Artikel Pilihan

PRESENTASI MENARIK DENGAN PREZI

Salah satu daya tarik mengajar antara lain dengan performance penyampaian…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Aktivitas […] Lain-lainTeknologi > PBM Matematika Iwan Sumantri di Supervisi

PBM Matematika Iwan Sumantri di Supervisi (+2)

Penulis: Iwan Sumantri
Kategori: Aktivitas […] Lain-lainTeknologi

Kamis, 22 November 2012 seperti tahun pelajaran sebelumya, setiap pertengahan semester agenda supervisi Kepala Sekolah di laksanakan di SMP Negeri 3 Cibadak.Alhamdulilah hari itu PBM Matematika Iwan Sumanttri mendapat jadwal untuk di supervisi oleh Kepala sekolah.

Seperti halnya guru mau di supervisi tentunya perlu persiapan ekstra, demikian juga dengan PBM Matematika Iwan Sumantri, mulai dari 10 administrasi guru yang harus dipersiapkan dan dilaksanakan yaitu : 1) Ada Buku Daftar Nilai; 2) Melaksanakan test; 3) Penugasan terstruktur ; 4) Kegiatan Mandiri Tidak tersruktur ; 5) Melaksanakan penilaian keterampilan (Psikomotorik); 6) Melaksanakan Penilaian Afektif Akhlak Mulia; 7) Melaksanakan Penilaian Afektif Kepribadian; 8) Program dan Pelaksanaan Remidial; 9) Analisis Ulangan Harian; 10) Bank Soal/Instrumen Tes.

Kegiatan supervisi diawali dengan wawancara awal Kepala Sekolah dengan guru mata pelajaran sebelum masuk kelas, dengan limit waktu kurang lebih 5 menit, Kepala Sekolah mengajukan sekitar 8 pertanyaan yang harus di jawab oleh guru, yaitu:

1) KD/Indikator apa yang akan saudara sajikan?

2) Metode apa yang akan saudara gunakan dalam pembelajaran KD kali ini? Apa alasan saudara memilih metode tersebut?

3) Alat dan bahan (Sumber Belajar) apakah yang saudara siapkan? Jelaskan alasannya?

4) Jelaskan Tahapan pembelajaran yang akan saudara sajikan?

5) Persiapan tertulis apa saja yang saudara buat?

6) Materi apa yang dianggap sulit oelh siswa berdasarkan perkiraan saudara? Jika, ada materi apa? Jelaskan alasan saudara !

7) Kompetensi apa yang bisa dimilki oleh siswa setelah mengikuti pelajaran sesuai dengan harapan saudara?

8) Apa yang perlu menndapat perhatian khusus pada pembelajaran kali ini.

Setelah itu, barulah saya masuk ke kelas seperti biasa PBM pada hari-hari sebelumnya diawali dengan Ucapan Salam, berdoa dan mengaji , dan berikutnya adalah:

Lengkapnya ada disini

Selamat Hari Guru Semoga Kita Para Guru Lebih Istiqomah Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa Agar Mereka Menjadi Generasi Emas Untuk Negeri ini !

Salam dari One sm : http/iwansmtri.blogspot.com ; http://iwansumantri.mywibes.com

 

videokeman mp3
Nothing to Lose – Michael Learns to Rock Song Lyrics

234 total views, 3 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Taufik Opikibra Ibrahim

    Semangat evaluasi inilah yg seharusnya banyak dimiliki oleh para guru, utamanya dalam hal kedewasaan menerima masukan dari pihak lain..Trims Pak Iwan, cukup menginspirasi! :)

    Taufik Opikibra Ibrahim Komentar pada November 24, 2012 4:46 pm

  2. Avatar of Subhan

    Inilah guru yang sebenar-benarnya guru, masuk kelas itu ibarat komandan pasukan yang akan memimpin perang perlu persiapan-persiapan peralatan yang tepat dan strategi memenangkan perang, jika kurang siap dengan persiapan maka kita sendiripun sebagai guru merasa kurang PD dan semua siswa memberi kita Label: “Guru biasa-biasa saja” Terima kasih Pak Iwan Sumantri contoh RPP dan LKS-nya izin sedot

    Subhan Komentar pada November 24, 2012 5:34 pm

  3. Avatar of Iwan Sumantri

    @Pak Taifik Ibrahim: Terimakasih atas apresiasinya…benar sekali, salah satu kekurangan yang kita milliki para guru adalah jarang di evaluaisi dan mengevaluasi diri, kita terlena dengan ego kita, semaunya mengajar, RPP yang kita buat hanya simbol tugas guru saja, jarang dilaksanakan dengan sebenarnya di lapangan….tapi dengan Supervisi RPP so pasti dilaksanakan…..
    @Pak Subhan: berbagi pengalaman adalah solusi saling mengisi diantara kita….saya banyak kekurangan dalam hal pelaksanaak KBM…mungkin lewat dunia maya inilah salah satu solusinya….Untuk RPP dan LKS dengan senang hati saya ijinkan…itu hanya RPP dan LK yang saya buat alakadarnya…mudah2 an bisa di pakai…agar kita bisa menjadi guru yang mendekati keprofesionalan kita ! Salam Sukses di hari Guru ini !

    Iwan Sumantri Komentar pada November 24, 2012 9:56 pm

  4. Avatar of Botaksakti

    ketika semua kembali kepada itikad baik demi kebaikan, evaluasi macam apapun penting dan bermanfaat. Keren!

    Botaksakti Komentar pada November 24, 2012 11:42 pm

  5. Avatar of Srie

    Jujur. selama sekian tahun mengajar, saya cuma 2 kali buat RPP sendiri. Pertama, saat prtama kali mengajar, kedua saat pertama kali jd PNS. Sisanya, RPP hasil copas, entah dari mana asal usul yang asli membuatnya. hehe..

    Saya selalu bilang, “ini RPP Copas Pak (Bu),” kepada kepsek, supervisor n pengawas. Silakan, bapak (ibu) tulis dlm penilaian bahwa sy tidak profesional?

    Setelah itu, saya ajak mereka saksikan langsung saya mengajar, minta mereka tanya langsung ke siswa, bgm tanggapan siswa atas pengajaran saya. Dan terpenting, saya suka minta mereka untuk mengajari saya bgm mengajar profesional itu scr langsung, praktek di kelas.

    Selamat hari guru, salam persahabatan :)

    Srie Komentar pada November 25, 2012 1:24 am

  6. Avatar of Iwan Sumantri

    @Pak Botaksakti : Betul Pak…yang utama adalah itikad dan niat kita mengajar adalah kunci utamanya untuk mengawali pembelajaran di kelas !…Makasih atas apresiasinya !
    @Bu Srie: Tak sedikit bu…RPP yang kita punya adalah hasil Copy Paste…inilah tantangan kita ke depannya…sedikit demi sedikit kita belajar untuk percaya diri akan kemampuan kita…RPP buatan kita lebih bermakna dan ada kepuasan bathin manakala kita mengevalusinya….Guru bukan Perangko yang hanya diam di satu sudut sampai usai pembelajaran….Salam Penu persahabatan untuk kemajuan anak2 negeri ini…selamat hari guru, semoga hari ini kita berintropeksi dan merenung untuk kedapannya…menjadi guru profesional itu ternyata perlu waktu !

    Iwan Sumantri Komentar pada November 25, 2012 3:08 am

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit