3

Pemanfaatan Assisten Learning Language PowerPoint dalam Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris (+2)

febriwan harefa May 31, 2017

Untitled

Bagi sebagian pelajar Bahasa Inggris adalah sebuah mata pelajaran yang sangat susah untuk di pelajari. Hal yang sama juga dialami oleh para pelajar yang tinggal di Kota Gunungsitoli. Mereka berpendapat bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang susah dimengerti. Ada juga beberapa pelajar berpendapat tidak ada manfaat belajar bahasa Inggris dan hanya menghabiskan waktu saja. Bahkan sangking malas belajar bahasa Inggris, ketika jam mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah mereka bolos ke kantin.

Meskipun beberapa pelajar di Gunungsitoli, Kepulauan Nias berpendapat tidak ada manfaatnya belajar bahasa Inggris. Tetapi, sebaliknya orangtua menganjurkan anak-anaknya untuk kursus Bahasa Inggris. Salah satu tempat kursus bahasa Inggris yang dianjurkan oleh orangtua kepada anak-anaknya adalah tempat saya mengajar.

Beberapa bulan yang lalu ketika saya beberapa  pertemuan mengajar ke mereka. Saya melihat mereka kurang  semangat belajar bahasa Inggris. Kemudian untuk mengetahui alasan mereka kurang semangat belajar bahasa Inggris, saya sempat menanyakan ke siswa-siswi saya apa saja metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar mereka selama ini. Banyak diantara siswa saya mengatakan bahwa metode yang digunakan guru adalah mendengarkan yang dijelaskan oleh guru, menulis, dan mengerjakan tugas. Terkadang sesekali mereka menonton film.

Lalu dari jawaban para siswa tadi, saya mencoba mencari solusi yang tepat dalam mengajar pelajaran bahasa Inggris. Pada saat itu saya mempunyai beberapa metode mengajar yang sempat saya terapkan waktu di Yogyakarta yaitu dengan menggunakan aplikasi QR Code, edmodo, dan pemanfaatan power point dengan cara yang kreatif. Tetapi, saya berpikir kendala yang saya hadapi jika menggunakan QR Code, edmodo adalah disini tidak semua siswa menggunakan handphone dan internet agak sedikit lambat. Dan akhirnya pilihan saya jatuh kepada pemanfaatan media power point dan membuat setiap slide semenarik mungkin.

Cara saya menggunakan media pembelajaran power point adalah mencoba menggunakan media ini bukan seperti yang sering dilakukan oleh banyak orang dengan cara hanya menulis teks-teks dalam power point. Tetapi, saya membuat powerpoint semenarik dengan cara menggunakan audio, gift, dll. Untuk lebih jelasnya dapat mengikuti penjelasan saya dibawah ini:

Langkah pertama yang saya lakukan adalah saya menentukan materi yang saya akan ajarkan kepada para siswa. Misalnya, hari ini saya mengajar tentang materi “Simple Present Tense”, maka saya mencari semua materi, soal yang berhubungan dengan topik tersebut, kompetensi, dan instruksi.

Kemudian setelah semuanya selesai. Saya membuat tampilan slide pertama semenarik mungkin, dengan cara membuat judul semenarik mungkin dengan tulisan yang jelas dan ukuran jenis arial dengan ukuran 32. Lalu untuk membuat para siswa melihat slide, saya menggunakan musik instrumen yang berdurasi 10 detik dan ditambah dengan gambar bergerak (gif) click here

Untitled

2. Menjelaskan tentang Bagian-bagian yang Akan Dipelajari

Ketika saya mengklik gambar “click here”, saya akan pindah ke slide ke 2 yaitu tentang menu. Dalam slide kedua ini berisi tentang 1. Competence 2. Material 3. Instruction 4. Exercise. Kemudian, saya satu persatu mengklik kata yang ada di bagian menu, dan muncullah seperti penjelasan dibawah ini

IMG20170526143558

2. 1 Competence

Pertama yang saya lakukan adalah mengklik tulisan Competence. Setelah saya mengklik kata tersebut. Maka akan keluar beberapa standar competence, seperti :

  • Siswa dapat memahami fungsi pengguna Simple Present Tense.
  • Siswa dapat mengenali bentuk kalimat Simple Present Tense dalam kalimat pendek.

IMG20170526143701

2.2 Instruction

Setelah saya menjelaskan kepada siswa-siswa saya tentang kompetensi yang mereka harus capai setelah mempelajari materi ini. Saya kemudian mengklik gambar berbentuk rumah yang ada disebelah kiri. Dengan mengklik gambar home, saya otomatis kembali ke menu awal. Langkah selanjutnya saya mengklik kata instruction yang berada dalam kotak. Kemudian muncul beberapa bagian petunjuk seperti kata home yang artinya Back to Menu (Kembali ke Menu), tanda silang : Exit program (Keluar program), tanda panah ke kanan : next page (halaman selanjutnya), tanda panah ke kiri : Previous Page (halaman sebelumnya). Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini.

IMG20170526143713

2.3 Material

Setelah saya menjelaskan sepintas kepada siswa-siswa saya tentang bagian-bagian yang ada dalam instruction. Saya mengklik kembali gambar home, dan kembali menu awal. Kemudian, saya  mengklik kata materi. Di dalam materi saya menjelaskan kepada siswa-siswa saya tentang fungsi dari simple present tense, rumus simple present tense, dan tanda waktu yang biasa digunakan pada simple present tense. Saya menjelaskan materi simple present ke mereka kurang lebih 20 menit. Setelah mereka mengerti saya kembali menekan tanda home yang berada di sebelah kiri layar.

IMG20170526143644IMG20170526143823

2.4 Exercise

Untuk menguji sampai dimana pengetahuan siswa-siswa saya tentang materi simple present tense yang barusan saya jelasin. Saya mengklik kata Exercise yang ada di sub-menu. Ketika saya mengklik kata Exercise maka akan muncul tentang start the exercise kemudian muncul reading test dan multiple choice. Contohnya, saya mengklik multiple choice. Maka akan muncul pertanyaan seperti pada gambar dibawah ini.

   IMG20170526143851

Lalu, saya memberikan pertanyaan kepada para siswa, what is the answer of question number 1 ? (apa jawaban dari pertanyaan no 1).

IMG20170526143911Jika siswa menjawab pertartayaan itu salah. Maka akan muncul kata false disertai dengan suara beserta dengan orang yang mempunyai wajah yang cemberut. Sementara jika jawaban benar, maka akan diberikan suara yang sangat menarik dan muncul kata True dan congratulation beserta dengan gambar. Kemudian untuk masuk ke pertanyaan selanjutnya maka tinggal mengklik nomor selanjutnya.

IMG20170526143911

IMG20170526143745

IMG20170526143915

Kemudian, jika saya ingin berpindah ke tes reading. Saya harus mengklik gambar home, dan akan kembali ke menu. Lalu, saya mengklik kata exercise dan kemudian akan muncul kata reading test atau multiple choice test.

IMG20170526143854

Ketika saya ingin keluar dari seluruh slide. Saya mengklik kata silang dan akan muncul pertanyaan “Apakah kamu ingin keluar?”. Pilihan yang diberikan ada 2 yaitu Yes atau No.

 

IMG20170526143943

Manfaat dan cara membuat power point

Buat saya sebagai seorang guru metode menggunakan powerpoint sangat menarik dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar. Cukup guru kreatif mencari gambar-gambar penunjang, lagu-lagu, dan beberapa video jika diperlukan.

Sementara untuk membuat tampilan power point menarik. Saya sebagai seorang guru menghyperlink dari slide ke slide lainnya, memasukan beberapa gambar animation,gift, dll, dan juga menambahkan audio, dan terakhir saya mengedit slide dengan menggunakan transation dan animation.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

 

 

232 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!