2

Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Kerajaan Islam di Indonesia (+2)

Soleh Mendidik May 18, 2017

Bismillah

Pengguna ponsel pintar di Indonesia terus meningkat Analis Horace H. Dediu menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat kelima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di dunia. Sementara, BBC Indonesia menyebut bahwa rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan 181 menit per hari untuk bermain ponsel,

Dari hal diatas tidaklah mudah mengubah penilain masyarakat indonesia utamanya masyarakat madura bagaimana kalau selain di sekolah pembelajaran bisa dilakukan dengan sistem online melalui ponsel pintar.untuk menjawab semua ini dengan berbekal hasil diklat melek guru IT “pak sukani” dan bimbingan dulur dari lumajeng yaitu “Ustad Soebakrei dan Cak martho serta bimbingan pak Onny sdn perak 1 Surabaya memberanikan melaksanakan pemlajaran berbasis IT.

Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Kerajaan Islam di Indonesia

Hari ini Udin diajak ayahnya pergi ke Demak, di daerah Jawa Tengah. Ayah Udin ingin memperkenalkan nilai-nilai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam yang ada di sana. Mereka mengunjungi sebuah masjid tua, yakni Masjid Agung Demak. Masjid tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi perkembangan penyebaran agama Islam di Indonesia.Untuk menambah pengetahuannya tentang masjid, Udin juga membaca brosur yang mengisahkan sejarah Masjid Agung Demak.
Ayo Bacalah
Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Ini terletak di Desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Para wali tersebut dikenal dengan sebutan Walisongo. Pendiri masjid ini adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak.Masjid ini mempunyai bangunan induk dan bangunan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut Saka Guru. Salah satu tiang utama tersebut terbuat dari serpihan-serpihan kayu, sehingga disebut saka tatal. Atapnya berbentuk limas ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit. Atap limas masjid terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan:

1). Iman,2). Islam, dan 3). Ihsan.

Adapun bangunan serambi merupakan bangunan terbuka.Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Selain itu juga terdapat Museum Masjid Agung Demak, yang berisi berbagai hal mengenai riwayat Masjid Agung Demak.

kita simak liputannya :

YouTube Preview Image

1. Agar lebih memahami bacaan di atas, coba temukan kata-kata sulit. Kemudian, tuliskan.

No. Kata Sulit Arti
1. Wali Orang saleh (suci); penyebar agama
2. Kesultanan Kawasan (daerah) yang diperintah oleh sultan; kerajaan;
3. Saka Guru Tiang utama rumah; tiang seri
4. Tatal Serpih-serpih kayu yang ditarah (diketam); sampah yang tipis-tipis
5. Kompleks Kelompok atau lingkungan bangunan

2. Berdasarkan bacaan di atas, buatlah kesimpulannya pada kolom berikut!
Masjid Agung Demak adalah tempat berkumpulnya para wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia tersebar ke beberapa pulau, namun yang paling banyak terdapat di Pulau Jawa, antara lain kerajaan Banten, Mataram, Cirebon. Adapun kerajaan-kerajaan Islam di luar Pulau Jawa, antara lain Kerajaan Makasar, Samudera Pasai, Tidore, dan lain-lain. Berikut disajikan letak beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia

Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia tersebar ke beberapa pulau, namun yang paling banyak terdapat di Pulau Jawa, antara lain kerajaan Banten, Mataram, Cirebon. Adapun kerajaan-kerajaan Islam di luar Pulau Jawa, antara lain Kerajaan Makasar, Samudera Pasai, Tidore, dan lain-lain. Berikut disajikan letak beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia.

  1. Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Berdiri pada abad ke-13. Raja pertamanya adalah Sultan Malik Al-Saleh. Kerajaan ini terletak di pantai utara Sumatra, kurang lebih di sekitar Aceh Utara.
  2. Kerajaan Mataran Islam terletak di Yogyakarta. Mataram Islam muncul pada pertengahan abad ke-16 setelah mengalahkan Kerajaan Pajang. Kerajaan Mataram Islam didirikan oleh Penembahan Senopati. Adapun raja yang terkenal adalah Sultan Agung.
  3. Kerajaan Banten didirikan oleh Sunan Gunung Jati pada abad ke-15. Sunan Gunung Jati mendirikan Kerajaan Banten setelah menguasai Banten yang semula merupakan wilayah Kerajaan Hindu Pakuan Pajajaran.
  4. Kesultanan Cirebon merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa Barat. Berdiri pada abad ke-15. Pada waktu itu Cirebon dikuasai oleh Pangeran Cakrabumi, Raja Pakuan Pajajaran. Dia dianggap sebagai Kesultanan Cirebon. Namun, tokoh paling berperan menjadikan Cirebon sebagai sebuah kesultanan (kerajaan Islam) adalah Syarif Hidayatullah.

Pilihlah salah satu kerajaan Islam di atas. Cari tahu informasi melalui bacaan tentang kerajaan tersebut secara lengkap. Tuliskan kembali bacaan tadi dengan menggunakan kalimatmu sendiri di selembar kertas! Perhatikan petunjuk berikut.

  1. Tulis tokoh, tempat, waktu, dan hubungan di antara ketiganya.
  2. Gunakan kosakata baku dalam tulisanmu.
  3. Bacakan tulisanmu di depan teman-temanmu.

Kesultanan Cirebon terletak di Cirebon Provinsi Jawa Barat. Kesultanan Cirebon adalah kerajaan Islam pertama di Jawa Barat yang didirikan oleh Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana pada tahun 1430.& Pangeran Cakrabuana adalah keturunan Pajajaran. Putera pertama Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. Tokoh paling berperan menjadikan Cirebon sebagai sebuah kesultanan (kerajaan Islam) adalah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati kemudian diyakini sebagai leluhur dari dinasti raja-raja kesultanan Cirebon dan kesultanan Banten serta penyebar agama Islam di Jawa Barat seperti Majalengka, Kuningan, Kawali (Galuh), Sunda Kelapa, dan Banten

Ayo Amati
Coba amati gambar sketsa bangunan Masjid Agung Demak buatan Udin berikut.

a

Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis berpotongan. Sudut di samping disebut Sudut B atau Sudut ABC. Bisa ditulis ∠B, ∠ABC, ∠CBA. Garis AB dan Garis BC disebut Kaki Sudut.

b.jpg

Temukan sudut-sudut yang terdapat pada gambar sketsa Masjid Agung Demak di atas. Berilah nama sudutnya dengan tepat.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

  1. Apakah yang dimaksud sudut itu? Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis berpotongan.
  2. Bagaimanakah cara menentukan besarnya sudut? Besar-kecilnya sudut tidak ditentukan oleh panjang pendeknya kaki sudut. Akan tetapi ditentukan oleh besar-kecilnya bukaan kaki sudut
  3. Apakah yang dimaksud kaki sudut? Kaki sudut adalah sinar garis yang membentuk suatu sudut.

Tahukah Kamu?
Magnet merupakan suatu objek yang memiliki medan magnet. Kata magnet berasal dari bahasa Yunani magnithis lithos yang berarti batu magnesian. Magnesian adalah nama wilayah di Yunani tempat ditemukannya batu magnet. Beberapa bentuk magnet antara lain magnet tapal kuda, magnet jarum, dan magnet batang seperti di bawah ini
c.jpg

Ayo Temukann
Kamu sudah tahu asal usul magnet. Sekarang, coba lakukan percobaan berikut untuk mengetahui ciri-ciri magnet.

No. Percobaan Ke Hasil/Kesimpulan
1. Percobaan Pertama Ambillah magnet batang.
Putar sekencang-kencangnya magnet batang tersebut di atas meja.
Amatilah kedua ujung magnet tersebut setelah berhenti berputar.
Ke manakah arah kedua ujung magnet tersebut?
Lakukan berulang-ulang.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Magnet selalu mengarah ke utara dan selatan.
2. Percobaan Kedua Ambilah dua buah magnet batang.
Dekatkan antara kutub utara magnet A dengan kutub utara magnet B.
Catatlah apa yang terjadi.
Kutub yang sama tolak menolak.
Dekatkan antara kutub selatan magnet A dengan kutub selatan magnet B.
Catatlah apa yang terjadi.
Kutub yang tidak senam tarik menarik.
Lakukan berulang-ulang.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Ciri magnet kedua
Kutub senama tolak menolah dan kutub tidak senama tarik menarik.
3. Percobaan Ketiga Ambilah magnet batang.
Potonglah magnet tersebut menjadi dua bagian.
Amatilah kedua potongan magnet tersebut.
Jawablah pertanyaan berikut. berdasarkan pengamatanmu terhadap potongan magnet.
Benarkah kutub magnet selalu berpasangan? Ya
Benarkah jika magnet dipotong menjadi dua, maka masing-masing potongan tetap memiliki dua kutub? Ya.
Kesimpulan
Ciri magnet ketiga.
Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan
4. Percobaan Keempat Ambilah sebuah magnet dan besi.
Kemudian, dekatkan magnet tersebut ke besi.
Apa yang terjadi? Magnet menarik besi
Ambilah sebuah magnet dan kaca.
Kemudian, dekatkan magnet tersebut ke kaca.
Apa yang terjadi? Magnet tidak menarik kaca
Ambilah sebuah magnet, besi, dan kaca.
Kemudian, tarulah besi di bawah kaca dan taruhlah magnet di atas plastik.
Apa yang terjadi? Magnet mampu menarik besi
Kesimpulan
Ciri magnet keempat
Magnet dapat menarik logam tertentu (besi)

Tahukah Kamu?
Jenis magnet ada dua, yakni magnet alam dan magnet buatan. Khusus mengenai magnet buatan, banyak bahan yang ada di sekitar kita dapat dibuat magnet, seperti besi dan baja. Membuat magnet pun juga banyak caranya. Salah satunya dengan menggosok-gosokanan magnet pada besi atau baja.

Ayo Diskusikan
Bersama kelompokmu, carilah informasi cara membuat magnet. Kamu dapat bertanya atau mencari referensi melalui buku atau artikel. Kemudian, tuliskan hasilnya pada kolom berikut Presentasikan di hadapan guru dan kelompok lainnya.

d.jpg

No. Cara Membuat Magnet Keterangan
1. Menggosokan Magnet tetap Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet.
2. Menggunakan Cara Induksi Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya adalah besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi
3. Menggunakan Arus Listrik Besi dan baja dapat juga dijadikan magnet dengan arus listrik. Caranya besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal inimenyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang b

kita perhatikan vedeo percobaannya sebagai berikut :

YouTube Preview Image

15″ src=”https://www.youtube.com/embed/9Ptr887g7mQ” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

dan coba menjawab latihan soal dibawah ini

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfA8N3fzavrdaS4whvhFOpcJFDM-IJfbZHAK1eixR6YcFI5wA/viewform

[contact-form-7 404 "Not Found"]

727 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!