Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Pengumuman Pemenang Artikel Pilihan 3 Besar di Bulan Juni 2014

Assalamualikum Wr. Wb. Selamat siang guraruers, semoga sehat selalu dan…

Selengkapnya

Lain-lain
Home > Kategori: > Membangun Motivasi Belajar Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat

Membangun Motivasi Belajar Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat (+2)

Penulis: Sigit Suryono
Kategori:

Pengertian belajar adalah berubah, maksudnya belajar adalah usaha mengubah tingkah laku. Selain itu belajar adalah suatu usaha untuk mengadakan perubahan menuju ke arah yang lebih maju dan perubahan itu didapat hanya karena adanya latihan-latihan yang disengaja. Keberhasilan prestasi belajar dapat dilihat dari prestasi belajar siswa.

Prestasi belajar siswa sebagai hasil dari proses belajar yang menghasilkan perubahan pada diri seseorang dan hasil perubahan dari belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, dengan ranah afektif berisi hal-hal yang berkenaan dengan minat dan sikap, ranah kognitif mengenai aspek intelektual atau fungsi pikir, dan ranah psikomotor mengenai ketrampilan motorik. Menurut taksonomi Bloom dalam ranah kognitif membagi menjadi enam jenjang atau tingkatan yang kompleksitasnya bertingkat, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Dalam proses pembelajaran, prestasi belajar yang diperoleh tiap-tiap siswa berbeda-beda. Penyebab perbedaan prestasi belajar tersebut terdapat dalam diri siswa dengan berbagai latar belakangnya. Banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seorang siswa, baik yang berasal dari luar siswa sehingga tidak jarang ditemui siswa dalam suatu kelas dengan guru yang sama, lingkungan yang sama, dan fasilitas yang sama namun hasil yang dicapai masing-masing siswa berbeda. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain adalah motivasi belajar siswa. Motivasi belajar dapat berasal dari diri dan kemauan siswa dapat pula dari stimulus-stimulus yang diberikan saat terjadinya proses pembelajaran. Stimulus yang diberikan oleh guru secara menarik, efektif dan efisien akan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Menurut Sardiman A.M (2000: 90-93) ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah, yaitu: memberi angka, hadiah, saingan/ kompetisi, ego-involvement, memberi ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, minat, dan tujuan yang diakui. Martinis Yamin (2004: 87-96) mengemukakan bahwa untuk memotivasi belajar siswa dapat dilakukan dengan: belajar melalui model, belajar kebermaknaan, melakukan interaksi, penyajian yang menarik, temu tokoh, mengulangi kesimpulan materi, dan wisata alam.

Dari beberapa teori diatas untuk menumbukan minat dan motivasi belajar siswa seorang guru harus mampu menciptakan suatu pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien, serta mampu menumbuhkan perasaan siswa akan pentingnya pelajaran tersebut. Salah satu solusi untuk menciptakan pembelajaran yang baik dan menarik adalah dengan mengemas materi pelajaran dalam suatu media pembelajaran yang dikemas dengan menarik, dan memenuhi unsur-unsur desain pembelajaran yang telah ditentukan.

Fungsi media Pembelajaran antara lain adalah:

1.Membuat kongkrit konsep yang abstrak

2.Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting

3.Memberikan pengganti pengalaman langsung

4.Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati 5.Memberikan pengalaman segi pengamatan

6.Menyajikan perbedaan warna secara visual, dan

7.Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.

Macam-macam media pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sangat banyak antara lain Media Presentasi, Media Interaksi, Jejaring Sosial, dan lain sebagainya. Pemilihan media yang tepat sesuai dengan sasaran pengguna akan meningkatkan motivasi belajar anak, tetapi jika sebaliknya dalam menentukan media tidak tepat akan dapat menyebabkan turunnya motivasi pada anak.

169 total views, 1 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Pengelola Guraru

    Terima kasih pak @ciget02 :), memang penting ya peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak..

    Pengelola Guraru Komentar pada June 5, 2012 11:31 pm

  2. Avatar of Iwan Sumantri

    Menarik sekali artikelnya Pa Guru !

    Iwan Sumantri Komentar pada June 6, 2012 2:37 am

  3. Avatar of lalu alfian

    guru itu memang adalah salah satu faktor penting untuk perkembangan seorang anak didik, smoga akan semakin banyak muncul guru yang terampil dan kreatif di indonesia amin

    lalu alfian Komentar pada June 6, 2012 2:50 am

  4. Avatar of Botaksakti

    Saatnya menjadi guru sebenar-bearnya guru! Salam!(panen opo, Pak, Bambang Lipura?)

    Botaksakti Komentar pada June 6, 2012 3:04 am

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit