itu bapak memprogram diklat. Insya Allah tantangan demi tantangan yg bpk berikan dapat kami hadapi dengan sungguh-sungguh. Walau dalam proses terjadi rintangan, alhamdulillah dapat teratasi dengan kerjasama, saling membantu. Kesabaran dan kecanggihan bpk dalam melayani kami, mungkin sulit ditiru dan belum ada duanya. Insya Allah keseimbangan tetap terjaga. Musibah kecil yg lewat dapat saya ambil hikmahnya. Salam hormat.

  13. Terima kasih pak Sukani. Jadwal saya hanya secara kualitatif. Saya tak berani menentukan secara pasti jam-jam saya belajar online. Kepadatan acara diklat membuat saya sadar akan pentingnya kedisiplinan dalam mengikuti jadwal, maka dari itu jadwal harus fleksibel. Yg penting setiap hari harus belajar walau disela-sela kegiatan rutin dan non rutin sehari-hari. Salam hormat.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar