9

Optimasi Template | Tips SEO (+4)

cekgurizal February 9, 2014

Banyak hal agar blog tampil prima di pencarian google. Setelah bingung beberapa minggu mencari dari mana dimulainya Tips SEO ini akan dibahas. Sebab terus terang, belajar SEO saya adalah otodidak murni hasil membaca dan eksperimen. Dan menguji cobanya dengan beberapa ajang kontes seo. Dari catatan saya selama beberapa kali mengikuti kontes seo mungkin pegalaman ini bisa dijadikan sarana berbagi untuk guru yang memiliki blog terkhusus yang berdomain blogspot.com. Kalau WordPress nanti bisa konsultasi langsung dengan bu Amiroh ahlinya WordPress. :). 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tetang SEO blog ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa seorang guru harus memiliki blog yang berkualitas SEO. Ilustrasi ini mungkin bisa membuka cakrawala berpikir kita bahwa seo bukan hanya melulu untuk memenangkan kontes. Walaupun pada akhirnya jika guru tersebut terus mengasah kemampuan SEOnya tidak mustahil akan menang di kontes seo dan akan banyak order dari penyedia layanan seo yang akan menggandeng pak guraru sekalian.

Seorang guru yang memiliki tulisan yang membludak tetapi sepi pengunjung menandakan bahwa tulisan di blognya tidak terindeks di google. Masalahnya bukan karena tulisan guru tersebut tidak orisinil atau tidak berkualitas tetapi karena kurang di tempatkan pada ‘kendaraan’ yang mumpuni sehingga jalannya tidak cepat. Kalau tidak terindeks di google bagaimana mau berbagi dengan guru Indonesia ? Seorang blogger memiliki visi bagaimana tulisannya akan dibaca oleh khalayak digital natives walau tujuan blogger biasanya adalah untuk mendapatkan online earning dengan pemasangan iklan diblognya. Hal serupa sebenarnya harus dimiliki oleh seorang guru yang hobby ngeblog, sehingga ide dan kreatifitasnya akan tersampai ke seantero jagad maya walau sebagian menganggap istilah ini dengan PAMER.

Tips tentang SEO ini sebenarnya banyak tersebar di jagad maya, jadi apakah artikel ini orisinil atau tidak saya hanya berbagi pengalaman dengan versi tulisan seorang guru. Tips Seo ini juga banyak hal yang harus ‘dikerjakan’  agar Template kita SEO. Apalagi mau ditandingkan dengan para master SEO, butuh skill dan tenaga lebih ekstra untuk memenangkannya. Tetapi untuk artikel yang tidak untuk di tandingkan, Tips yang akan kita bahas kedepan saya anggap sudah cukup untuk menampilkan artikel pembelajaran guru di singgasana SERP.  

Melakukan Optimasi Template Agar Lebih SEO pada blog yang baru dibuat adalah merupakan  langkah wajib. Tujuan utama dari optimisasi template bukan untuk menjadi juara pertama di Google. Optimasi ini hanya untuk membantu Google mengindeks blog kamu dengan tepat.

Analoginya bisa kita ibaratkan seperti meletakkan sebuah mobil balap di lintasan yang tepat, tapi … apakah mobil kamu bisa menjadi juara ? Belum tentu, proses menjadi juara dan nomor satu di halaman pertama google itu masih panjang. Anda masih harus melalui dua tahap lagi, yaitu menambah konten artikel berkualitas dan optimisasi Offpage. Optimisasi Offpage sendiri masih terbagi dalam dua proses, yaitu Mencari backlink dan Mempromosikan Blog. Tapi itu nanti saja dibahas, kita fokus dulu di masalah optimasi template ini.

  • Artikel di sisi kiri dan sidebar di sisi kanan
  • Bagian yang paling ditekankan diberi tagging H1, dengan demikian pada homepage judul blog harus diberi tagging h1, sedangkan pada halaman artikel justru judul artikel yang diberi tagging h1.
  • Title yang muncul bersifat Heading Dinamic
  • Title tag pada halaman artikel harus menampilkan judul artikel lebih dahulu.
  • Mempunyai breadcrumbs untuk membantu search engine mengenali struktur blog
  • Menggunakan microdata dan microformat tagging sesuai aturan mesin pencari
  • Loading harus cepat

#1. Artikel di sisi Kiri dan Sidebar di sisi Kanan

Perayapan atau pembacaan google biasanya dimulai dari arah kiri terlebih dahulu baru kemudian kebagian kanan. Oleh karena itu jika Artikel disisi kiri google lebih mudah dan cepat melakukan indext artikel yang kita posting. Artikel di sisi Kiri dan Sidebar di sisi kanan seperti blog bjgp-rizal ini. Oleh karena itu banyak template-template SEO gratis yang menggunakan fitur ini.

Struktur Template SEO Friendly

#2. Home page blog harus diberi tagging h1, sedangkan pada halaman artikel justru judul artikel yang diberi tagging h1

Home page sebuah blog biasanya sudah h1. Tanda home page sudah ber h1 judul blog kamu akan tampil lebih besar dibanding yang lain. Coba lihat gambar berikut. Judul paling atas itu home page dynamic ukurannya lebih besar dibanding judul didalam postingan.

h1 di home page blog

 #3. Title bersifat bersifat Heading Dynamic

Kebanyakan blog download template Gratis tidak bersifat heading dynamic ini. Padahal berdasarkan pengalaman selama mengikuti Kontes SEO, heading dynamic ini sangat disukai oleh penjelajah google. Maksudnya heading dynamic ini adalah judul blog akan berubah sesuai dengan judul artikel yang kita posting. Dynamic Heading adalah sistem pengaturan heading baik itu judul blog ataupun judul artikel agar lebih SEO friendly. Template yang sudah diberi dynamic heading seharusnya menampilkan judul artikel di antara tag <h1>. Karena tag <h1> digunakan untuk memberitahu robot Google, tentang hal terpenting di halaman artikel tersebut. Coba lihat blog ini perhatikan judul di header maka akan berubah sesuai dengan judul artikel postingan.

pasang Headig dynamic 

Pembahasa untuk mengubah template agar heading bersifat dynamic lain waktu akan saya tuliskan. Atau rekan guru bisa surfing di mbah google. Atau kalau tidak mau repot-repot kamu tinggal download template gratis yang bersifat heading dynamic, banyak kok. Apa lagi bagi guru yang kurang paham dengan bahasa HTML lebih baik download aja deh.

#4. Title tag pada halaman artikel harus menampilkan judul artikel lebih dahulu

Title tag pada halaman artikel harus menampilkan judul artikel lebih dahulu. Maksudnya adalah ketika mengklik salah satu artikel blog atau postingan sebuah blog maka akan muncul judul artikel terlebih dahulu kemudian judul blog. Sebagian template blog download gratis biasanya judul blog terlebih dahulu baru judul artikel. Nah mode yang kedua ini kurang disukai google alias tidak SEO friendly dibanding mode yang pertama. Untuk mengecek apakah title tag blog kamu sudah SEO caranya arahkan kursor dibagian judul pada jendela firefox maka akan muncul judul seperti gambar berikut ini :

Title tag artikel dahulu 

Template Guraru sudah bersifat seperti point no #4. Coba cek sendiri dengan mengarahkan kursor ke judul artikel maka akan muncul judul artikel baru Judul Blog. (Tulisan GURARU di akhirnya)

#5. Mempunyai breadcrumbs untuk membantu search engine mengenali struktur blog

Contoh breadcrumbs adalah sutruktur yang tampil seperti berikut ini :

Home » Kontes SEO » Belanja Online » Toko Belanja Online » Alfamart official partner merchandise FIFA piala dunia Brazil 2014

Atau bisa juga melihat breadcrumbs dari blog Guraru ini. Breadcrumbs sebenarnya lebih kepada mengatur aliran poin halaman di dalam blog kita. Dengan memasang breadcrumbs, mesin pencari akan lebih mudah mengenali struktur blog kita….

Hal ini sekalian juga untuk memudahkan pengunjung untuk mengetahui jenis dari artikel yang dibacanya. Penambahan breadcrumbs juga bisa memastikan pengulangan kata kunci yang kita targetkan, karena breadcrumbs akan menampilkan judul artikel.

Mempunyai breadcrumbs

#6. Menggunakan microdata dan microformat tagging dan dilengkapi dengan bintang lima atau rating sesuai aturan mesin pencari

Microdata dan microformat tagging sebenarnya agar Google bisa membuat tampilan pencarian dari blog kamu terlihat lebih menarik bagi pengguna Google. Microdata biasanya dipasang pada bagian akhir artikel, dan terlihat seperti ini….

Microformat diartikel

Tampilan seperti ini disebut rich snippet, kamu bisa membuatnya lebih lengkap lagi dengan menambah microdata foto, lokasi, dan sebagainya. Tampilan rich snippet akan membuat pengunjung lebih tertarik untuk mengklik link anda. Tapi ini disimpan dulu nanti akan dibahas di artikel lain.

#7. Loading Harus Cepat 

Sekarang, agar modifikasi template SEO ber”khasiat”, harap diperhatikan untuk menghindari hal-hal di bawah ini :

  • Hindari penggunaan flash element!
  • Hindari penggunaan iframe dan frame seperti shoutbox pada sidebar, jika mau menggunakan shoutbox buatkan laman tersendiri
  • Jangan sampai memasang broken link, atau link ke bad neighbours 
  • Minimalkan gambar di sidebar berupa animasi seperti jam, tanggal, dll

Jika template blogspot anda sudah SEO friendly, lalu apa lagi yang harus anda lakukan? Cobalah untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Jika bisa usahakan membuat artikel berkualitas!
  • Setiap memasang gambar gunakan ALT Tag.
  • Cetak tebal kata-kata penting dari artikel anda
  • Jangan lupa memasang meta deskripsi artikel pada saat mengetik artikel baru
  • Terakhir, JANGAN LUPA MENCARI BACKLINK DAN PROMOSI BLOG DI SOCIAL NETWORK dan FORUM ONLINE

Sekarang bagi rekan guru yang tertarik mencoba template blog gratis yang sudah dimodifikasi sesuai dengan point diatas, silahkan di download dari link di bawah.

Download Gratis Template SEO Friendly dengan Slider

Tujuan Penggunaan Download Gratis Template SEO Friendly dengan Slider

Download Gratis Template SEO friendly dengan slider ini dibuat untuk membantu blogger pemula yang belum mengetahui cara untuk mengedit kode-kode pengaturan pada menu EDIT HTML. Banyak blogger pemula yang bekerja keras, dan nyaris sia-sia usahanya membangun blognya karena tidak optimalnya pengaturan dasar dari desain blog yang dipakainya. Jadi dengan menggunakan template blog yang SEO friendly ini diharapakan para blogger pemula tidak perlu lagi pusing masalah lain dan bisa fokus pada pembuatan artikel dan mencari backlink saja.

Sumber :  Optimasi Template agar Lebih SEO Fiendly

1,720 total views, 1 views today

Tagged with: , , ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (9)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar