10

Pembelajaran Menembus Waktu dengan Aplikasi eXe Learning (+36)

Widarso PEP May 20, 2017

Umumnya dalam menyampaikan pembelajaran di sekolah sampai saat ini hanya bersifat sebagai penyampaian informasi, tanpa melibatkan siswa untuk mencari pemahaman materi yang dipelajarinya. Sehingga yang terjadi mereka sering tidak memahami materi bahkan tak jarang pula “cuek” dalam menghadapi pelajaran.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka membutuhkan media pembelajaran agar menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Salah satunya adalah media dengan menggunakan aplikasi exe learning. Aplikasi eXe (eLearning XHTML editor) merupakan salah satu program aplikasi opensource yang dipergunakan untuk pembuatan bahan ajar menggunakan aplikasi e-learning. Bahan ajar yang disusun dengan eXe, tersusun secara hierarki yang benar mencakup topic, section dan unit. Susunan yang demikian akan memudahkan siswa untuk lebih memahami pelajaran. Dalam eXe juga dapat dibuat soal dengan tipe pilihan ganda, jawaban singkat, benar-salah dan kuis sehingga dapat dipergunakan untuk uji kompetensi siswa (Warjana dkk, 2009).

exe learning

Logo eXe Learning

Exe memiliki beberapa keunggulan, antara lain : “(1) mudah digunakan walaupun tidak mengetahui bahasa pemrograman HTML; (2) mudah dalam merancang karena apa yang terlihat dilayar akan sama dengan hasil akhir bila dijalankan; (3) gratis (free) dan merupakan open source; (4) standar e-learning; dan (5) dapat digunakan pada sistem operasi Windows maupun Linux” (Priyambodo, 2010).

Sebelum bekerja dengan eXe, pastikan komputer sudah terinstal program eXe dan Mozilla Firefox. Aplikasi eXe bisa di download pada www.exelearning.org. Adapun tampilan awal dari aplikasi eXe disajikan pada gambar.

exe2 Gambar 1. Tampilan awal aplikasi eXe

Kerangka isi aplikasi ini terdapat dalam bentuk outline (ringkasan) yang merupakan langkah awal dalam merancang media pembelajaran. Aktivitas-aktivitas pada eXe tersebut dapat diisi dengan kreatifitas guru. Pada kerangka isi ini memuat susunan dari bahan ajar yang akan dibuat. Susunan yang baik, harus pada hierarki yang benar supaya siswa mudah memahami materi yang dipelajari.

Setelah itu, masing-masing bab bisa diisi dengan rancangan iDevices yang ada. Pengisiannya sesuai dengan kreativitas guru. Seorang guru bisa menyisipkan gambar, film maupun animasi supaya media pembelajarannya menjadi semakin menarik. Gambar 2 dan Gambar 3 merupakan contoh tampilan media pembelajaran matematika.

  exe3

Gambar 2. Contoh tampilan media pembelajaran matematika

 exe4

Gambar 3. Contoh tampilan media pembelajaran matematika

Program aplikasi eXe juga menyediakan fasilitas untuk pembuatan soal, seperti soal benar-salah, pilihan ganda, isian singkat, quiz, dan sebagainya. Gambar 4 merupakan contoh dari soal media pembelajaran matematika yang dibuat dengan eXe.

exe5

Gambar 4. Soal isian singkat yang dibuat dengan eXe.

Setelah bahan ajar selesai dibuat dapat ditempatkan pada jaringan intranet maupun online di internet. Hal itu perlu dilakukan supaya siswa dapat dengan mudah mengakses bahan ajar yang dibuat oleh guru.

 

APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Adapun manfaat dari penggunaan eXe learning dalam pembelajaran antara lain: 1) menghemat waktu proses belajar; 2) peserta didik menjadi mandiri dalam mendapatkan pengetahuan; 3) menghemat biaya dan waktu; 4) menjangkau siswa karena file dapat di copy atau dibawa pulang.

Dalam menggunakan materi pelajaran menggunakan aplikasi exe learning, guru hendaknya bisa mengembangkan bahan ajar bagi siswanya dan bisa menjadi salah satu bahan ajar yang dapat membantu guru dan siswa di dalam pembelajaran.

Dalam menggunakan aplikasi exe learning perlu adanya sarana laptop atau komputer di sekolah maupun dimiliki siswa. Kelebihan menggunakan aplikasi exe learning, siswa dapat belajar di luar jam pelajaran dengan memanfaatkan lab komputer maupun di rumah. Sehingga pembelajaran dapat terjadi “pembelajaran yang menembus waktu”.

Namun, pengelola pendidikan khususnya di lingkungan sekolah hendaknya lebih memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang terhadap kreatifitas guru dan siswa sehingga dapat mengembangkan kompetensi siswa.

Pembelajaran dengan aplikasi exe learning telah penulis praktikan dalam pembelajaran yang memuat animasi, music, vidio dan gambar ke dalam aplikasi exe learning, sehingga siswa lebih menyukai belajar dan menumbuhkan kemandirian belajar. Dengan keunggulan aplikasi exe learning maka guru dapat menggunakannya untuk pembelajaran.

  do2     doc3

doc1

 Dokumentasi pembelajaran

 Penulis telah mengadakan penelitian dengan menggunakan aplikasi eXe Learning, dan telah di seminarkan di Seamolec pada pecan Webinar. Pembaca dapat melihat seminar dengan tautan di bawah ini.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

4,208 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (10)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!