0

Panduan Kembali ke Sekolah untuk Ibu Keren (+2)

HaloMoney April 7, 2015

kembali ke sekolah

Para orang tua dan siswa, setelah sebulan atau dua bulan liburan semester, akhirnya tahun ajaran baru tiba. Terlepas dari pengeluaran sekolah yang tiada henti nantinya, perjuangan untuk bangun lebih pagi, hari-hari yang panjang dan melelahkan, belajar di malam hari sudah membayangi.

Diperlukan rencana yang matang untuk tahun ajaran sekolah mendatang. Berikut adalah tips berhemat dan panduan bertahan untuk ibu rumah tangga paling keren seperti Anda:

Gunakan barang lama sebisa mungkin

Beberapa tas sekolah, sepatu, seragam, dll masih bisa digunakan lebih dari satu tahun. Potong pengeluaran Anda dengan barang-barang yang bisa digunakan kembali oleh anak. Memang beberapa barang tidak pada kondisi prima akan tetapi, masih bisa digunakan. Sebisa mungkin, gunakan perlengkapan sekolah yang telah digunakan tahun lalu untuk digunakan lagi tahun ini. Berlatihlah untuk hal-hal seperti menjahit, tempel-menempel dan makin banyak uang yang dihemat nantinya sehingga bisa digunakan untuk hal penting lainnya.

Bayar lebih jika dibutuhkan

Murah tidak selalu menjadi pilihan yang tersedia. Menggunakan kembali barang lama secara tidak langsung menghemat uang Anda tapi terkadang, para Ibu seharusnya tahu kapan untuk membayar lebih agar hemat di kemudian hari. Misalnya, membeli barang berkualitas seperti sepatu dapat menghindarkan Anda, Ibu keren, untuk membeli sepatu lain di tengah tahun ajaran karena Anda berinvestasi pada barang yang baik kualitasnya. Selalu bandingkan harga-harga untuk tahu penawaran terbaik.

Buatlah rencana membawa ‘bekal’

Atur jadwal ‘bekal’ untuk anak Anda. Bukan hanya menghemat tabungan serta uang jajan anak-anak; Anda juga bisa mengatur kandungan gizi untuk anak. Buat anak Anda senang ketika membuka kotak bekal mereka setiap jam istirahat dengan menambahkan hiasan-hiasan cantik yang dibuat khusus untuk mereka

Bersiap untuk musim hujan

Pada pertengahan tahun ajaran baru biasanya memasuki musim hujan. Maksimalkan penggunaan peralatan hujan yang bisa lebih murah harganya saat musim panas. Cek jas hujan, sepatu boot, payung anak Anda jika memang harus membeli yang baru. Putuskan sekarang atau menyesal di kemudian hari.

Tulis nama

Anak-anak cenderung menghilangkan barang-barang mereka tapi Anda bisa meningkatkan peluang mendapatkannya kembali dengan cara menulis nama sang anak di barang-barang mereka. Hal ini mengajarkan anak Anda tentang tanggung jawab terhadap barang yang dimiliki, dimana dapat menolongnya bukan hanya untuk sekarang namun untuk di masa depan juga.

Menyenangkan mereka dengan barang lungsuran

Jika Anda punya anak lebih dari satu, lungsuran adalah cara yang biasa digunakan. Buat anak Anda tertarik memakai atau menggunakan barang yang pernah dimiliki saudara kandung atau kerabatnya. Jangan biarkan mereka merasa kalau Anda pelit atau mereka tidak berhak mendapatkan barang baru. Beritahu mereka bahwa akan menyenangkan dan memuaskan ketika Anda berhemat.

Buat ‘minggu transisi’

Bantu anak Anda transisi dari liburan ke hari-hari bersekolah dengan perlahan dan penuh dukungan. Bangunkan sang anak lebih pagi daripada biasanya saat mereka masih libur sekolah. Atau perbolehkan mereka untuk melakukan sendiri kegiatan sekolah dengan memberikan mereka satu atau dua buku untuk dibaca. Biarkan mereka melakukan hal yang biasanya dilakukan di sekolah.

Buat hari pertama sekolah mengesankan

Foto hari pertama mereka di sekolah dengan rambut yang rapi dan wajah penuh bedak, kemudian antar mereka ke sekolah dengan peluk cium untuk tahun-tahun mereka belajar hal baru ke depannya.

 

 

1,664 total views, 1 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar