1

Past and Future Hero (Pahlawan di Masa Lalu dan Masa Depan) (+3)

Bahtiar Rifai August 19, 2015

X.2 xi ips 2 XI.IPA1 XI.IPA2 xii ipa 1 xii ipa 2 xii ips 2

 

Pahlawan-Pahlawan itu lahir kembali..itu yang ada dalam benak kita setelah melihat foto-foto diatas hehehe…

Belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Hal inilah yang menginspirasi sekolah untuk memotivasi para guru SMA Islam Hidayatullah dalam mengajar dengan menggunakan metode yang kreatif dan menarik .
Salah satu metode mengajar adalah mengajar diluar kelas. Dengan mengambil momen HUT RI ke 70, mata pelajaran sejarah dikemas dengan sangat menarik yang diberi nama “Past N Future Hero.” Kegiatan pembelajaran luar kelas mata pelajaran sejarah yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X, XI, dan XII di lingkungan SMA Islam Hidayatullah ini bertujuan untuk mengulas kembali sejarah kemerdekaan Republik Indonesia dan mengenang para pahlawan khususnya pada peristiwa penting bersejarah terhadap pembentukan dan pembangunan Negara Republik Indonesia.

Bapak Bahtiar Rifa’I, S.Pd. (Guru Sejarah) telah menyiapkan beberapa foto peristiwa penting bersejarah seperti peristiwa pembacaan proklamasi, Konferensi Asia Afrika, dan lain – lain. Siswa memilih foto sesuai nomor undian. Kemudian mereka akan berfoto memperagakan peran sesuai foto peristiwa penting bersejarah yang telah dipilih.

Selain mengasah bakat dan hobi siswa yang gemar berfoto (seperti trend anak muda saat ini) pembelajaran ini juga memacu efek psikologis siswa bahwa kelak mereka memiliki sesuatu keunggulan yang membuat mereka dikenang oleh khalayak seperti foto para pahlawan yang mereka tiru . Setelah mengumpulkan foto, mereka mepresentasikan foto peristiwa bersejarah dan menjawab pertanyaan dewan juri serta disaksikan oleh seluruh siswa dan guru SMA Islam Hidayatullah, pada Sabtu, 15 Agustus 2015. Pembelajaran ini sangatlah sesuai dengan kurikulum sekolah yang memuat 21st century skills (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication).

Harapan kami dari kegiatan ini adalah pelajaran sejarah akan lebih disukai (tidak lagi menghafal nama, tanggal, atau dimana peristiwa bersejarah terjadi) tapi siswa terpacu untuk berfikir kritis dan menganalisis sebuah kejadian / peristiwa. Siswa diharapkan menjadi “Future Hero” dengan meneladani “Past Hero” atau tokoh – tokoh dalam foto peristiwa penting bersejarah. Sekali lagi pembelajaran diluar kelas bisa menjadi salah satu solusi karena mapel tertentu akan lebih menarik dan lebih terasa di kalangan siswa khususnya dan seluruh warga sekolah pada umumnya.

2,009 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar