3

Mengajar Ekonomi Via Blog (+3)

kasmadi May 15, 2015

Salah satu kebermanfaatan guru adalah manakala siswanya mampu menunjukkan performancenya dalam proses belajar mengajar. Kebermanfaatan tersebut dapat dirasakan oleh siswa baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang saat ia terjun dalam masyarakat.

Mengacu pada asas manfaat tersebutlah awal Semester genap saya mulai mengajarkan bagaimana membuat blog dan menulis. Menulis? Bapak kan mengajar ekonomi, apa hubungannya dengan materi yang diajarkan dengan menulis.? Sederet pertanyaan dari para siswa meluncur begitu saja, penuh selidik dan keheranan. Namun saya merasa bangga juga karena ada beberapa siswa yang ternyata sudah mempunyai blog.

Tujuan pembuatan blog tersebut selain memperkenalkan blog sebagai media belajar, melatih menulis sedini mungkin, pun untuk melatih imaginasi mereka dalam berkreatifitas. Selain itu dengan blog mereka wajib mempresentasikan secara individual sehingga melatih kemahiran berbahasa, membangun mental berhadapan dengan audien dalam forum resmi, mahir menjawab setiap ada pertanyaan dan mempetanggung jawabkan apa yang ditu.lis dalam blognya

Sekarang kamu buat saja dulu, rasakan manfaatnya kemudian, jawab saya singkat.

Mulailah mereka membuat blog dan saya beri waktu agak lama sebulan. Pertimbangannya psikologis tentunya karena mata pelajaran yang mereka pelajari cukup banyak dengan tugas yang menumpuk. Jadi, santailah mereka membuatnya.

Luar biasa! Ternyata kreatifitas yang ditunjukkan dengan pembuatan blog sebagai media belajar sangat beragam dan membuat saya berfikir tidak salah saya memberi tugas “aneh” ini. Cobalah blogwalking ke beberapa blog berikut :

http://melviezh.tumblr.com,

https://aufaremon.wordpress.com/2015/01/,

http://karya-fikri.blogspot.com/2015_03_01_archive.html,

http://aliaamaliaputri.blogspot.com/,

http://shoujonojinsei.blogspot.com/2015_01_01_archive.html.

Beberapa blog ini menurut saya sudah lumayan bagus untuk tahap pemula, apalagi seorang pelajar.

Screenshot_21

 

Screenshot_22

Screenshot_30

Perform Individual Yang Menakjubkan

Dalam beberapa penampilan ada siswa yang menakjubkan tetapi ada juga yang down karena tidak biasa. Secara umum keluasan dalam menguasai materi masih belum terkuasai secara baik. Hal ini dapat dilihat dan diamati saat sesi diskusi, banyak pertanyaan-pertanyaan yag sebenarnya mudah dan ada dalam blognya tidak terjawab secara benar. Namun demikian, penilaian bukan saja pada penguasaan materi. Penilaian ini berbasis kinerja ada rubrik yang dibuat oleh guru untuk memandu guru dalam menilai. Rubrik tersebut antara lain tampilan blog, presentasi, materi, kemampuan menjawab.

1429748799257

Salah satu penampilan yang bagus adalah penampilan seorang siswa yang mempunyai kelebihan yang diberikan Alloh. Sage namanya, ia siswa autis. Sebagai siswa autis ia penuh percaya diri, dan baru kali pertama tampil menjelaskan matei yang ditugskan secara indvidu. Keberaniannya ppatut diacungi jempol, meski agak sedikit nyeleneh tetapi saya bangga ia bisa tampil baik.

 

923 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

  1. kayaknya kita uda kenal ya pak …… heeeeee …. apa bener ini pak kasmadi yang ketemu di kopadar jakarta …. yang pesan jaket ayo mendidik dan jaket guaru ….
    kalau emang benar … wah … ini jagonya blog loe … pantesan pembelelajarannya pakai blog 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar