0

3 Penemuan Arkeolog di Mesir Yang Membuat Heboh Dunia (0)

Wendy Novianto September 18, 2017

Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan di massa lampau, tentu sangat berbeda dengan kehidupan yang sekarang ini. Meski demikian, tak sedikit dari kita terlebih dikalangan para arkeolog yang tertarik untuk meniliti sejarah kehidupan orang-orang dimasa lampau. Tentu saja dengan cara penelitian tersebut, dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita.

Terlepas dari semua hal itu, negara Mesir memang identik dengan benda-benda peninggalan zaman dahulu. Dengan demikian, tak heran jika banyak para arkeolog yang bertebaran di negara Mesir. Dari sekian banyaknya penemuan yang ada di Mesir, beberapa diantaranya ada yang sempat menjadi perbincangan hangat diseluruh dunia. Nah pada artikel sains kali ini, akan mengulas seputar 3 penemuan arkeolog di Mesir yang sempat membuat heboh publik :

3 Penemuan Arkeolog di Mesir Dalam Artikel Sains

  1. Mummi

Penemuan arkeolog yang pertama adalah Mummi. Pada dasarnya, negara Mesir memang begitu kental dengan nuansa mistis dan Mummi-nya. Mummi sendiri merupakan proses pengawetan mayat manusia, dimana ada beberapa proses dalam pembuatan Mummi tersebut. Mulai dari pembalseman, mengkafani, hingga dimakamkan.

Namun hal yang paling mengejutkan saat proses pembuatan Mummi adalah, dimana semua organ tubuh si mayat akan dikeluarkan terlebih dahulu kemudian tubuhnya dijahit kembali dengan rapih. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pembusukan pada si Mummi tersebut.

  1. Patung Sphinks

Penemuan arkeolog berikutnya adalah Sphinks. Patung Sphinks adalah makhluk mitologi bertubuh singa dan memiliki kepala manusia. Menurut kepercayaan rakyat Mesir kuno, tubuh singanya melambangkan sosok pribadi yang perkasa, sedangkan kepala manusianya melambangkan sosok pribadi yang bijaksana dan baik hati. Namun, patung Sphinks yang paling populer adalah yang ada di daerah Gizza, Mesir.

  1. Piramida

Jika mendengar kata Piramida, kita pasti akan tertuju pada Mesir. Begitupun sebaliknya apabila kita mendengar kata Mesir, pasti akan tertuju pada sebuah Piramida. Dengan kata lain, Mesir itu adalah Piramida dan Piramida itu adalah Mesir.

Terlepas dari hal itu, Piramida merupakan sebuah tempat pemakaman yang terbuat dari tumpukan batu-batu berukuran besar, yang dikhususkan bagi kaum bangsawan dan Raja-raja Mesir Kuno. Sebut saja salahsatu raja Mesir Kuno paling fenomenal yang menjadi penghuni Piramida itu adalah raja Firau’n.

Demikianlah artikel sains kali ini yang membahas tentang 3 penemuan arkeolog di Mesir yang sempat membuat heboh publik. Apakah diantara kalian ada yang tertarik pergi ke Mesir, untuk meneliti peninggalan-peninggalan masyarakat Mesir kuno.

562 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar