2

Memahami Konsep Matematika dengan Melek IT (+2)

novi komariyatiningsih May 29, 2017

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang masih menjadi momok buat siswa.  Pada waktu awal mengajar, saya tanyakan mengenai perasaan siswa terhadap pelajaran matematika, hasil yang saya terima adalah mayoritas siswa berkata matematika itu sulit.  Lantas saya katakan pada siswa, “matematika tidak sesulit yang mereka pikirkan, langkah awal cobalah untuk mencintainya, kenali dia dengan baik, dan ibu sebagai guru pengampu bidang studi akan membantu mereka mengubah paradigma matemaika yang sulit menjadi matematika itu mudah dan menyenangkan”.

Di awal pertemuan dengan kelas XI IPA,materi yang dipelajari saat itu adalah mengenai penyajian data.  Materi ini sudah pernah dipelajari oleh siswa sebelumnya saat di tingkat SMP.  Saya gunakan pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa sebelumnya sebagai apersepsi, yang kemudian saya kaitkan dengan kehidupan nyata, diantaranya dimana dapat dijumpai diagram-diagram, dan bagaimana membacanya.  Kemudian saya mengajak siswa untuk mengumpulkan data, yang kemudian menyajikannya ke dalam bentuk diagram.  Saat data disajikan ke dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis tidak terlalu bermasalah, namun saat diminta disajikan ke dalam diagram lingkaran, siswa mengalami kesulitan. Akhirnya saya tangguhkan dulu pelajaran pada hari itu untuk diagram lingkaran. Saya minta siswa untuk membawa laptop untuk digunakan pada pertemuan selanjutnya.

Waktu yang dinanti tiba, saya sudah persiapkan materi yang akan disajikan pada hari itu adalah “menyajikan data ke dalam diagram lingkaran”, dan dalam pembelajaran saya memanfaatkan teknologi, yakni laptop.  Berhubung tidak semua siswa memiliki laptop, pembelajaran saya buat berkelompok. Sebelumnya siswa diberi tugas mengumpulkan data berat badan teman sekelompoknya,  yang kemudian data tersebut disajikan ke dalam bentuk diagram. Dari data yang telah diperoleh saya membimbing siswa menyajikan data tersebut dengan memanfaatkan “Microsoft Excel” yang sudah tersedia di dalam laptop siswa, sebagaimana yang terlihat pada gambar.

20150212_120800Dari gambar, terlihat bahwa siswa bekerja dalam kelompok, memperhatikan proses penyajian data hinga akhirnya tampil diagram yang diinginkan.  Saya mengajak siswa untuk memahami konsep diagram lingkaran dengan memanfaatkan tools yang terdapat didalam “Microsoft Excel”  hingga siswa dapat memahami bagaimana cara menyajikan data ke dalam bentuk diagram lingkaran.  Setelah siswa berhasil menyajikan data ke dalam diagram lingkaran, saya biarkan siswa untuk bereksplorasi, memberikan warna dan nilai pada setiap juring yang terbentuk, kemudian melakukan pengamatan terhadap hasil yang diperolehnya. Selama pembelajaran, saya temukan siswa menjadi melek IT terhadap laptop yang dimilikinya, yang selama ini laptop tersebut hanya digunakan untuk nonton ataupun mengetik teks dengan Microsoft Word.

Penggunaan teknologi mempermudah saya dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika kepada siswa, selain itu siswa pun dapat dengan mudah memahami konsep matematika dari materi yang disampaikan.  Walaupun tempat saya bertugas tidak banyak siswa yang memiliki faslitas teknologi (dalam hal ini laptop), namun saya berusaha memberdayakan siswa yang memiliki fasilitas tersebut untuk memanfaatkannya dengan baik sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik, dan siswa dapat “Melek IT”.

“Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

843 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. kadang kita memang tidak harus menggunakan it yang rumit untuk membantu siswa ya bu, dengan excel kita bisa menjadikan pembelajaran lebih menarik

    salam kenal bu novi

    akhirnya bisa masuk juga ya mas nur cholis heeeee……
    pembelajaran yang kreatif nih,
    selamat juga buku papan dan kapurnya, sy belum sempat gabung heeeee….

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like fiacebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar