7

Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Sebagai Media Belajar IPA (+2)

Wirahadi June 19, 2015

Listrik merupakan sebuah kebutuhan manusia didalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa terlepas dari peran listrik. Listrik banyak kita gunakan didalam kehidupan seperti, untuk menyalakan televisi, kulkas, laptop atau komputer dan alat elektronik lainnya. Selama ini kita hanya menggunakan listrik tapi kita tidak pernah berpikir darimana listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari itu timbul?. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang cara membuat pembangkit listrik sederhana, alat dan bahan yang kami gunakan sangat mudah anda dapatkan.

Berikut gambar dari pembangkit listrik sederhana yang kami buat, jika anda tertarik untuk membuatnya silahkan anda baca  penjelasan berikut !

Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik sederhana  ini adalah hasil kreatifitas siswa kami, dan kami ingin  berbagi pengalaman kepada pembaca. Hasil karya ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai tugas siswa atau sebagai media belajar jika anda seorang guru IPA atau Fisika, karena pembangkit listrik sederhana ini salah satu bentuk penerapan konsep dari “Induksi Elektromagnetik” (Materi IPA kelas IX). Bahan yang kita gunakan untuk membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah sebuah dinamo kecil dengan tegangan 12 volt, dinamo kecil ini mudah anda dapatkan biasanya terdapat pada mobil mainan anak-anak. Kenapa dinamo bisa menghasilkan energi listrik? Karena didalam dinamo terdapat komponen yang terdiri dari magnet dan kumparan (lilitan kawat tembaga), magnet dan kumpara inilah sebagai sumber enrgi listrik timbul. Intraksi antara magnet dan kumparan akan menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik), kemudian menghasilkan energi listrik dan bisa menyalakan sebuah lampu.

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah :

1. Papan/kayu
2. Kaset CD bekas 4 buah
3. Karet gelang 2 buah
4. Karet sandal bekas
5. Dinamo kecil 12 Volt
6. Kabel ukuran kecil
7.  Lampu LED

Langkah  kerja pembuatan pembangkit listrik sederhana ini adalah :

  1. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuatnya.
  2. Potonglah papan sebagai tempat dudukan, sesuaikan ukuran menurut keinginan anda, jangan lupa anda buat juga tiang penyangga lingkaran pemutar dari kayu (untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambarnya.
  3. Jika papan sebagai dudukan dan tiang penyangga sudah jadi, silahkan anda buat lingkaran pemutar yang terbuat dari 2 buah kaset CD bekas dan bagian dalamnya dibuat lingkaran dari karet sandal bekas, untuk lingkaran pemutar silahkan anda buat 2 buah, seperti yang namapak pada gambar.
  4. Jika sudah jadi, silahkan anda pasang pemutar tersebut dengan paku
  5. Kemudian pasangkan dinamo dan kabel yang menghubungkan ke lapu LED
  6. Kemudian hubungkan pemutar 1 dengan yang ke-2 dengan karet gelang, jangan lupa hubungkan juga ke dinamo.
  7. Jika sudah selesai akan tampak bentuknya seperti pada gambar.

Sekian dulu penjelasan tentang membuat pembangkit listrik sederhana, semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa  anda terapkan sebagai media belajar IPA/Fisika.

Karya ini dibuat oleh siswa-siswa kreatif berikut !

20150305_110104

Dari kiri : Eli Sukmayanti, Nurul Hidayat, M. Nazri, M. Rizal Fahmi, dan L. Riyan Hidayat.

Siswa-siswi MTs Nahdlatus Shaufiah Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB Tahun Pelajaran 2014-2015

 

Untuk lebih jelasnya silahkan anda tonton videonya di YouTube klik disini

 

 

Catatan :

Dinamo adalah salah satu alat yang bisa menghasilkan energi listrik, karena dinamo tersusun atas magnet dan kumparan sebagai komponen penyusunnya, interaksi antara magnet dan kumparan inilah yang akan menimbulkan GGL induksi dan menghasilkan energi listrik, percobaan ini pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuan asal Inggris yaitu Michael Faraday.

 
 Jangan lupa kunjungi blog kami : www.wirahadiary.blogspot.com

17,235 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Wirahadi
Wirahadi

Guru sederhana yang ingin tampil istimewa di mata siswa :) Motto : "Kesuksesan tidak hanya diukur dari piagam dan prestasi, namun kesuksesan itu adalah ketika kita mampu memberikan manfaat untuk orang lain". Blog : http://www.wirahadie.com

View all posts by Wirahadi →

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!