3

Mewujudkan Pemerataan Model Pembelajaran E-Learning Di Indonesia (+2)

Dyah Triasih May 30, 2017

Pendidikan adalah pondasi utama dalam perkembangan suatu negara karena dengan memiliki masyarakat yang berkualitas maka akan terwujud negara yang maju. Langkah yang harus ditempuh untuk menuju masyarakat yang berkualitas salah satunya dengan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara nasional karena tidak bisa dihindari adanya arus gelombang globalisasi yang dirasa sangat kuat dan terbuka dalam persaingan dunia. Kemajuan teknologi di era digital memberikan suatu angin positif untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Selama satu dekade belakangan ini teknologi berkembang sangat pesat dan mempunyai peranan penting pada setiap bidang dalam kehidupan manusia tanpa terkecuali dalam bidang pendidikan. Teknologi mampu merubah pola pikir manusia yang berdampak dalam perubahan kehidupannya. Dampak dari perkembangan teknologi juga berpengaruh dalam model pembelajaran dibidang pendidikan. Model pembelajaran yang menggunakan teknologi contohnya adalah model pembelajaran dengan metode e-learning. Model pembelajaran e-learning dasarnya menggunakan media elektronik, khususnya perangkat komputer yang disambungkan dengan jaringan internet sehingga mempermudah siswa/mahasiswa untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Sistem pembelajaran dengan model e-learning diyakini dapat membantu mempercepat proses pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan, namun pada kenyataanya model pembelajaran e-learning ini belum bisa diterapkan secara merata diseluruh nusantara karena terkendala hal-hal tertentu dan masih memilih menerapkan model pembelajaran secara konvensional.
Faktor yang mempengaruhi model pembelajaran e-learning belum bisa berkembang secara merata diseluruh nusantara adalah faktor infrastruktur teknologi. Kita ketahui infrastruktur teknologi untuk menjalan model pembelajaran e-learning terdiri dari hardware dan software. Hardware meliputi ketersedian komputer dan jaringan internet serta software digunakan untuk menjalankan proses pembelajaran. Aspek kedua sumber daya manusia yaitu pelaku yang menjalankan proses pembelajaran e-learning dalam hal ini bisa antara guru dengan siswanya atau dosen dengan mahasiswanya, dan aspek ketiga lingkungan. Pada aspek lingkungan ini yang menjadi dasar utama dalam keberhasilan proses e-learning karena lingkungan terdiri dari kepemimpinan dan kultur. Pemimpin memiliki tugas menciptakan kultur yang kondusif dalam penerapan e-learning. Proses pembelajaran metode e-learning dapat tercapai apabila tiga aspek diatas dapat dipenuhi.
Proses pembelajaran model e-learning sudah diterapkan secara tepat di sepuluh kampus terbaik di Indonesia namun model pembelajaran e-learning ini bisa diterapkan disemua jenjang pendidikan tidak hanya pada jenjang tingkat universitas, karena manfaat dengan diterapkannya model e-learning dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam mencari sumber informasi yang dibutuhkan, dari segi biaya dan waktu juga lebih hemat karena siswa tidak harus membeli buku mereka bisa mendownload atau mengcopi materi yang dibutuhkan dengan cepat dan hemat serta proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan karena diselingi dengan main game atau menonton film yang tidak lepas dari koridor tema yang disampaikan sehingga membuat siswa/mahasiswa lebih cepat menangkap materi yang disampaikan disamping itu juga dapat menyeimbangkan antara kerja otak kanan dan otak kiri.
Model pembelajaran dengan metode e-learning ini dapat direalisasikan keseluruh nusantara apabila kita mampu mengalokasikan dana 20% dari APBN secara tepat. Penggunaan dana APBN ini dapat memperbaiki infrastruktur teknologi, sumber daya manusia, dan lingkungan dibidang pendidikan baik dikota maupun didaerah terpencil sehingga tidak ada kesenjangan pendidikan dikota maupun didaerah terpencil dan masyarakat didaerah terpencil dapat membuka wawasan baru bahwa ilmu itu sangat luas dan mereka dapat berbagi dengan masyarakat lain yang berada dikota bahkan di luar negeri.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

876 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar