15

Membuat Quiz dengan menggunakan Hot Potatoes (+4)

Pak Sukani @gurumelekIT January 22, 2014

1

Gambar : dokumen pribadi

Banyak alternatif yang bisa kita manfaatkan untuk membuat Quiz selain menggunakan Hot Potatoes seperti propofs, flash, quiz creator, powerpoint, moodle, edu20, google form, classmaker, quiz center, quizbox, myquizcreator dan lain-lain. Dengan berbagai macam pilihan tersebut tentunya akan membantu kita dalam membuat quiz dengan variatif. Hot Potatoes merupakan suatu software yang bisa kita manfaatkan untuk membuat quiz berbasis web. Software ini dibuat oleh Research Development Teamdi Universitas Victoria Humanities Computing and Media Center untuk digunakan dalam pendidikan. Dengan menggunakan software ini maka kita dapat membuat 5 variasi quiz yang berbeda yaitu  JCloze, Jmatch, JQuiz, JCross dan JMix.

JCloze dapat kita manfaatkan untuk membuat quiz dalam bentuk isian tertutup. Penggunaannya mudah, pertama kita isikan dulu title dengan judul soal, ketik sebuah kalimat dengan beberapa kata yang dapat menjadi suatu pertanyaan dengan cara memblok kata tersebut untuk dicari jawabannya, isi “clue” sebagai petunjuk jawaban, ketikkan alternatif jawaban benar. Perhatikan gambar di bawah ini!

JCLOSE 1

JCLOSE 2

JMatch dapat digunakan untuk membuat quiz dengan bentuk menjodohkan. Langkah-langkahnya adalah pertama kita isikan title dengan judul soal, isikan left (ordered) items sebagai pasangan sebelah kiri dan isikan right (orderred) items sebagai pasangannya di sebelah kanan, isikan default jika kita menghendaki pilihan tetap. Perhatikan gambar di bawah ini!

JMAT

JQuiz dapat kita manfaatkan untuk membuat quiz dengan bentuk pilihan ganda. Penggunaannya mudah yaitu pertama kita isikan title untuk memberikan judul soal, isikan Q sebagai nomor soal tersebut dengan mengklik anak panah di samping Q, Tulis soalnya dan pilih tipe bentuk quiz pilihan gandanya seperti multiple choise, short answer (jawaban singkat), hybride (gabungan), dan multi select (lebih dari satu jawaban). Isikan A, B, C, D dan E sebagai alternatif jawaban sesuai dengan apa yang kita inginkan. Isikan feedback sebagai balikan atas jawaban yang telah dipilih oleh siswa. Isikan salah satu button dengan memberikan centang di correct untuk jawaban yang benar. Simpan file tersebut dengan mengklik save pada bagian kiri atas. Buat quiz ini dalam bentuk file HTML dengan cara mengklik file, create webpage, standart  format dan ketik nama file untuk disimpan lalu jalankan view the exercise in my browser.

JQUIZ

JCross dapat kita diganakan untuk membuat quiz dalam bentuk teka-teki silang atau puzzle. Langkah penggunaannya adalah isikan title untuk memberikan judul soal, isikan jawaban teka-teki silang terlebih dahulu lalu klik “add clues” untuk memberikan petunjuk jawaban. Klik OK jika sudah selesai. Untuk membuat file  HTML caranya sama dengan cara mengklik file, create webpage, standart  format dan ketik nama file untuk disimpan lalu jalankan view the exercise in my browser.

JQUIZ

JCROS2

JCROS3

JMix dapat kita gunakan untuk membuat quiz dalam bentuk campuran dari 4 variasi yaitu Jcloze, Jmatch, Jquiz, dan Jcross. Variasi quiz Jmix ini dapat digunakan untuk membuat quiz dengan soal menyusun kalimat sehingga cocok untuk guru bahasa Indonesia. Langkah-langkah penggunaannya adalah pertama kita isikan title dengan judul soal, isikan main setence dengan kata-kata secara acak menggunakan enter, lalu isikan alternatif sentences dengan jawaban kalimat yang benar. Simpan file dengan mengklik tombol save.

JMIX

Untuk mendownload software Hot Potatotes, silahkan berkunjung ke websitenya klik DISINI.

Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat buat guraru dan selamat mencoba.

Salam,

2. pak sukani berenang GIF
pak sukani cooltext1242648442

21,445 total views, 14 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (15)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar