0

Menumbuhkan Tanggung Jawab Anak Melalui Media Bibit Kangkung (+1)

Fifin Agustin August 26, 2015

Lama sekali rasanya saya tidak mengisi blog ini, tahun ajaran baru sudah dimulai, kembali pada rutinitas yang menyenangkan bersama anak-anak. Saya siap kembali meramaikan website Guraru. ^^

Siapa bilang “Go Green” berlaku untuk orang dewasa?! Kita bisa juga memperkenalkan anak usia 18-24 bulan pada konsep ini lho!

Hari Sabtu lalu, kelas Adik-adik melakukan kegiatan di Gelora Bung Karno dengan tema utama adalah memperkenalkan fungsi air untuk menyiram tanaman. Adik-adik dengan antusias menghampiri dan mulai bereksplorasi dengan tanah organik, kegiatan ini sekaligus dapat melatih anak mengembangkan sensoriknya dengan menyentuh dan menggenggam tekstur tanahnya.

sam_6792_fotor_collage

Adik-adik bereksplorasi dengan tanah organik

 

sam_6804

sam_6807

 

Setelah tanah organik, waktunya mengenalkan adik-adik pada bibit kangkung. Selain ukurannya yang tidak terlalu kecil, bibit kangkung dipilih karena pertumbuhannya yang cepat. Adik-adik belajar untuk menjumput bibit yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halusnya baik secara mandiri maupun dengan bantuan bunda.

sam_6816_fotor_collage

Adik-adik menjumput bibit kangkung

 

Kegiatan selanjutnya yang tidak kalah seru, adik-adik berlatih menyiram bibitnya. Selain melatih koordinasi mata dan tangan, motorik kasar saat mengangkat penyiram berisi air dan menuang kedalam gelas berisi tanah dan bibit, kegiatan ini juga dapat melatih rasa tanggung jawab mereka dalam merawat bibitnya agar tumbuh menjadi tanaman kangkung.

sam_6791_fotor_collage

Adik-adik menyiram bibit

Satu hal yang sangat penting dari semua kegiatan ini adalah bagaimana membiasakan anak bersosialisasi dengan teman sebaya dan orang dewasa lainnya, hubungan ayah bunda dan anak dapat menjadi lebih intim lagi.

Senangnya melihat senyuman dan tawa kecil adik-adik saat mengikuti kegiatan ini.

 

Salam edukasi,

-fifin-

 

 

1,702 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar