21

Mencoba membangun ide baru ? Coba gunakan mesin ATM….. (+5)

tutuk jatmiko September 21, 2013

 

Sobat GURARU dimanapun saat ini berada.bagaimana kabarnya ?

tentu masih dalam semangat perubahan yang masih berkobar-kobar tentunya…

Dari sekian posting yang sobat GURARU “share” kan di sini, ternyata “hasrat” menulis telah menjangkiti banyak rekan-rekan GURARU. Berbagai tips,trik dan apapun namanya serasa tiada habis-habisnya untuk dikupas.

Saya mencoba mengingat kembali materi yang pernah saya dapat waktu latihan menulis pada sebuah acara workshop. Dari paparan beberapa narasumber dapat saya simpulkan bahwa salah satu faktor yang di”takuti” peserta (=termasuk saya) adalah bagaimana membangun ide baru. Takut jika ide tidak bisa dimunculkan.Memang jika tidak dilatih sangat susah membangunkan atau membangkitkan ide-ide dalam pikiran kita.

Sebenarnya ide-ide yang muncul pada diri kita saat ini merupakan sari pati pengalaman belajar yang pernah kita alami dimasa lampau. hanya saja kita kadang ragu untuk memulai sebuah ide atau gagasan dikarenakan banyak hal yang mengganggu pemikiran kita.

Salah satu yang saya terapkan adalah dengan mencoba menggunakan “mesin ATM”…Maksudnya ?????

ATM sendiri merupakan singkatan Ambil, Telaah dan Modifikasi.

Bagaimana maksudnya ?

Ambil berarti kita mengambil berbagai masalah yang saling berkaitan satu sama lain. Atau kita mencoba untuk mengaitkan masalah satu dengan yang lain. Dengan pemikiran kita tentunya. Jangan takut salah, yang penting bisa dipertanggungjawabkan. Banyak sekali sumber yang bisa kita ambil. Baik dari media online maupun offline.

Telaah. Dari bahan-bahan informasi  yang kita miliki, cobalah untuk kita ambil intisari mana yang menurut anda sesuai dengan pemikiran anda.

Modifikasi.Kreasikan intisari bahan-bahan informasi yang telah anda telaah untuk ditulis kembali dengan bahasa anda sendiri. Tentunya dengan sudut pandang anda pribadi. Disinilah kreasi anda dalam menuangkan kembali dalam bentuk tulisan yang tentunya menjadi ciri khas dari karakter anda sendiri. Tuangkan dengan bebas. Bayangkan anda seperti anak kecil yang bebas berekspresi tanpa takut aturan-aturan baku yang membuat kita “terbelenggu”.

Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua…

 

 

Salam Perubahan,

 

tutuk jatmiko

http://tutukjat.blogspot.com

 

 

2,059 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (21)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar