9

Mengajar Menggunakan Puppet Edukasi (+7)

Windy Citra Negara May 20, 2015

Mr. Windy Citra Negara menggunakan Metode Edutainment menggunakan Puppet Edukasi

Kesempatan kali ini saya ingin menceritakan tentang pengalaman mengajar saya yang kebetulan pada saat itu juga digunakan sebagai penelitian tentang Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan boneka Puppet di Sekolah Dasar. Lebih tepatnya pada saat itu saya mengajar kelas 1 SD di SDI Yamassa Surabaya. Saya diminta untuk mengajar dengan 2 metode pembelajaran yang berbeda, yang pertama menggunakan metode pembelajaran yang biasa, yang mana hanya menggunakan papan tulis sebagai media pembelajarannya. Yang kedua adalah menerapkan pembelajaran yang mana menggunakan boneka puppet sebagai medianya. Berikut ini penjelasan ketika saya menggunakan metode yang pertama dalam pembelajaran bahasa inggris.

Dalam metode pertama, saya hanya memberikan materi berupa lisan dan tulisan di papan tulis. Contohnya, saya menjelaskan materi animals dalam bahasa indonesia kemudian saya menterjemahkannya ke bahasa inggris dan setelah itu saya meminta mereka untuk menulis apa yang sudah saya jelaskan di papan tulis. Dari hasil pengamatan yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, terlihat bahwa siswa hanya fokus dalam beberapa menit saja, sehingga menyebabkan kelas menjadi ramai dan membuat kondisi kelas tidak memungkinkan untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Ini disebabkan karena siswa terlihat bosan ketika mengikuti pembelajaran. Dalam metode pembelajaran seperti ini dapat dilihat bahwa yang kita ajarkan tidak tersampaikan dengan baik, jadi metode ini kurang efektif.

Dalam metode kedua, saya menyampaikan materi tentang animals menggunakan boneka puppet, puppet yang saya gunakan berbentuk monyet dan memang saya gunakan untuk memberikan hiburan yang mendidik. Puppet monyet yang saya gunakan dalam pembelajaran saat itu namanya Kiki. Saat saya menggunakan media puppet ini, saya sisipkan humor/unsur komedi didalamnya tapi tetap tidak lepas dari unsur pendidikan dan saya sesuaikan dengan tema yang saya bahas. Saat saya mengajarkan bahasa Inggris dengan menggunakan media puppet, saya bisa merasakan dan melihat siswa lebih fokus dan sangat antusias dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Selain itu mereka juga selalu berusaha menjawab serta mengucapkan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Saya sangat senang sekali, karena dengan media puppet edukasi suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, efektif dan interaktif.

 Mr. Windy Citra Negara menggunakan Edutainment - Edu Puppet Show

Banyak manfaat yang bisa diperoleh saat menggunakan boneka puppet dalam sebuah pembelajaran, antara lain:

  1. Meningkatkan rasa ingin tahu siswa.
  2. Siswa menjadi lebih fokus dalam proses pembelajaran.
  3. Membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.
  4. Membuat suasana kelas menjadi interaktif dan menyenangkan.
  5. Dengan suasana yang menyenangkan membuat siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

 

Berikut ini Video Dokumentasi saat Mengajar Menggunakan Puppet Edukasi.

Semoga bermanfaat.

 

Baner-Guraru2

3,037 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (9)

  1. Avatar of Windy Citra Negara

    @pak Umar: Terima kasih pak Umar atas apresiasinya.
    @pakOcang: Terima kasih banyak atas apresiasi dan kunjungannya.
    @bu Dwi: Terima kasih bu, boneka puppet cocok digunakan untuk meningkatkan daya tarik siswa dalam sebuah pembelajaran.
    @Pak Subakri: iya pak ini kebetulan pas mengajar kelas 1. Tapi hanya mengajar pelajaran Bahasa Inggris. salam semangat dan kenal juga pak.
    @pak Iwan: Terima kasih atas apresiasi dan Votenya pak. Salam persahabatan.

    Kunjungi juga artikel saya, semoga bermanfaat :)
    Mengajar Unik dengan Sulap
    http://guraru.org/guru-berbagi/cara-mengajar-yang-unik-dengan-sulap-edukatif/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!