12

Menerapkan tugas Blog untuk siswa kelas 9 SMP al karomiyah jakarta (+7)

Muhamad Fajri Firdaus March 3, 2014

“tanpa di ajaripun, pasti siswa akan berinteraksi dengan internet”

Ya itu lah realitas yang terjadi. Tanpa di suruh, tanpa di ajarain, pasti anak-anak sekarang berinteraksi dengan internet. Lalu tugas kita sebagai guru adalah mengarahkan agar anak-anak kita bisa menggunakan internet dengan baik dan bernilai positif juga bermanfaat.

Setelah mengikuti TWC 3 lalu ( bulan desember 2013 ) akhirnya bulan februari kemarin hati ini tergerak untuk mencoba mengarahkan anak murid saya untuk mulai ngeblog. Dengan harapan bahwa mereka bisa menggunakan internet sebagai akses untuk hal bermanfaat. Murid saya suka banget main PB soalnya.

Jadi, saya meminta tiap anak untuk membuat blog yang setiap minggi harus mereka isi dengan 2-3 posting artikel dengan tema “kegiatan harian” dan “berita informatif”. Tugas blog ini saya berikan waktu sampai akhir april dengan jumlah minimal 30 posting artikel. Setiap artikel yang telah di tulis harus mereka share lewat facebook mereka agar di baca oleh teman lain dan tersebarlah hal bermanfaat. ( semoga )

Ya, walau sulit untuk mereka ( karena tidak familiar ) tapi terlihat mereka cukup antusias dengan itu, ,mungkin karena ini adalah hal baru jadi sedikit bersemangat. Ya, semoga apa yang saya harapkan bisa tercapai dan bisa berlanjut di tahun ajaran baru besok di kelas 9 selanjutnya.

“IT and Internet for better education” 😀

1,864 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (12)

  1. ya harusnya disuruh, diajarkan. Pak kalau siswa sudah selesai bikin blog, suruh mereka mendaftarkan blognya di blog pak Muhamad Fajri Firdaus, buatkan formulir menggunakan google drive (form), nah jika sudah mendaftar mereka akan terekap dalam bentuk excel (cuma saran pak) contoh formulir ini saya buat ketika habis pelatihan Blog guru di sekolah saya dan kalau sdh selesai langsung daftarkan lewat online seperti contoh ini http://subhandepok.wordpress.com/buku-tamu/kirim-tugas-kelas-7/

  2. Konsekuensi guru adalah mengoreksi tugas blog siswa dg kriteria yg sdh dijelaskn di awal tugas. Utk itu tentu setiap blog hrs di link ke guru dan setiap siswa membuat sesuatu guru terus memonitor dan menilai. Itu bagus namun hrs konsekuen. Begitulah guru TIK di sekolah saya. Kalau siswa ditugasi nulis sehari satu gurunya wajib update blognya sehari lbh dari satu dan sesuai mengajarnya shg siswa selalu dpt belajar dari blog guru. Sip itu namun mampukah guru menerima konsekuensi itu? Tugas anak kalau kebanyakan juga mengganggu pelajaran kain. Tugas ada batasnya atau porsinya. Salam perjuangan.

  3. anak murid saya hampir tiap hari main di warnet karena main PB.

    ini masih percobaan sih, melihat dulu anak2nya antusias apa tidak, kalau ternyata pada antusias bisa saya lanjutkan kalau tidak ya saya ganti…

    habis, saya pikir daripada anak2nya main game online terus lebih baik saya coba untuk nge blog..

  4. pada awal memberikan tugas ini saya sudah menerangkan manfaat blog ini, makanya mereka jadi lebih bersemangat… saya minat 2-3/minggu tidak perhari, kasian juga kalau sering-sering hehehe

    tiap minggu saat pelajaran, saya membuka blog dan artikel yang mereka post. jadi saya lihat mana yang pantas, mana yang kurang, mana yang tidak begitu

    iya sebagai sarana untuk menggiatkan diri maka dari itu saya juga mulai menulis di sini sebelum saya menulis di blog dan twitter pribadi saya, semoga bisa memberikan manfaat nantinya 😀 saya sangat senang membaca dan mau mulai menulis lagi..

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar