8

Partai Politik Peserta Pemilu 2014 berjumlah 12 atau 15? (+3)

Rochimudin November 19, 2013
partai lengkap pemilu 2014
Partai politik merupakan peserta pemilihan umum legislatif. Tapi, sebenarnya berapakah jumlah partai politik peserta pemilu tahun 2014 nanti? Mungkin anda ada yang belum tahu, bahwa partai politik peserta pemilu di tingkat nasional (selain wilayah Aceh) berjumlah 12.

Awalnya jumlah partai yang berhasil lolos verifikasi KPU dan diumkan oleh KPU kemudian pengundian nomor urut partai peserta pemilu 2014 adalah 10 partai. Dalam perjalanannya, Partai Bulan Bintang (PBB) berhasil menggugat KPU melalui pengadilan agar menjadi peserta pemilu. Usaha PBB ini kemudian berhasil.

Dalam rentang waktu yang hampir sama PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) juga melakukan gugatan ke pengadilan dan akhirnya berhasil pula. Kemudian KPU menentapkan PBB dan PKPI sebagai peserta pemilu 2014 dengan no urut masing-masing 14 dan 15. Lo …. yang nomor urut 11, 12, dan 13 siapa?

Pimpinan partai politik membawa nomor urut partai peserta pemilu tahun 2014 saat Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Partai Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD 2014 di Kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (14/1/2013).  (dok: Kompas.com).

Nomor urut 11, 12, dan 13 ditempati oleh partai-partai lokal dari Aceh yaitu Partai Damai Aceh, Partai Nasional Aceh, dan Partai Aceh. Berdasarkan kesepakatan dami Helsinki antara Pemerintah RI dengan GAM, yang kemudian dituangkan dalam UU Otonomi khusus Aceh, provinsi Aceh dapat memiliki partai lokal yang dapat mengikuti pemilu apabila memenuhi persyaratan.

Jelas ya, berapa jumlah partai politik peserta pemilu 2014. Jangan lupa hari pencoblosan pemilu legislatif dan DPD yaitu tanggal 9 April 2014.
(dok: gambar partai peserta pemilu 2014: haryono-id.blogspot.com)
(sumber bacaan: http://pkndisma.blogspot.com/2013/11/partai-politik-peserta-pemilu-2014.html)

9,955 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Rochimudin
Rochimudin

Menjadi pendidik adalah cita-cita saya. Namun itu sebuah proses pembelajaran yang ternyata harus senantiasa di update. Di era globalisasi ini, belajar sudah tidak cukup apabila hanya dibatasi ruang kelas ataupun sekolah. Ilmu pengetahuan sudah tersebar luas oleh berbagai media massa maupun elektronik. Sarana belajar juga sudah beragam dan modern sehingga memudahkan untuk belajar mandiri maupun kelompok. Oleh karena itu saya hadir untuk belajar dan berbagi untuk kemajuan pendidikan Indonesia yang lebih baik dan keren.

View all posts by Rochimudin →

Comments (8)

  1. Avatar of Rochimudin

    Terima kasih atas tanggapannya semua. Pemilu itu penting untuk rotasi kekuasaan, gunakan hak pilih kita. Indonesia masih menempati jumlah partai terbanyak meskipun jumlahnya pasang surut. Saya berharap suatu saat Indonesia stabil dalam kepartaian sehingga partai cukup 2 atau 3 saja sehingga supremasi hukum adalah panglima, bukan politik adalah panglima.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!