3

Memanfaatkan internet untuk menjual keahlian kita (+1)

Anotherorion October 16, 2015

Jaman dari Internet of Things sudah dimulai, disini kita bisa menemukan berbagai hal yang kita perlukan. Googling wae, itu adalah ungkapan bahwa ketika kita memiliki sebuah persoalan, internet dapat membantu kita menemukan jawaban dari persoalan tersebut. Sebagai pengguna internet kita bisa mendapatkan informasi penting bahkan hal paling dirasa tidak terlalu penting sekalipun. Misalnya; cara memakai tali sepatu yang benar, atau cara memakai dasi yang benar.

Serius, cara memakai dasi bukanlah sebuah persoalan hidup dan mati, dan bisa dibilang hanya persoalan kecil dalam hidup ini. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak dari kita yang belum bisa memakai cara dasi yang benar, dan hal tersebut akan berdampak cukup besar jika kita terpaksa harus menghadiri undangan resmi yang mengharuskan memakai baju formal dengan jas dan dasi.

Karena itu tidaklah heran jika anak-anak muda kita, mulai pelajar dan mahasiswa menggunakan fasilitas kamera handphone dan komunikasi paket data untuk mengupload tutorial cara memakai dasi yang benar. Oh ya bukan hanya memakai dasi lho, saya pernah menemukan sebuah artikel di internet tentang panduan cara naik pesawat terbang untuk pemula!

Hellow, berasa gak penting banget sih, apa susahnya naik pesawat terbang? tinggal beli tiket online terus datang ke bandara sebelum pesawatnya lepas landas, dadah dadah sama keluarga / sopir taksi yang mengantarkan kita ke bandara. Yes, highly, correct. Toh buat orang-orang yang belum pernah naik pesawat terbang selain yang diparkir di Museum Dirgantara Yogyakarta seperti saya ini hal tersebut penting lho bapak dan ibu guru, biar gak terlalu kikuk sewaktu tiba di bandara.

internet green technologies ideaDengan ikut memproduksi konten di internet, ada peluang yang bisa kita ambil. Pertama adalah menjual personal branding kita, membuat orang-orang dari berbagai penjuru nusantara dan dunia mengenal kita dan apa yang kita lakukan. Apa keahlian kita. Kedua turut serta memberikan informasi kepada orang lain yang membutuhkan, ingatlah bahwa sekecil apapun ilmu kita yang bermanfaat bagi orang lain akan mendatangkan pahala bagi kita. Ketiga mendatangkan keuntungan bagi kita, baik dalam bentuk materi maupun non materi.

Keuntungan materi yang bisa kita dapat dari internet sangat bergantung pada branding yang mampu kita angkat di internet. Beberapa rekan guru disini tentu sudah banyak dikenal sebagai motivator atau trainer pelatihan-pelatihan dan diundang menjadi pembicara di berbagai sekolah/kota lain. Rekan yang lain mampu menghasilkan penjualan produk baik berupa buku, software maupun barang/jasa lewat dunia internet.

Saya sendiri dengan pengalaman blogging sejak tahun 2005, saat ini sudah beberapa kali mendapatkan tawaran job review maupun content placement dari berbagai perusahaan di Indonesia, beberapa perusahaan malah telah mengikat kontrak jangka panjang sebagai copywriter. Selain dari copywriter saya juga mendapatkan pemasukan dari bisnis periklanan adsense maupun jaringan affiliasi e-commerce.

Dengan demikian, internet bukanlah lagi sebuah sarana untuk mencari informasi, tetapi juga sebagai wahana untuk memperoleh tambahan penghasilan. Yang susah adalah mengubah mindset masyarakat kita, bahwa bekerja haruslah identik dengan melamar dan mengabdikan diri pada sebuah instansi / perusahaan. Padahal, saat ini disekitar kita, banyak sekali anak-anak muda yang telah berhasil mencetak penghasilan bulanan puluhan juta rupiah dengan menjadi freelance maupun netpreneur.

Selamat berinovasi dan menjadi pelopor netpreneur untuk anak didik kita.

Salam

Priyo Harjiyono, S.Pd

anotherorion.com

twitter: @anotherorion

FB: @anotherorion

1,763 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.