4

Memanfaatkan LINE dan INSTAGRAM Sebagai Ruang Belajar Fisika (+4)

Wasril Tanjung May 19, 2017

DSC_0006

Dampak dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dapat dilihat dari banyaknya anak-anak menggunakan handphone yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang saat ini sangat aktif di internet. Dari pengalaman penulis menjadi wali kelas di SMP IT Nurul ‘ilmi Jambi, banyak orangtua murid melaporkan bahwa anaknya lebih sering membuka handphone daripada membuka buku. Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi guru dalam memotivasi siswa untuk belajar.

Ketika teknologi informasi sedang berkembang pesat, maka yang mestinya dilakukan oleh guru adalah memanfaatkannya untuk membantu tercapainya hasil pembelajaran. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya guru untuk mengarahkan siswa agar dapat beradaptasi dengan zamannya. Pemanfaatan yang dimaksudkan disini bukan hanya sebagai media pembelajaran langsung di dalam kelas, namun bisa juga sebagai media memfasilitasi anak untuk belajar.

16195691_1820178964914297_5647730188795993765_n

Banyak fitur internet yang saat ini digunakan oleh anak-anak, seperti media sosial, games, youtube, blog, dan website. Menurut Survei yang dicantumkan di website resmi Memkominfo RI menyebutkan bahwa pengguna internet dan media sosial paling tinggi di dunia didominasi oleh anak-anak dan remaja. (https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker). Data ini tentu dapat dijadikan dasar bagi pendidik untuk memanfaatkan media sosial dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan survei tersebut, maka penulis memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menyampaikan materi fisika kepada siswa. Hal ini karena siswa lebih sering membuka media sosial dibandingkan TV ataupun buku. Maka kondisi ini dapat digunakan untuk mendominasi postingan yang muncul di media sosial siswa dengan video tutorial pembelajaran fisika.

Aktivitas siswa belajar di kelas dengan menggunakan Instagram

Media sosial yang penulis manfaatkan adalah Instagram dan LINE. Ada beberapa alasan mengapa penulis memilih memanfaatkan Instagram dan LINE sebagai media pembelajaran. Yakni;

  1. Mayoritas siswa SMP IT Nurul ‘Ilmi Jambi telah memiliki HP android
  2. Mayoritas siswa SMP IT Nurul ‘Ilmi Jambi telah memiliki akun Instagram dan LINE serta aktif mengoperasikannya. Hal ini berdasarkan observasi yang penulis lakukan sebelumnya ke seluruh siswa
  3. Siswa-siswi SMP IT Nurul ‘Ilmi Jambi berdomisili di daerah perkotaan, sehingga jaringan internet lumayan baik
  4. Instagram dan LINE dapat digunakan untuk mengupload materi pembelajaran yang bersifat dinamis (video tutorial). Sehingga siswa tidak jenuh saat memahami materi
  5. Pemanfaatan Instagram dan LINE untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa memungkinkan akan terjadi komunikasi dua, tiga, dan bahkan puluhan arah antara guru dan siswa dengan cepat. Karena setiap postingan dapat dilihat oleh seluruh anggota grup LINE.
  6. Instagram dan LINE memang bukanlah media pembelajaran yang tepat digunakan untuk pembelajaran di kelas. Namun, waktu yang mereka habiskan di rumah justru paling banyak berinteraksi dengan android. Sehingga penyampaian materi dapat dilakukan dengan maksimal melalui video tutorial yang dikirim via Instagram dan LINE.
  7. Dengan memanfaatkan Instagram dan LINE sebagai wadah belajar, guru tidak perlu repot-repot lagi mengulangi penjelasan materi kepada siswa yang tidak hadir sekolah atau tidak online saat kegiatan diskusi pembelajaran via Instagram dan LINE berlangsung. Cukup dengan meminta siswa untuk membuka kiriman video materi sebelumnya.
  8. Penulis adalah pengampu pelajaran fisika. Hal tersulit yang dialami siswa saat belajar fisika adalah lamanya waktu yang dibutuhkan siswa untuk memahami penjelasan guru saat membahas contoh soal. Maka dengan adanya video tutorial yang dikirim via Instagram dan LINE, siswa dapat menonton berkali-kali video pembahasan soal hingga siswa mengerti. Hal ini dapat mengefisiensikan waktu penyampaian guru.
  9. Kiriman yang telah dikirim di Instagram dan LINE tidak akan hilang selama guru tidak menghapusnya. Jadi, bagi siswa yang hilang catatan saat hendak ujian bukanlah hal yang menakutkan lagi.
  10. Sebagai sarana menghadirkan suasana belajar era digital kepada siswa. Khususnya via media sosial. Sehingga memicu siswa memanfaatkan media sosial untuk tidak sekedar hiburan, namun juga sumber belajar.

Dilatarbelakangi hal di atas, maka penulis menyusun pola kegiatan pembelajaran fisika via Instagram dan LINE. Kegiatan pemberian materi rutin diadakan tiap sabtu malam. Namun, bagi siswa yang ingin bertanya mengenai materi pembelajaran, waktu tersedia kapanpun itu. Adapun deskripsi kegiatannya adalah sebagai berikut;

1. LINE

my_group_1495080209267

Guru memanfaatkan LINE sebagai sarana diskusi dengan siswa. Guru membuat grup LINE dengan nama “FISIKA angkatan 6” yang anggotanya terdiri atas siswa kelas 9 SMP IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Di grup ini, guru memberikan video-video tutorial pembelajaran fisika tentang materi yang akan atau yang telah dibahas di sekolah. Terkadang, video tutorial yang diberikan berdasarkan request dari siswa.

1495147934549[1]

Di grup ini, setiap siswa diberikan kebebasan untuk bertanya mengenai materi atau pembahasan soal yang belum dimengerti oleh siswa. Seluruh video tutorial dibuat langsung oleh guru berdasarkan kebutuhan siswa, bukan berdasarkan video yang telah tersedia di internet. Sehingga grup LINE benar-benar dapat menjawab permasalahan siswa mengenai materi pembelajaran.

1495080967551 1495147731177 1495147748381 1495147762835 1495147942789 1495147962756

2. Instagram

Guru memanfaatkan Instagram sebagai sarana memposting materi pembelajaran yang dianggap penting untuk diketahui oleh siswa. link instagramnya adalah https://www.instagram.com/wasriltanjung/. Terkadang guru membuat games berupa soal tantangan. Bagi siswa yang dapat menjawab soalnya dengan tepat maka akan diberikan reward. Kegiatan ini dapat diikuti oleh siswa kelas 7, 8 dan 9. Sedangkan ruang diskusi di LINE hanya terbatas kelas 9 saja. Karena penulis hanya mengajar Fisika kelas 9.

Screenshot_2017-05-18-11-07-30[1]

Video tutorial yang diupload di Instagram juga penulis upload ke Facebook dan Youtube. Sehingga lebih banyak sarana yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengakses video yang telah disiapkan oleh guru dalam menyampaikan pembelajaran fisika.

Untitled

Bahkan tak jarang orangtua siswa yang memiliki akun Instagram pun melihat aktivitas dan memberikan semangat kepada anaknya yang berpartisipasi aktif menjawab soal yang diberikan.

vnm

Selain sebagai sarana guru untuk mengupload video tutorial pembelajaran, instagram juga dimanfaatkan guru untuk memposting aktivitas siswa di kelas saat pembelajaran fisika.

g

bnm

Selain itu, penulis seringkali memposting nama-nama siswa yang mendapatkan nilai tertinggi saat ujian. Mereka sangat bangga saat nilainya diketahui oleh teman-temannya

xg

Dengan guru memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan materi pembelajaran, maka diharapkan postingan-postingan yang muncul di beranda media sosial siswa adalah materi pembelajaran. Instagram dan LINE yang biasanya hanya sebagai sarana komunikasi dan hiburan, maka dengan adanya postingan guru yang edukatif akan menjadi sarana mendapatkan ilmu bagi siswa.

jgfasbmassa

Demikianlah pengalaman penulis dalam memanfaatkan Instagram dan LINE dalam pembelajaran fisika di SMP IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Semoga dapat menginspirasi para guru di seluruh Indonesia.

Contoh-contoh Video yang diupload di LINE dan Instagram

 

Penulis : Wasril Tanjung, S.Pd (Guru SMP IT Nurul ‘Ilmi Jambi)

Instagram : @wasriltanjung

Facebook : Wasril Tanjung Al-Ardvici II

Line : wasriltanjung

Twitter : @was_riel

 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

 

827 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!