3

MOTIVASI MENGIKUTI DIKLAT ONLINE GURU MELEK IT POLA 12 HARI (+3)

Lee Cha June 18, 2014

Bidang pendidikan kita masih tertinggal; jangankan dengan negara-negara besar; kita masih berada di bawah Malaysia, Vietnam, India yang beberapa tahun yang lalu kalah kualitasnya dengan pendidikan kita. Tetapi bagaimanapun, pendidikan merupakan upaya mempersiapkan murid untuk menghadapi realitas yang terus saja berubah. Hingga saat ini, pendidikan sangat diharapkan perannya untuk mampu mengikuti arus zaman, bukan berarti untuk mengikis kemanusiaan melainkan justru untuk menemukan kondisi air kehidupan yang memungkinkan jiwa-raga bangsa indonesia tidak pernah kehausan dan kekeringan bahkan bisa berenang dengan indah. Tantangan zaman dalam era globalisasi sebagai arus utama membawa efek begitu cepat-lintas terhadap dimensi dan waktu yang ada. Tentu saja interaksi manusia dengan teknologi dan informasi semakin intensif: makna baru didapat dari objektivikasi baik rasional maupun irasional karena perkembangan basis material, Iptek yang terus berubah membawa dampak pada dunia pendidikan tentunya.

Kepercayaan kita masih ada pada pundak pendidikan yang mampu memompa tenaga produktif bangsa kita. Tenaga produktif merupakan kelihaian masyarakat untuk menghasilkan suatu bentuk tindakan dan produk-produk baik yang bersifat ekonomis-teknologis maupun intelektualitas. Umumnya tenaga produktif masyarakat lebih banyak dikenal sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan ketika pendidikan semakin mengalami kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka di dalamnya semakin banyak tantangan sekaligus kemudahan untuk mengekspresikan pengetahuan. Seperti kita ketahui kurikulum yang ada kini adalah kurikulum 2013 yang membelajarkan murid bukan hanya pengetahuan saja tapi juga pada kemampuan ketrampilan.

Disinilah tugas pendidikan mempersiapkan generasi yang mampu merengkuh lebih dekat mekanisme dalam menghadapi kontradiksi perkembangan globalisasi yang selalu mengalami perubahan khuusnya teknologi. Globalisasi pemikiran ke arah kematangan dan kemajuan yang mendorong produktivitas dan kreativitas pun ditimpakan pada pendidikan. Kalimat yang paling akrab di telinga kita sebagaimana sering digembar-gemborkan adalah ‘’pro globalisasi’’: ‘’mau tidak mau, suka tidak suka, kita tidak bisa mengindar dari arus globalisasi … Masalahnya, bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapinya, agar bisa memetik manfaat dari arus besar itu.

Dalam menghadapi perkembangan globalisasi tersebut, www.gurumelekit.wordpress.com berusaha mengakomodasi tuntutan pendidikan dengan memberikan pencerahan yang direkomendasikan dalam dunia pendidikan, yaitu: pembelajaran guru melek IT secara online dalam http://e-traininggurumelekit.edu20.org . Di Indonesia, pengembangan pembelajaran tersebut jarang, bahkan dari sudut pandang wacana saja masih belum terdengar lantang. Padahal prinsip pendidikan tersebut sangat komprehensif dan jika dapat diterapkan dengan benar dan konsisten akan mampu menjadikan anak didik menjadi insan yang tidak hanya menguasai informasi dan ilmu pengetahuan saja tapi juga ketrampilan dan teknologi. Murid memang bukan hanya harus menghafal pengetahuan, melainkan juga mampu menerapkannya dan mengekpresikan pengetahuan. Selain itu, mereka juga harus mampu melihat realitas terdalam. Dengan demikian, http://e-traininggurumelekit.edu20.org menjawab pertanyaan kegundahan guru dalam menghadapi kurikulum 2013. Selain itu, juga sebagai ekpresi guru untuk terus mendedikasikan hidupnya dalam pendidikan dengan memberikan pengetahuan dan ketrampila yang terbaik bagi murid-muridnya. Dengan mengikuti pelatihan ini maka seorang guru akan mampu membuat berbagai perangkat pembelajaran yang inovatif, kreatif dan aktif . Kemampuan yang akan dimiliki setelah mengikuti pelatihan ini antara lain http://trainergurumelekit.wordpress.com/materi/ : membuat E-learning dengan edu20, membuat Digibook Flipbook, membuat Quiz interaktif dengan Inspring suite, membuat bahan ajar bentuk Video dengan Camtasia, dan membuat bahan ajar dengan Snapshot.

Kita mengakui bahwa media pembelajaran sangat urgen dalam pembelajaran, sebab merupakan suatu bagian integral dari keseluruhan proses pendidikan dalam semua program dan jenjang pendidikan. Seorang guru profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada anak didiknya, akan tetapi juga harus mampu memanfaatkan media dan agar pencapaian prestasi belajar akan sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator yang harus dicapai.

Dengan adanya media pembelajaran yang berbasis IT, maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional secara sehat dan cerdas diantara murid-muridnya. Bahkan media pembelajaran ini selanjutnya membantu guru menghadirkan dunia kedalam kelas. Dengan demikian, ide yang abstrak dan samar-samar sifatnya terutama kompetensi eksakta menjadi konkret dan mudah dimengerti murid. Bahkan pembelajaran dengan moto “dimana saja dan kapan saja” dapat terwujud dengan mengikuti pelatihan guru melek IT secara online. Saya berharap dengan mengikuti diklat ini saya bisa belajar lebih banyak dan memiliki kemampuan pembelajaran berbasis IT untuk membuat pembelajaran matematika berbasis IT yang pastinya akan sangat berguna di masa yang akan datang.

Pelatihan ini difasilitasi oleh bapak Sukani, Beliau adalah guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Tidak hanya sebagai guru metematika tapi guru dengan segudang prestasi apalagi dalam bidang ICT juga Trainer, Motivator, dan Narasumber terkait pemanfaatan IT untuk proses  pembelajaran. Pak Sukani selalu mendorong dan mendukung guru-guru untuk melek IT dan aktif berbagi seputar pendidikan baik di website Guraru.org, blog pribadi maupun media sosial seperti facebook dan twitter. Diklat training guru melek IT  dilaksanakan selama 12 hari yang untuk angkatan 2 adalah tanggal 15 s.d 26 Juni 2014.

Dan tentu saja!!… masih ada kesempatan dan waktu bagi anda yang penasaran dan berkeinginan mengikuti diklat online guru melek IT. Caranya segera!! Daftarkan diri anda untuk Angkatan 3 (pendaftaran paling lambat 29 Juni 2014), silahkan kunjungi web Trainer Guru Melek IT di http://trainergurumelekit.wordpress.com/formulir/3-pendaftaran-e-training/

DIKLAT ONLINE DIPERPANJANG

1,984 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

  1. Seru ya Bu diklatnya, asyik belajar dan berdiskusi online. Tahu-tahu sudah di akhir waktu diklat. Semoga ilmu yang kita dapatkan dari Pak Sukani dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar