18

Membuat Digital Book (Digibook) itu Mudah (+9)

Pak Sukani @gurumelekIT November 15, 2013

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat malam Guraru, bagaimana kabarnya? Semoga guraru dalam keadaan sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang “Membuat Digital Book (Digibook) Itu Mudah“. Artikel ini saya posting karena permintaan beberapa rekan guraru agar saya mengupas bagaimana caranya membuat digital book (digibook) pelajaran. Sebagai Contoh Karya Digibook yang telah Saya buat, Guraru dapat melihatnya dengan mengklik DISINI dan DISINI. Download semuanya GRATIS! he..he..he..

Untuk membuat digital book tersebut, kita dapat menggunakan software “Flipbook Maker Pro”. Pertama-tama kita download terlebih dahulu softwarenya lalu kita install di komputer. Jika Guraru belum memiliki software Flipbook maker pro, silahkan download dengan mengklik DISINI.

Guraru, Import dokumen yang diijinkan untuk dimasukkan ke dalam Flipbook maker ini adalah format PDF, Video, Image, dan SWF. Jika kita memiliki dokumen bentuk “Doc” maka harus diubah atau dikonversi terlebih dahulu menjadi format “PDF”.

Langsung saja guraru, langkah-langkah membuat Digibook yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :

1) Install dan buka software “Flipbook maker pro” dengan cara klik kanan dan open.

Di bawah ini adalah tampilan dari Software “Flipbook Maker Pro” :

3

2) Buka (open) dokumen format PDF untuk diimport ke dalam Flipbook maker pro. Lihat gambar di bawah ini!

4

3) Pilih “Auto” lalu klik OK.

5

4) Dokumen PDF terlihat sudah diimport ke dalam Flipbook melalui “Add File”. Urutkan halaman dokumen secara benar sesuai dengan apa yang diinginkan. Geser Page (halaman) PDF jika ingin memindahkannya dengan mendrag file tersebut dan tempatkan di posisi halaman yang diinginkan.

6

5) Klik “Page Edit”. Di dalam “Page Edit” terdapat 3 fasilitas yaitu element, clipart, dan effect.

7

6) Untuk fasilitas element terdiri dari add hyperlink, add text, add image, add hotspot, add swf, add video, add youtube dan add sound. Pilih sesuai dengan keinginan. Perhatikan “pointer” harus dipilih pada halaman berapa element ini akan disisipkan.

8

7) Fasilitas Page edit “Clipart” terdiri dari beberapa kategori yang berisi gambar animasi maupun gambar biasa. Adapun pilihan kategori tersebut adalah funny, animals, environments, festival, dan others. Lihat gambar di bawah ini!

9

8) Fasilitas Page Edit “Effect” terdiri dari beberapa effect yang dapat kita gunakan untuk memberikan effect seperti gelembung-gelembung udara, hujan air, hujan es, nada melodi dan lain-lain.

10

9) Klik “Design” untuk melakukan desain digital book yang akan dibuat. Flipbook maker pro memiliki berbagai macam pilihan design yang dapat kita pilih dengan tampilan yang luar biasa.

11

10) Klik “Advanced Setting” untuk melakukan settingan pada digital book yang akan dibuat. Perhatikan gambar di bawah ini!

12

11) Dalam “Advanced Setting” terdapat 2 fasilitas yaitu “Style dan Language”. “Style” memiliki beberapa macam pilihan settingan yang dapat digunakan agar digital book yang dibuat memiliki tampilan yang luar biasa.

13

12) Pilihan “Style” dapat dilihat dalam gambar di bawah ini, dimana terdiri dari : main settings, magazine, navigatorbar settings, botton setting, botton style, botton layout, preloader settings, table of contens, bookmarks, sound dan other settings. “Main setting” untuk menyetting judul (title), URL, Background dan lain-lain, “Sound” untuk memasukkan “suara atau lagu” dan seterusnya.

14

13) Klik “Language” untuk mensetting bahasa yang akan digunakan dalam digital book sesuai dengan apa yang diinginkan.

15

14) Mempublish digital book yang telah dibuat dengan mengklik “publish”. Ada 5 pilihan output publish yaitu format HTML, EXE, ZIP, APP dan ScreenSaver. Pilih output publish yang diinginkan lalu klik “Start”. Perhatikan gambar di bawah ini!

16

15) Publish berhasil jika muncul gambar seperti di bawah ini.

17

16) Simpan project pembuatan digital book yang telah dibuat di komputer sehingga sewaktu-waktu dapat di buka kembali. Perhatikan Menu “File” pada sisi kanan atas, terdapat pilihan new, open, save, save as, save as theme dan exit. Pilih “Save As” untuk menyimpan project, lalu berikan nama project  dan simpan di tempat yang diinginkan.

18

Mudah bukan Guraru untuk membuat digital book ? Kalau gini doang mah saya pasti BISA.? he…he…he…. (bisik guraru lainnya dalam hati). Selamat mencoba dan berkerasi Guraru. Semoga sukses..!!!

Demikianlah sharing saya pada malam  hari ini, semoga dapat memberikan manfaat. Saya menyadari bahwa tulisan saya ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, saya selalu melakukan perbaikan dan terus belajar. Tak ada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang sempurna.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Salam hormat,

foto anyar copy
Pak Sukani & Istri

21,456 total views, 5 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT
Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (18)

  1. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Ha…ha…ha…ha…bisa saja pak Isna. Waduh gak tahu itu pak. he..he…he…sepertinya harus belajar sama saya kali buat digibooknya agar buku-buku kur 2013 menjadi digibook semua.

    Saya lebih senang membuat sebuah karya dari hasil sendiri pak jadi konten-nya semuanya karya sendiri sehingga tidak hanya merubah format saja dari PDF ke digibook. Ok deh, usul yang bagus pak Isna akan segera dibuatkan digibook untuk buku-buku kur 2013. Jika ini bermanfaat kenapa tidak dilakukan. SEMANGAT!

    Terimakasih atas komentar dan kunjungannya.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!