3

Membangun E-Learning Historia Book Sebagai Media Pembelajaran Sejarah (+3)

Muhammad Alim May 20, 2017

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan cepat dari waktu ke waktu. Teknologi yang sangat canggih saat ini merupakan hasil dari sebuah pengembangan dan penyempurnaan sebuah teknologi yang dinilai kurang atau perlu dibenahi untuk menyesuaikan tuntutan zaman. Pemanfaatan dari sebuah teknologi informasi dan komunikasi dalam sebuah bidang pendidikan tidaklah hal yang baru, namun sebagai pendidik haruslah tetap selektif untuk menggunakan sehingga tujuan awal dari sebuah belajar pembelajaran tercapai dengan baik. Pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan sebagai media pembelajaran, sumber belajar, administrasi pendidikan dan analisis dan/atau pemantau kualitas sebuah pendidikan. Media pembelajaran adalah salah satu yang dua samapi tiga tahun terakhir menjadi paling dikembangan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan media pembelajaran berbasis TI dikembangkan oleh mahasiswa, guru, dosen dan beberapa pihak yang ingin pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Perlu diketahui sebagai informasi, bahwa pengembangan dan pembangunan/pembuatan media pembelajaran itu sangat berbeda. Jika pengembangan maka media tersebut sudah pernah dibuat dengan tipe atau karakter yang sama atau hampir sama, namun jika belum terdapat media tersebut maka dinamakan pembangunan/pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat dipakai di penelitian tindakan kelas atau sering disebut PTK harus sudah pernah dikembangkan, seandainya menggunakan media pembelajaran baru seharusnya melalui metode R&D dan dilanjutkan metode PTK. Media pembelajaran berbasis TI harus perhatikan kemutakhirannya, karena perkembangan TI sangatlah cepat. Media yang dikembangkan sebaiknya bermanfaat kurang lebih dua tahun, hal ini agar bisa rasakan manfaatnya oleh berbagai pihak khususnya sasaran produk. Misalnya guraru.org yang dirasa manfaatnya oleh guru-guru dan pihak-pihak lingkungan pendidikan.

Media pembelajaran selain memperhatikan kemanfaatnya haruslah diperhatikan dari keterjangkauan, kemudahan, dan keefektifannya. Pemerintah dalam hal ini cukup memperhatikan bidang internet sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia keseluruhan, dengan fasislitas yang lebih baik segala informasi dapat diakses lebih mudah. Media pembelajaran berbasis teknologi informasi khususnya dibidang yang memanfaatkan internet mulai bermunculan. Kesempatan yang diberikan jurusan kepada penulis untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis TI untuk jurasan sejarah memiliki kesulitan dan kepuasan tersendiri. Latar belakang sejarawan tidak menutup kemungkinan untuk mempelajaran script suatu CMS untuk di modifikasi sehingga dapat dimanfaat untuk media pembelajaran sejarah.

Historia book merupakan media pembelajaran berbasis website yang dikembangkan dengan CMS dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik (mahasiswa) sehingga produk yang dikembangkan tidaklah asal-asalan saja. Historia book dikembangkan memlaui observasi awal untuk mengetahui problem yang dirasakan oleh peserta didik. Berikut data observasi awal (Alim, 2017: 03) “…website pembelajaran online 82,5% bermanfaat. Penggunaan website pembelajaran online dalam satu minggu berjumlah 52 % yang berarti tidak sering dan 87,5% dibutuhkan website pembelajaran online…”. Data tersebut menunjukan bahwa memang dibutuhkan website pembelajaran online untuk sejarah. Beberpa masukan dan problem yang sampaikan peserta didik antaranya terlalu sulit website pembelajaran, tidak terdapat forum, ebook, video dan fitur lainnya dalam satu website, sehingga membuat peserta didik merasa kesulitan. Dari data dan keluhan yang ada maka terpilihlah historia book yang memiliki berbagai fitur dalam satu media sehingga belajar pembelajaran antara pendidik dan peserta didik atau/dan peserta didik dengan teman sebaya lebih efektif dan efesien. Berikut merupakan story board dari media historia book yang dikembangkan:

5

Dari story board tersebut maka didesain media pembelajaran dari paling dasar warna, logo dan gambar sampai keefektifan penggunaan script semua bertujuan memaksimalkan kinerja media pembelajaran. Spesifikasi produk sebagai berikut:(Sumber Gambar: alim, 2017: 33)

  1. Nama website pembelajaran online adalah Historia Book.
  2. Historia Book sebagai website pembelajaran online mudah dioperasionalkan oleh semua peserta didik dan pendidik.
  3. Website didesain dan dibangun dengan sistem manajemen konten (Conten Management System). Sistem manajemen konten yang digunakan adalah Jcow versi 8.
  4. Website dikembangkan sebagai pembelajaran online. Website pembelajaran online ini dilengkapi dengan kelas yang dapat dibuat oleh pendidik dan peserta didik, forum yang dapat digunakan untuk diskusi secara umum. Desain dan navigasi menu Historia Book secara umum seperti website belajar online pada umumnya.
  5. Domain yang digunakan Historia Book adalah domain internasional (.com, dan/atau .net) agar mudah dicari oleh mesin pencarian.

Media pembelajaran sebaiknya melalui tahapan validasi materi dan media sehingga produk yang berupa media dalam berbagai aspeknya dalam kategori layak dan/atau sangat layak. Hasil dari validasi media tersebut menunjukkan rata-rata 92.5% dengan kategori sangat layak dan 95% untuk materi dengan kategori layak Tahapan validasi selesai maka uji coba lapangan yang terdiri dari kelas kecil dan besar untuk memastikan bahwa media pembelajaran valid secara implementasinya bukan saja secara teori (validasi ahli).

Hasil dari uji coba media pembelajaran historia book cukup memuaskan bahkan sangat memuaskan untuk kategori media pembelajaran yang dibangun dengan sederhana.

Hasil dari kelompok kecil rata-rata menunjukan kategori sangat layak yaitu 92.75% dan kelompok kecil menunjukan layak dengan rata-rata 85.15% (Alim, 2017: 46-49).

Bagi pendidik yang berkeinginan membuat website/e-learning dengan CMS Jcow dengan lingkup mata pelajaran, mgmp, sekolah dan lainnya bisa unduh atau akses turorial (ebook) yang sudah penulis buat dan gratis, berikut link ebook via google drive (https://drive.google.com/file/d/0B-o8D45rVsw4cjdmTHdfdng5dnM/view).

berikut tampilan tahap akhir dari pengembangan historia book

Tampilan Depan HB

2

Menu-menu yang ada di HB

4

Tampilan Video HB

1

Tampilan Ebook HB

3

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

971 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!