2

“Mengubah Apa Yang Mungkin” (+2)

Hedy Lim March 7, 2016

Schoology, “The only learning management system (LMS) that connects all the people, content, and systems that fuel education.”

Membuka laman pertama Schoology, kita akan melihat tulisan seperti di atas, sebagai satu-satunya LMS yang menghubungkan antar orang, konten dan sistem dari pendidikan.

Apakah benar sebagai yang satu-satunya? Saya tidak tahu persis, karena belum pernah membandingkan dengan LMS lain selain dengan MOODLE (CMS – Course Management System).

Semenjak hampir dua tahun terakhir, saya menggunakan Schoology sebagai LMS saya (mengikuti yang menjadi kebijakan sekolah tempat saya bernaung) dengan versi “basic” artinya tak ada biaya apapun yang dibebankan kepada pengguna. Versi lain dari Schoology adalah “enterprise” (versi ada biaya).

Schoology memiliki semua peralatan yang diperlukan sekolah terutama guru untuk membuat konten menarik, mendisain pembelajaran dan menilai pemahaman siswa.

Untuk menggunakan Schoology, tidak perlu ada pelatihan khusus, karena pada saat Schoology dirancang, mereka sudah merancangnya dalam pemikiran sebagai pengguna. Schoology menggabungkan yang terbaik dari “interface” yang modern sehingga mudah untuk belajar dan mengakses informasi yang relevan pada perangkat apapun (desktop, tablet ataupun smartphone).

Untuk menerapkan “blended learning” ataupun mencoba “flipped classroom”, menggunakan fasilitas LMS dalam hal ini “platform” Schoology, memungkinkan para guru untuk memiliki kesempatan lebih banyak mendisain dan berkreasi pada konten, menjangkau siswa per individu, memperluas definisi “classroom” dari “di dalam kelas sesungguhnya” menjadi “di manapun siswa berada” dengan mengkombinasikan beragam teknologi yang ada.

Mengusung salah satu motto yaitu “connect all the people” tadi, maka dengan mudah, kita sebagai pendidik bergabung dengan para pendidik dari seluruh dunia, dengan menjadi anggota group yang disediakan di dalamnya, ikut dalam diskusi, saling menyapa dan juga mengikuti beberapa “event” yang diselenggarakan oleh Schoology.

Salah satu yang saya ikuti adalah Menulis artikel, berbagi pengalamanan menggunakan Schoology dengan tema “Transform What’s Possible” pada bulan Mei 2015 lalu. Hampir setahun berlalu, dan saya tetap menggunakan platform ini sebagai salah satu pendukung media pembelajaran saya bersama para siswa.

Minggu lalu saya dikejutkan dengan datangnya email dari Creative Manager Schoology untuk menjawab beberapa pertanyaan, melengkapi tulisan saya yang telah dikirim bulan Mei lalu itu, disertai ucapan selamat atas terpilihnya saya (rupanya) sebagai salah satu finalis “2015 Schoology’s Educator of The Year”. Wow, rasanya senang sekali. Berbagi pengalaman saya diakui secara global oleh Schoology dan dimuat dalam Blog mereka dalam “Educator Spotlight” minggu ini. Membaca pengalaman rekan-rekan pendidik dari belahan dunia lain dalam komunitas Schoology di Educator Spotlight, membawa persepsi saya pada banyak hal menjadi semakin luas dan dalam.

Kegembiraan saya, ingin saya bagikan kepada rekan-rekan pendidik di seluruh tanah air, sebagai sebuah pengalaman saling berbagi informasi (yang mungkin) kecil yang kita lakukan ternyata menarik perhatian sebagian orang lain dan memberikan apresiasi kepada kita.

Jika berkenan, berikut link Schoology Blog yang memuat artikel saya minggu ini.

Selamat berkarya :)

Salam,
Hedy Lim
http://hedy.me

1,026 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!