13

Pembelajaran Era Baru??? (+5)

Bu Etna @gurutematik November 3, 2014

Sahabat Guraru yang tercinta, salam kangen. InsyaaAllah semua guru era baru beserta keluarga dalam keadaan sehat. Kita semua sedang tertantang untuk menerapkan kurikulum 2013. Dalam melaksanakan pembelajaran di era baru ini tentulah kita harus lebih kritis dan kreatif, sebab informasi tentang ilmu pengetahuan dll telah banyak yang dapat diakses oleh anak didik. Dengan menggunakan HP yang relatif murah, mereka dapat melaksanakan tugas-tugas sekolah.

Namun, hari ini, tepatnya siang ini, saya amat terkejut dengan adanya kiriman foto dari siswa binaan saya. Mereka sebenarnya sedang tekun belajar mengerjakan tugas yang secara rutin diberikan guru. Kurikulum baru siswa harus aktif, begitu cerita mereka. Saya membenarkan mereka, bahkan saya pun mengajak mereka menganalisis informasi yang telah mereka pilih dari dunia maya. Mereka sangat antusias membawa perolehannya dari dunia maya untuk didiskusikan di dunia nyata. Mereka berlatih mengutarakan pendapat, tukar pikiran, menyimpulkan dan mengaplikasikan dalam situasi lain yang sesuai dengan keseharian mereka. Alhamdulillah, melalui kurikulum baru anak bangsa makin terasah kecerdasan majemuknya.

Di luar dugaan, beberapa siswa merasa jenuh karena tugas rutin belajar sendiri hampir tak pernah dimonitor guru. Tahu-tahu mereka mengambil foto gurunya yang sering sekali tertidur di kelas dan mengorok, maaf. Kejadian ini amat memalukan. Oleh sebab itulah saya langsung menguploadnya di sini, InsyaaAllah hal ini tak terulang lagi. Berikut ini saya lampirkan foto tersebut, namun sudah saya edit. Maaf editingnya kurang baik, maklum kurang terampil dan waktunya juga amat terbatas.

guru tidur

Marilah sahabat, kita layani anak bangsa dengan sebaik-baiknya. Education is our life, so let’s doing our best as a teacher. InsyaaAllah kita bisa. Amin ya rabbal alamin. Salam perjuangan.

2,425 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (13)

  1. bunda terimakasih memang kita yang harus sangat hati-hati tdk hanya itu termasuk segala hal kita jadi panutan mereka dan idola mereka juga kadang dalam pembelajaran tak mau kalau guru lain yang nyampaikan

  2. wah ini kejadian nyata, pernah siswa disekolah saya memotret seorang rekan guru yang tertidur saat mengajar (kebetulan guru tersebut memang rajin tidur dikelas dan datang selalutelat kekelas maupun ke sekolah), diuplot di sosmed dan hebohlah sekolah ……
    Siswa tidak salah, tindakan itu bentuk protes siswa terhadap guru berkarakter seperti itu!

  3. Ya pak Kasmadi, saya pun banyak mendengar tentang hal itu. Saya melakukan ini dengan terpaksa, demi kebaikan dan kebenaran. Kita para guru harus dapat mendidik diri sendiri sebelum mendidik bangsa yang dimulai dari keluarga kita. Saya pun pernah mengantuk terutama saat menjaga tes. Marilah kita tingkatkan diri kita masing2 dalam segala hal. Thx responnya pak, salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar