Artikel Pilihan

PRESENTASI MENARIK DENGAN PREZI

Salah satu daya tarik mengajar antara lain dengan performance penyampaian…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Lain-lain
Home > Lain-lain […] Teknologi > Pembelajaran TIK Yang Menciptakan Suasana Belajar Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Men

Pembelajaran TIK Yang Menciptakan Suasana Belajar Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Men (+1)

Penulis: oloan
Kategori: Lain-lain […] Teknologi

      Menjadi Guru Mata Pelajaran TIK sangat menyenangkan dan membanggakan, apa sebab, karena Guru TIK dalam mengajar identik dengan penggunaan peralatan TIK itu sendiri untuk memberikan bahan ajar bagi siswa/i. Kebetulan penulis adalah Guru Mata Pelajaran TIK untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), sehingga dalam memberikan Materi Pelajaran TIK, saya benar-benar dituntut untuk mempersiapkan diri dan mempersiapkan bahan ajar dengan sangat baik, sehingga nantinya dalam menerangkan dan menjelaskan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi atau identik dengan mata pelajaran Komputer tersebut, saya tidak salah dan tidak mengalami kendala, karena jujur, mata pelajaran yang satu ini sangat berbeda dengan mata pelajaran lain. Mata pelajaran TIK, Guru harus dituntut mampu menjelaskan dan mampu mempraktekkan materi tersebut dengan baik, tidak seperti mata pelajaran lain yang hanya modal menghafal, menulis didepan kelas dan menerangkan, tetapi jika Guru mengajar mata pelajaran Komputer atau TIK, sang Guru, Tentor, Fasilitator, Dosen ataupun Instruktur Komputer harus mampu mempraktekkan Materi yang diajarkan menggunakan media Komputer. Tidak itu saja, peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin canggih menuntut Guru dan Pihak Sekolah untuk menyediakan dan menguasainya. Misalnya: Infokus atau Proyektor. Pihak sekolah harus menyediakan Infokus atau Proyektor jika dikelas kita ingin tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, jika Siswa/I kita atau Peserta Didik Kita kita inginkan menyerap materi ajar yang guru ajarkan diserap dengan baik. Faktanya, dengan tersedianya Peralatan TIK yang menunjang pembelajaran di sekolah, semua teori-teori tentang mengajar tidak dibutuhkan lagi, karena Guru sudah langsung menggunakan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Guru dituntut untuk menguasai Bidang Ilmu Pengetahuan atau Mata Pelajaran yang diajarkan dan menguasai Aplikasi atau Sistem Operasi untuk mempresentasikan Materi atau Bahan Ajar yang akan diajarkan di depan kelas, selain itu Guru juga dituntut untuk memiliki penguasaan kelas yang baik, sehingga mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif, yang artinya: selama berlangsungnya proses belajar mengajar, peserta didik mendengarkan Guru menerangkan, sementara perhatian mereka tertuju ke depan atau Slide presentasi yang ditayangkan oleh Guru Mata Pelajaran yang mana Laptop atau NoteBook telah terhubung dengan Infokus atau Proyektor. Guru mampu menerangkan sambil berjalan di dalam ruangan kelas, Guru tidak perlu menulis lagi di Whiteboard menggunakan Spidol, kecuali jika ada yang penting atau jika mata pelajaran yang diajarkan adalah IPA atau Eksakta, yaitu mata pelajaran seperti: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, TIK, Geografi.


Mata Pelajaran TIK, Mata Pelajaran IDOLA
    Anda tidak setuju dengan pernyataan diatas?, boleh saja, tetapi kenyataannya memang seperti itu. Mata pelajaran yang satu ini faktanya menyediakan banyak sarana dan fasilitas yang menarik untuk dipelajari oleh peserta didik. Kita ambil contoh, untuk pelajaran kelas X (Sepuluh), materi yang disediakan untuk dipelajari oleh peserta didik sangat beragam dan menarik, mulai dari Semester I sampai dengan Semester II, yaitu:
1.    Peserta Didik diharapkan mampu mengenal dengan baik Perangkat Keras (Hardware), Software (Perangkat Lunak) dan Brainware (Pemakai atau Otak) Komputer. Jika di perkuliahan, materi ini disebut dengan Piranti Input/Output, dimana peserta didik baik setara SMA ataupun Mahasiswa harus mengenal jenis-jenis dari Perangkat Input (masukan) computer seperti: Mouse, Keyboard, Monitor, Joystick, Scanner, Microphone ataupun Optical Drive seperti CD-ROM dan DVD-ROM. Perangkat Pemrosesan (CPU) seperti: Control Unit (CU), Arithmatic Logical Unit (ALU), Memory, Motherboard beserta isinya. Perangkat Penyimpanan (Storage Devices), yang terdiri dari Primary Memory yang terbagi atas dua bagian besar, yaitu: RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta Perangkat Output (keluaran) seperti: Monitor, Printer, Plotter dan Speaker yang semuanya ini dapat diajarkan oleh Guru TIK dengan bentuk Presentasi menggunakan Aplikasi Microsoft Power Point, Macromedia Flash ataupun dengan praktek langsung, dimana Guru atau Instruktur membawa satu perangkat Komputer, membongkar CPU dan menunjukkan langsung bagian-bagian dari Hardware tersebut.
2.     Di semester II kelas sepuluh (X), peserta didik disuguhkan materi pembelajaran penguasaan Aplikasi Pengolah kata, yaitu Microsoft Word. Dengan menggunakan Aplikasi ini, jika Guru memang menguasai Materi Ajarnya, dapat dipastikan peserta didik akan dengan mudah menguasai aplikasi ini dan dapat mempratekkan serta menghasilkan karya-karya yang bagus, seperti: pembuatan tulisan berseni (WordArt), dapat membuat sebuah karya tulis serta mengerti penggunaan Border an Shading, Margin, Paragraph, Spelling and Grammar, Bullet and Numberring, pembuatan Tabel, penggunaan Merge cells, Split Cells dan yang tidak kalah penting, peserta didik mampu mendesain sebuah surat berbentuk Mail Merge (Surat Massal), yaitu, surat yang isinya sama, tetapi si penerima surat berbeda-beda, seperti: Surat Undangan, Surat Keterangan Lulus, Surat Pemberitahuan, dll. Pada akhir pertemuan, Guru dapat berimprovisasi dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat sebuah karya tulis tentang mata pelajaran lain, misalnya: “Hilangnya Sosialisasi dengan Sesama Akibat penggunaan TIK”, dll.
3.    Di Kelas XI dan XII, materi pelajaran TIK lebih menantang, karena disuguhkan dan peserta didik diharuskan untuk mengenal Internet dan diharapkan Peserta Didik memiliki Etika dalam penggunaan Internet dan Barang-Barang Elektronik lainnya. Semester II, peserta didik  diharapkan dapat menguasai aplikasi Microsoft Excel yaitu aplikasi pengolah angka.
4.    Kelas XII peserta didik diajarkan materi tentang Desain Grafis, materi ini sangat menarik, rata-rata peserta didik sangat antusias jika materi ini diajarkan dengan baik, makanya saya berani mengatakan bahwa pelajaran TIK adalah idola, karena materi ini menyuguhkan trik dan teknik penggunaan Aplikasi yang menunjang pelajaran Desain Grafis ini, sebut saja: Corel Draw. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, mulai dari Corel Draw versi 11, 12, hingga versi terbaru, yaitu: Corel DRAW X3, hingga yang terbaru X4, memanjakan peserta didik untuk menguasai aplikasi ini, karena dengan aplikasi ini, peserta didik diharapkan mampu untuk mendesain sebuah logo, sampul buku, brosur, leaflet, booklet, pamphlet hingga sebuah spanduk atau poster. Demikian juga dengan Aplikasi Adobe Photoshop, aplikasi ini mampu menyihir peserta didik untuk tidak ribut, tenang didepan computer sambil mempraktekkan apa yang Guru ajarkan, misalnya: membuat tulisan efek api, membuat efek petir, dan memodifikasi photo atau objek.
 
Penutup
Namun, pembelajaran TIK di sekolah tidak akan terealisasi dengan baik, jika fasilitas di sekolah tersebut tidak memadai, misalnya: apakah di setiap kelas telah dipasang Proyektor atau Infokus? Sehingga pembelajaran dapat tepat sasaran, karena Guru membawa laptop atau notebook ke kelas dan menerangkan teori dengan baik, peserta didik menyimak dengan baik. Di sekolah juga harus tersedia sebuah Lab Komputer yang komplet, artinya: di sekolah tersebut ada Lab Komputer yang didalamnya tersedia minimal 40 unit computer yang siap digunakan (ready to use). So, banggalah jadi Guru Mata Pelajaran TIK, karena mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.
 

776 total views, 4 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Pengelola Guraru

    Terima kasih pak @naibaho.. Semoga keterbatasan fasilitas tidak membuat guru-guru berhenti berkreasi ya :)

    Pengelola Guraru Komentar pada June 7, 2012 9:38 am

  2. Avatar of oloan

    Terimakasih juga Pak yup, semoga keterbatasan fasilitas itu dapat diatasi dengan saya baik, semoga saya cepat sertifikasi yah Pak..he.he.he., ngomong-ngomong pak, di medan kok tidak ada Pelatihan TIK yah pak..?

    oloan Komentar pada June 8, 2012 4:55 am

  3. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Artikel menarik pak..!! Pembelajaran TIK Yang Menciptakan Suasana Belajar Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Mengajar. Tetap semangat pak untuk mencerdasakan anak bangsa walaupun dalam keterbatasan fasilitas. Jangan patah arang. Tetep semangat..!!! sukses pak..!!!

    Silahkan kritik dan komentar juga di artikel saya :

    1. Pembelajaran berbasis E-learning di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/20/536/klinik_matematika_online.html

    2. Cara praktis memasukkan video pembelajaran dari youtube ke powerpoint di
    http://www.guraru.org/news/2012/06/03/720/bagaimana_cara_memasukkan_video_pembelajaran_dari_youtube_ke_powerpoint_untuk_presentasi.html

    3. Cara praktis mendownload video pembelajaran di Youtube dengan Video Download Helper di
    http://guraru.org/news/2012/06/03/716/bagaimana_cara_mendownload_video_pembelajaran_di_youtube_dengan_menggunakan_video_downloadhelper

    4. Memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/31/639/memanfaatkan_youtube_sebagai_media_pembelajaran_yang_interaktif_menarik_dan_menyenangkan.html

    Maturnuwun…!!!

    Pak Sukani @gurumelekIT Komentar pada June 9, 2012 6:17 am

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit