Artikel Pilihan

Pengumuman Pemenang Artikel Pilihan 3 Besar di Bulan Juni 2014

Assalamualikum Wr. Wb. Selamat siang guraruers, semoga sehat selalu dan…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Pengumuman tema tulisan bulan Juli 2014 di guraru.org

Selamat pagi guraruers, Semoga kebahagian dan keberkahan selalu tercurahkan kepada…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Membuat Quiz Matematika Online Alternatif Dengan That Quiz

Semakin berkembangnya dunia IT merambah juga pada dunia pendidikan. Sekarang…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Kategori: > Pemilihan Ketua OSIS sebagai Pembelajaran Demokrasi

Pemilihan Ketua OSIS sebagai Pembelajaran Demokrasi (+1)

Penulis: Asep Mulyana,S.Pd
Kategori:

http://4.bp.blogspot.com/-U4N6YILjOw8/UFPdv4xZQPI/AAAAAAAAAFo/2n-vzF2C7GM/s1600/LOGO+KPK+OSIS.jpg

Memasuki masa akhir kepengurusan OSIS di Madrasah Tsanawiyah Negeri 33 Jakarta, maka perlu diadakan pemilihan ketua OSIS yang baru. Tahun ini penyelenggaraan pemilihannya mengadopsi hampir mirip dengan pemilihan kepala daerah. Ini dilakukan sebagai pembelajaran miniatur demokrasi di sekolah yang notaben siswa-siswinya belum cukup umur sebagai pemilih dalam pemilu di lingkungan masyarakat

Langkah pertama dalam persiapan adalah pembentukan KOMISI PEMILIHAN UMUM ( KPU ) dalam pemerintahan , namun d MTsN 33 ini kami membentuk KOMISI PEMILIHAN KETUA OSIS (KPKO) dengan logonya pun mirip dengan KPU pusat.

Kemudian langka kedua, KPKO mementuk TIM PANWASLU ( Pengawas Pemilu), PPS ( Panitia Perhitungan Suara ) dan TIMSUS ( Tim Sukses) .Sekaligus menetapkan calon kandidat Ketua OSIS yang akan ditetapkan sebagai calon yang berkompetisi dalam kampanye.


Memasuki awal kampanye dilakukan pemasang poster dan slogan yang diusungkan masing-masing calon kandidat ketua OSIS MTsN 33 Jakarta, seperti Gerakan Perubahan, Bersama Kita Bisa, Bangun Jiwa Entrepreneurship dan lain sebagainya ditambah lagi biografi masing-masing calon dipublikasikan masing-masing kandidat melalui media mading sekolah ini bertujuan agar warga sekolah lebih mengenal lebih dalam biografi calon kandidat.


Minggu pertama putaran kampanye, tim sukses masing-masing kandidat mempromosikan calonnya ke kelas-kelas dengan sedikit yel-yel yang cukup menggelitik dan seru menjadi nilai tambah bagi tim sukses yang kreatif.
Kampanye juga dilakukan dengan Orasi Politik yang dilakukan setelah upacara bendera tiap hari senin, ini untuk mengetahui sejauh mana calon kandidat berorasi dan menyampaikan visi dan misi yang ingin dicapai jika mereka terpilih menjadi ketua OSIS layaknya CAGUB dengan janji-janji kampanye.
Yang menarik dari rangkaian pemilihan ketua osis di MTsN 33 jakarta adalah adanya TIM PANWASLU yang mengawasi dan mengkontrol jalannya pemilu dan kejadian yang menjadi catatan sebagai pembelajaran demokrasi di sekolah ketika kampanye salah satu tim sukses mendapat gangguan dari beberapa siswa yang mencoba mengganggu jalannya kampanye dengan cara provokatif. Ketidaknyamanan itu akhirnya tim sukses salah satu calon kandidat mengadukan ke KPKO sehingga terbitlah surat teguran terhadap siswa yang melakukan tindakan provokatif tersebut.

Memasuki tahap pemungutan suara, Panitia Perhitungan Suara ( PPS) dan Tim PANWASLU bekerja sama menyiapkan TPS ( Tempat Pemungutan Suara ). Menariknya TPS yang didesain juga mirip dengan Pemilu di Masyarakat, dimulai dengan pendaftaran, pengambilan kartu, bilik suara , kotak suara dan adanya celup tinta walaupun dengan benda sederhana. Ini menarik dan pengalaman yang sangat berharga dimana hampir semua peserta didik belum cukup umur sebagai pemilih di lingkungan masyarakat.

Bantuan Tim PANWASLU dengan mengawal siswa-siswi untuk menuju ke TPS menjadikan mobilisasi siswa-siswi yang keluar kelas menjadi terkendali dan kegiatan belajar mengajarpun masih dapat berlangsung dengan lancar walau beberapa menit terganggu dengan proses pemilihan ketua osis ini.
Dan Alhamdulillah proses pemungutan selesai dilakukan dan hasil pemungutan suarapun dapat segera dipublikasikan. Ucapan terimakasih untuk seluruh pihak yang telah membantu juga menjadi catatan berlangsungnya pemilihan ketua osis baru di MTsN 33 Jkaarta.
 

229 total views, 1 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Ramdhan Hamdani

    Sepakat pa, pemilihan ketua osis dapat dijadikan salah satu sarana pendidikan politik bagi siswa

    Ramdhan Hamdani Komentar pada October 2, 2013 8:33 am

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit