0

Memahami Paragraf Deskripsi Dalam Tatanan Bahasa Indonesia (0)

Benben Lim February 3, 2017

Sebagai salah satu bidang studi yang selalu dicantumkan pada list mata pelajaran Ujian Nasioal, memahami Bahasa Indonesia tentu saja menjadi satu keharusan. Terlebih, Bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu bagi penduduk Indonesia.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia itu sendiri dibahas beberapa materi penting seperti mengenai paragraf deskripsi. Lalu, apa paragraf deskripsi itu?

Paragraf deskripsi merupakan salah satu jenis paragraf dalam Bahasa Indonesia yang secara spesifik menjelaskan serta menggambarkan satu objek tertentu. Tujuan dari penggambaran secara spesifik dalam paragraf deskripsi ini adalah agar membuat pembaca merasa secara langsung melihat sendiri objek yang dideskripsikan.

Baca juga: Jenis-Jenis Majas Bahasa Indonesia

Contohnya seperti menggambarkan tentang suasana kelas, lengkap dengan warna dinding kelas, menyebutkan secara rinci benda apa saja yang ada dikelas tersebut, bagaimana situasinya, dll.

Dengan demikian, ciri-ciri dari pargraf deskripsi itu sendiri adalah menggambarkan objek secara rinci dimana panca indra dilibatkan didalamnya.

Paragraf deskripsi merupakan salah satu materi yang sering muncul pada soal Ujian Nasional. Dengan demikian, untuk lebih memahami seperti apa paragraf deskripsi, berikut contohnya:

Contoh Paragraf Deskripsi:

Senin, tepat jam 07:28 itu aku sampai tepat di depan gang menuju sekolah. Dengan tergesa-gesa, aku berlari menelusuri gang kecil berukuran 1,2 meter yang jaraknya sekitar 170 meter dari sekolahku. Meski hujan rintik menemani setiap jejak kakiku, aku tetap berlari tanpa menghiraukan setiap pasang mata yang terarah kepadaku.

Ya, gang yang juga dekat dengan pemukiman warga itu memang tak jauh dari sekolahku. Maka wajar saja jika sepanjang aku berlari menuju sekolah, tidak sedikit dari mereka yang terheran melihatku dengan seragam putih biru masih saja diluar sekolah disaat seharusnya aku sudah mulai mengikuti jam pelajaran ke 2.

Tapi aku tidak menghiraukan setiap tatapan penuh tanda tanya mereka. Aku tetap berlari sambil sesekali mengambil botol tupperware berwarna biru di tasku lalu meminum air putih didalamnya. Akhirnya, tepat jam 07:37 aku sampai digerbang sekolah meski dalam keadaan sepi mengingat siswa-siswi pasti sedang mengikuti pelajaran.

Dari contoh diatas, dapat dilihat bahwa penulis mendeskripsikan suasana di gang ketika ia berlari-lari menuju sekolah.

Penerapan paragraf deskripsi banyak digunakan di berbagai karya tulis, terutama yang sifatnya fiksi, seperti penulisan cerpen. Dalam dunia digital marketing sendiri, metode penulisan artikel ini juga banyak digunakan untuk content marketing. Menurut Datamaya Consulting, salah satu konsultan jasa SEO di Indonesia, penulisan artikel menggunakan paragraf deskripsi akan membuat sebuah artikel lebih natural, tidak membosankan untuk dibaca, dan membuat visitor website tertarik untuk share di berbagai social media seperti Facebook.

Baca juga: Mereka yang Mendadak Terkenal Melalui Social Media

Inilah salah satu bentuk kekayaan budaya bangsa Indonesia dimana bahasa yang dimiliki ternyata memiliki banyak keragaman yang bisa dipelajari, tidak kalah dengan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Salah seorang guru Bahasa Inggris di bilangan Jakarta Selatan juga mengakui hal tersebut, dimana profesinya sebagai pengajar les bahasa Inggris tidak membuatnya lupa akan nilai-nilai budaya Bahasa Indonesia.

Demikian definisi serta contoh dari paragraf deskripsi.
Semoga bermanfaat.

2,687 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!