0

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PEMBUATAN BUKU FIKSI DAN NON FIKSI (0)

wijaya kusumah May 15, 2017

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PEMBUATAN BUKU FIKSI DAN NON FIKSI DI SMP LABSCHOOL JAKARTA

Wijaya Kusumah

pameran buku

pameran buku

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dimana rata-rata keterampilan menulis siswa SMP Labschool Jakarta masih rendah, khususnya siswa-siswa di kelas 7 yang belum tahu cara menulis cerita fiksi dan non fiksi, lebih dari 85 % siswa diketahui belum terlatih menulis, sehingga tulisannya masih kurang enak dibaca.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui pembuatan buku fiksi dan non fiksi di SMP Labschool Jakarta.

Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa baik dalam bentuk buku fiksi dan non fiksi. Siswa menjadi lebih terampil dalam menulis.

Hasil karya tulis siswa dipamerkan dan dijual di sekolah. Ada 14 buku dihasilkan, yaitu 7 buku cerita fiksi dalam bentuk cerita fantasi, dan7 buku cerita non fiksi dalam bentuk cerita liburan sekolah.

Kampanye gerakan literasi sekolah (GLS) dapat berjalan sesuai harapan pemerintah. Siswa tidak hanya sekedar senang membaca buku, tapi juga menulis buku.

Kata kunci: Keterampilan menulis; buku fiksi; buku non fiksi; GLS

Makalah lengkap dpt diunduh

di https://wijayalabs.com/2017/05/04/meningkatkan-keterampilan-menulis-siswa-melalui-pembuatan-buku-fiksi-dan-non-fiksi/

784 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

wijaya kusumah

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Dosen STMIK Muhammdiyah Jakarta, dan Guru TIK SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

View all posts by wijaya kusumah →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar