0

Pemanfaatan Board Game dan Card Game dalam Pembelajaran (+1)

Windy Citra Negara February 15, 2016

Setelah lama tidak menulis disini karena banyaknya aktivitas, oleh karena itu kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang saya peroleh tentang Pemanfaatan Board Game dan Card Game dalam Pembelajaran. Meskipun sekarang jamannya sudah menggunakan teknologi, peran Board Game dan Card Game pun juga penting dalam hal edukasi. Saya berbagi pengalaman ini karena saya ingin anak-anak tidak ketergantungan dengan teknologi, karena banyak anak-anak sekarang ketergantungan dengan teknologi terutama gadget seperti smartphone dan tidak bisa lepas dari kesehariannya. Dan saya amati jika teknologi tidak dimanfaatkan dan digunakan semestinya, maka teknologi bisa memberikan dampak negatif, antara lain:

  • Suka menyendiri
  • Kurang berkomunikasi & bersosialisasi
  • Tidak peduli dengan sekitar
  • dan ketergantungan terhadap teknologi.

Kenapa saya memilih Board Game dan Card Game sebagai media belajar alternatif selain menggunakan teknologi? Karena meski Board Game dan Card Game sebuah permainan, tapi nyatanya permainan juga bisa digunakan untuk mendidik bahkan bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar anak tidak merasa jenuh dan bosan. Seperti yang pernah saya tulis di blog saya pada artikel “Board Game dan Card Game bisa menjadi Media Belajar Alternatif“, media permainan ini memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam kegiatan pembelajaran, antara lain:

  • Mengasah kemampuan berpikir dan kreatifitas
  • Mengasah kemampuan dalam menyusun strategi
  • Mengasah ketelitian dalam menyelesaikan sesuatu
  • Menjadi lebih aktif, bersosialisasi dan komunikatif
  • Menanamkan rasa saling menghormati, keakraban dan kejujuran.
  • dan masih banyak manfaat lainnya

Dari manfaat yang saya jelaskan diatas, dapat disimpulkan jika Board Game dan Card Game juga memiliki unsur edukasi dan jika dimanfaatkan dengan sebaik mungkin maka permainan bisa digunakan untuk membantu anak memahami sebuah pembelajaran.

Berikut ini merupakan dokumentasi pemanfaatan Board Game dan Card Game dalam sebuah kegiatan setelah pulang sekolah. Dalam dokumentasi ini memperlihatkan pemanfaatan permainan dalam mengasah kemampuan berpikir, melatih ketangkasan, menjadi lebih aktif dan komunikatif. Selain itu ada juga permainan yang saya buat yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa Inggris contohnya: NOTICE & NUMBER.

Berikut ini sekilas dokumentasi video pemanfaatan Board Game dan Card Game dalam pembelajaran

Dari dokumentasi diatas, terlihat keceriaan murid-murid saat memainkan board game dan card game.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

Bagi anda yang ingin tahu apa sih Board Game dan Card Game itu bisa melihat tulisan saya di:

http://windycitra.blogspot.co.id/2016/02/board-game-dan-card-game-bisa-menjadi.html

2,669 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!