5

Pembelajaran Menyenangkan ala Edupai (+3)

Muhammad Nur'alim May 21, 2015

Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillah akhirnya bisa menulis kembali di guraru.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah bercerita tentang eksplorasi saya terhadap penggunaan Teknologi Informasi dalam pembelajaran seperti dapat dilihat pada link berikut ini.

http://guraru.org/guru-berbagi/fun-learning-with-ict/

Tidak cukup sampai di situ. Eskplorasi penggunaan TIK dalam pembelajaran terus berjalan. Karena ternyata, setelah semakin mengesplorasi TIK dalam pembelajaran ternyata semakin banyak kekurangan kita. Juga semakin tambah banyak yang perlu untuk dikembangkan.

Kali ini, saya akan bercerita tentang Pembelajaran Menyenangkan ala Edupai. Ya,, “edupai” adalah nama sebuah blog yang saya kembangkan. Beralamat di

. Sebuah blog pembelajaran yang saya kembangkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang saya ampu. Berawal dari tahun 2011-2012, saat ada kompetisi blog guru Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh BPTIKP.

DSC03366

Dari situlah, saya berusaha terbangun dari tidur untuk melek terhadap penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran. Bahwa ternyata bukan hanya Presentasi Power point saja. Namun, masih banyak tool-tool Teknologi Informasi lainnya yang patut dikembangkan dalam pembelajaran. Di antaranya blog, media sosial seperti Facebook, Twitter, Website sekolah, Multimedia Pembelajaran dan sebagainya. Karena saya yakin, bahwa dengan teknologi informasi, pembelajaran akan menyenangkan. Sepanjang, usaha kreatif guru dalam meramu dan merancang pembelajaran berjalan dengan baik.

Lalu seperti apa pembelajaran menyenangkan ala Edupai itu? Mari kita simak.

Pertama. Perkaya Konten Blog Edupai

Konten merupakan suatu yang penting dalam sebuah blog. Apalagi konten blog pembelajaran. Konten pembelajaran merupakan sumber belajar itu sendiri.  Konten pembelajaran berupa materi pembelajaran, soal-soal latihan dan evaluasi, maupun konten lainnya. Konten pembelajaran dapat dipadukan dengan elemen audio, video, animasi maupun koding sehingga menjadi lebih menarik dan interaktif.

Konten yang dikembangkan dalam Blog Edupai berupa:

  1. perangkat pembelajaran,
  2. materi pembelajaran,
  3. media pembelajaran,
  4. soal-soal interaktif,
  5. simulasi pembelajaran,
Kedua, Pembelajaran dengan media Blog

Blog Belajar PAI http://www.edupai.web.id dimanfaatkan untuk pembelajaran. Pembelajaran dilakukan bisa di dalam kelas maupun di luar kelas. Tentunya, harus ada koneksi internet agar dapat dilaksanakan. Berikut foto-foto pembelajaran dengan menggunakan Blog sebagai sumber belajar.

1) Pembelajaran Ala Edupai di Masjid

SAM_0144  SAM_0151  SAM_0381

2) Pembelajaran ala Edupai di Laboratorium Komputer

SAM_1528 SAM_0273  UH2

3) Pembelajaran ala Edupai di dalam kelas

SAM_2031 SAM_2012 SAM_2032

Ketiga, Model Tugas, Simulasi dan Latihan Soal ala Edupai

Model penugasan siswa dapat dilakukan melalui blog. Edupai menggunakan model “Kirim Tugas Siswa”, yakni siswa mengumpulkan tugas kepada guru melalui Blog. Jika biasanya, kebanyakan guru dalam memberikan tugas terstruktur maupun tidak tersstruktur berupa kertas yang dicetak lalu dikumpulkan. Edupai memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan secara digital.

Tentang “Kirim tugas Online” ini pernah saya ceritakan pada link berikut.

http://guraru.org/guru-berbagi/proyek-individu-berbasis-it-untuk-mapel-pai-smp/

Dan, artikel tersebut pernah mendapatkan penghargaan pada menulis artikel bulanan di Guraru, pada April 2014 lalu.

Selanjutnya Model Simulasi pembelajaran ala Edupai saya kembangkan dengan menggunakan kode javascript. Beberapa yang saya buat adalah simulasi penghitungan Zakat fitrah, dan zakat mal. Contoh simulasi sederhana dapat dilihat di sini .

Latihan-latihan soal banyak dikembangkan dengan berbagai software, seperti Question Writer, iSpring, Proprofs hingga ngutak atik Google Script seperti contoh di sini.

Keempat, Menggunakan Media Sosial Twitter

Penggunaan media sosial dalam pembelajaran pernah saya lakukan pada twitter. Pernah saya tulis dalam link berikut ini.

http://guraru.org/guru-berbagi/using-twitter-for-mobile-learning/

Itulah beberapa poin pembelajaran menyenangkan yang diramu dengan kecanggihan teknologi informasi. Ya, pembelajaran menyenangkan ala Edupai.

Rasa syukur semakin menggelora saat Blog http://www.edupai.web.id yang saya kelola mendapatkan penghargaan.

Tepatnya tahun 2014 lalu. Kompetisi blogger guru Jawa Tengah yang saya ikuti, memberikan manfaat besar. Atas izin Allah, Blog Belajar PAI http://www.edupai.web.id berhasil mendapatkan juara II pada Lomba Blog Guru jawa Tengah.

Informasi dapat dilihat pada link berikut.

https://twitter.com/BPTIKP_Jateng/status/502326711065657344

 

Bersama dengan kawan guraruers lama, pak Yusuf Amin Nugroho yang,, sekarang kemana ya.. kok kenapa tak nak muncul. hehe 🙂

 

Demikian, tulisan saya tentang Pembelajaran menyenangkan ala Edupai. Mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi bagi guraruers semuanya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

 

 

1,597 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar