5

Meningkatkan Efektifitas Penggunaan Gadget di Kelas (+1)

endah susilawati May 31, 2017

Siswa membawa Gadget ke sekolah, sampai saat ini masih menjadi pertentangan. Beberapa sekolah memperbolehkan dengan alas an, gadget terutama yang berbasis android adalah media belajar. Alat canggih ini merupakan media untuk mengakses E-learning, mendapatkan informasi akurat dengan cepat, berinteraksi dengan guru tanpa batas waktu dan ruang dan transfer file. Sementara beeberapa sekolah lain menganggap gagdet dapat menganggu kekhusukan belajar. Terbukti sering ditemukan saat kegiatan pembelajaran siswa asyik sendiri dengan gadgetnya yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran yang sedang berlangsung.

Saat ini, bahwa hampir setiap siswa menggunakan gadget adalah fakta yang tak mungkin dipungkiri. Ketergangantungan mereka terhadap teknologi canggih ini semakin hari semakin meningkat. Hal bahkan dialami oleh setiap orang termasuk guru. Menurut pendapat penulis, menjauhkan siswa dari gadget adalah mimpi yang muskil terwujud.  Oleh karena itu hal yang mungkin dilaksanakan adalah mengalihkan penggunaan gadget dari aktifitas yang tidak bermakna menjadi aktifitas bermakna. Dari aktifitas yang menganggu pembelajaran menjadi aktifitas yang mendukung pembelajaran.

Diperlukan sinergi antara guru dan siswa dalam memanfaatkan gadget sebagai sarana belajar. Agar dapat mengendalikan kelas, guru harus fokus dalam pemanfaatan gadget dalam kegiatan belajar. Menggunakan gadget dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk guru yang kemampuan IT-nya rata-rata. Berikut adalah hal-hal sederhana yang dapat dilakukan dalam mengefektifkan gadget dalam kegiatan pembelajaran.

Transfer bahan belajar. Dalam kegiatan pembukaan, guru dapat memberikan stimulus kepada siswa dengan mengirimkan tayangan video atau menarik kepada siswa melalui transfer file. Selanjutnya siswa menyimak baik secara individu maupun berkelompok. Selanjutnya guru dapat meminta siswa untuk menuliskan hal-hal penting dari tayangan yang telah disaksikan dan memulai kegiatan belajar yang menyenangkan.

Transfer link. Guru dapat mentransfer link yang memuat konten bahan ajar dari internet. Kegiatan ini dapat dilakukan bila guru ingin menguatkan literasi siswa. Agar lebih bervariasi, guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil dan membagi link yang berbeda antar kelompok. Setiap kelompok bertugas mendiskusikan dan menyelesaikan  permasalahan yang sudah ditentukan.  Selanjutnya siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.

Grup interaktif. Guru dapat memanfaatkan grup whatshap dan mengendalikannya. Hal ini dapat dilakukan bila suatu ketika guru berhalangan hadir di kelas.  Mengendalikan siswa tanpa kehadiran guru tidak mudah. Diperlukan trik agar siswa terkendali. Salah satu diantaranya adalah memberi beban yang spesifik dan berbobot dengan deadline waktu yang ketat. Misalnya memberi mereka tugas membuat file presentasi atau video pembelajaran dari gadget mereka. Dengan memantau progress yang mereka lakukan, siswa akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan.

Kegiatan  diatas adalah kegiatan sederhana yang dapat dilakukan semua guru meskipun kemampuan IT-nya terbatas. Tidak ribet, mudah dilakukan, tidak mensyaratkan spesifikasi canggih dan menyenangkan. Mari kita ciptakan pembelajaran modern yang cerdas dan bermakna.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Menulis Guru Era Baru.

 

 

1,180 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. benar sekali, dampak buruk dan rasa taku disalahkan masih menghantui, yang tepa hp boleh dibawa hari-hari tertentu saja, biar lebih aman

    artikelnya bisa menambah ide penggunaan gadget, terima kasih bu endah

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like facebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar