6

Optimalisasi Weblog dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 (+3)

Trisni Atmawati May 31, 2017

Laksana seorang masterchief  yang pandai membuat masakan yang lezat dan menyajikannya dalam tampilan yang menarik,  guru profesional masa kini juga harus mampu membuat rencana pembelajaran berkualitas dan menyajikannya dalam pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didiknya. Dalam meramu pembelajaran tersebut agar terasa lezat dan menarik bagi peserta didik tentunya membutuhkan bumbu-bumbu yang tepat dan perlu terus dipelajari oleh seorang guru pembelajar. Salah satu bumbu tersebut adalah penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) dengan berpanjang lebar dalam ceramah monoton tentunya bukan lagi pembelajaran yang dibutuhkan pada abad ini. Pembelajaran masa kini bukan lagi  berorientasi pada transfer ilmu semata tetapi bagaimana proses pembelajaran tersebut juga dalam membelajarkan peserta didik untuk memiliki kompetensi maupun ketrampilan yang dibutuhkan peserta didik pada abad 21. Apakah ketrampilan abad 21 itu? Ketrampilan abad 21 yaitu ketrampilan yang dikenal dengan singkatan  4C (Creative, Critical thinking, Collaboration and Communication). Dalam mengembangkan ketrampilan 4C ini, pembelajaran berpusat pada peserta didik (student center) harus lebih banyak dilaksanakan sehingga peserta didik dapat melakukan proses pembelajaran yang lebih bermakna.

Merancang pembelajaran yang mengaktifkan dan menarik peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan 4C tentunya dibutuhkan racikan bumbu diantaranya penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran pendukung. Media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik salah satunya adalah media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi.  Selain menarik, dengan media pembelajaran berbasis teknologi materi pembelajaran akan lebih mudah ditransfer ke peserta didik sehingga waktu untuk pengembangan ketrampilan 4C lebih banyak selama pembelajaran.

 

Sekarang ini di desa-desa para petani sudah mempergunakan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka, salah satunya dengan penggunaan mesin penanam padi.  Guru masa kini tentunya tidak boleh tertinggal dalam hal penggunaan teknologi untuk mempermudah, mempercepat dan meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Salah satu teknologi yang penulis gunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar adalah weblog milik penulis trisniatma.com. Dalam weblog ini penulis memberikan materi pembelajaran sehingga dapat dipergunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri, khususnya materi-materi pada tingkat kognitif rendah. Seperti halnya modul, selain memberikan materi pada weblog ini juga diberikan latihan soal online yang dapat dipergunakan peserta didik untuk mengetahui tingkat penguasaannya pada materi yang sedang dipelajari.  Kemudahan mengakses weblog ini baik melalui smartphone, tablet maupun laptop juga membantu peserta didik dalam memanfaatkan weblog ini. Berikut ini contoh tampilan weblog dan latihan soal online di trisniatma.com.

 Screenshot 2017-04-24 13.04.33
Gambar 1
. tampilan beranda  trisniatma.com

  Screenshot 2017-05-11 21.38.51        Gambar 2. latihan soal online

Screenshot 2017-05-31 01.52.40

Gambar 3. skor latihan soal online

Berdasarkan pengalaman penulis dalam memanfaatkan weblog, adanya materi dan latihan soal sangat membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Penggunaan weblog ini membuat peserta didik lebih mudah mendapatkan sumber belajar yang lengkap tanpa menghabiskan waktu untuk browsing di internet. Selain itu, adanya latihan soal online yang dibuat penulis dengan skor diakhir pengerjaan membuat peserta didik langsung dapat mengetahui tingkat penguasaan pada materi yang sedang dipelajarinya. Hal ini membantu penulis dalam mentransfer materi kepada peserta didik sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya terfokus pada transfer materi saja, tetapi lebih pada mengembangkan ketrampilan berpikir dan ketrampilan lainnya.

Dalam mengembangkan ketrampilan berpikir peserta didik, salah satunya penulis menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan weblog. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) merupakan pembelajaran yang dapat mengembangkan ketrampilan berpikir peserta didik (kreatif dan kritis) serta ketrampilan kolaborasi dan komunikasi yang merupakan  ketrampilan abad 21.  Model Problem Based Learning (PBL)  memiliki  lima tahap seperti yang dikemukakan oleh Arrend (2007), yaitu : 1) Mengorientasikan siswa pada masalah; 2) Mengorganisasikan siswa untuk belajar; 3) Membantu penyelidikan kelompok; 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; 5) Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

PBL yang sebelumnya pernah penulis lakukan dalam pembelajaran biologi  kurang memotivasi peserta didik untuk  berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Hal ini disebabkan karena permasalahan yang diambil kurang nyata ditampilkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu penulis melakukan  pembelajaran berbasis masalah berbantuan weblog trisniatma.com untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis menyajikan permasalahan di trisniatma.com dalam bentuk gambar dan atau video. Penggunaan video dan gambar ini lebih menarik daripada hanya menggunakan cerita narasi ataupun gambar dari buku sumber belajar. Dengan membuat gambar/foto dan video sendiri, penulis dapat mengambil tema lingkungan yang dekat dengan peserta didik yang seringkali tidak teramati oleh mereka.

Keuntungan lain dengan memberikan permasalahan untuk PBL  berupa gambar atau video dalam weblog adalah memudahkan guru untuk memberikan tema permasalahan yang berbeda-beda untuk tiap kelompok sehingga nantinya saat presentasi peserta didik lebih antusias dalam menanggapi presentasi kelompok lain. Tentunya kita juga akan lebih tertarik jika mendengarkan cerita atau sesuatu yang belum kita ketahui bukan?

Nah, berikut ini beberapa kegiatan peserta didik dalam tahap-tahap pembelajaran berbasis masalah berbantuan weblog yang pernah penulis dokumentasikan.

IMG_6798_2      IMG_6825_2

Gambar 4.     Orientasi masalah di weblog                         Gambar 5. guru mengorganisasi peserta didik

IMG_6832_2     IMG_6840_2

Gambar 6. penyelidikan kelompok                                      Gambar 7. menyajikan hasil diskusi

 

IMG_6845_2

Gambar 8. analisis dan evaluasi hasil diskusi

 

Berdasarkan pengalaman penulis, melalui gambar dan video untuk menampilkan masalah dalam PBL dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Namun demikian, adanya banyak gambar atau video yang ada dalam weblog kadang memang menjadi pertimbangan bagi weblog yang berbayar, karena terkait dengan penggunaan kapasitas memori yang lebih besar.  Tetapi dengan adanya berbagai sistem penyimpanan cloud permasalahan tersebut bukan lagi menjadi sesuatu yang menghambat. Salah satu kemudahan teknologi cloud ini juga diberikan oleh chromebook Acer 14 selain teknologi  wifi yang bekerja lebih cepat dibandingkan laptop lainnya.  Chromebook Acer 14 ini memang dirancang untuk bidang pendidikan yang mempermudah dalam proses belajar mengajar.  Ingin mendapatkan kemudahan dalam teknologi cloud dan wifi?  silakan dicoba Acer yang satu ini.

Acer-Chromebook-14-tahan-lama

sumber : guraru.com

Kembali pada pembelajaran, adanya motivasi peserta didik yang meningkat dalam PBL berbantuan weblog  menyebabkan adanya proses pembelajaran yang dapat mengembangkan ketrampilan berpikir kritis dan kreatif, ketrampilan kolaborasi atau bekerja sama dalam kelompok dan ketrampilan komunikasi pada saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Dari hal tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi weblog dapat mempermudah dan mempercepat penyampaian materi, sedangkan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran berbasis masalah teknologi ini dapat membantu dalam mengembangkan ketrampilan abad 21 yaitu ketrampilan 4C critical thinking(berpikir kritis), creative (kreatif), collaboration (kolaborasi) dan communication (komunikasi).

 

Daftar Pustaka

Arends, R.I. 2007. Learning to Teach (Sixth Edition). New York:McGraw  Hill Co. Inc

 

#Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

552 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!