11

Melihat Traffik Pengunjung Blog (+4)

cekgurizal February 22, 2014

Mungkin kita semua sudah mengetahui fungsi widget yang satu ini, traffik pengunjung. Ehm, apa hebatnya kok harus dikupas tentang traffik pengunjung. Jangan salah Kebermanfaatan artikel yang kita tulis sebenarnya dapat kita lihat dari traffik pengunjung ini.

Traffik pengunjung adalah widget yang memberikan gambaran tentang artikel yang sering dikunjungi bisa perhari, perminggu atau perbulan. Selain itu juga memberi gambaran tentang asal pengunjung dan sumber lalu lintas (maksudnya pengunjung dari google.com atau google.co.id ketemu blog kita).

Dari sekian banyak artikel yang kita posting di blog yang kita kelola sebagai media pembelajaran online atau sebagai media guru berbagi sesama guru, siswa dan blogger umumnya. Melalui widget ini, kita akan mendapat gambaran seberapa bermanfaatnya artikel yang telah kita tulis. Setiap guru ataupun blogger akan selalu memiliki keinginan bagaimana ide kraetif, obrolan, ataupun berbagai jenis artikel yang telah dituangkan dalam wadah blog ingin dibaca oleh orang lain. Jangan saking asiknya menulis kita tidak memperdulikan artikel itu dibaca atau tidak oleh orang lain dengan asumsi sing penting nulis. Apa gunanya senyum sementara orang lain tidak melihat seyumanmu.. Walau terkadang senyum sendiri itu menghilangkan stress tapi jangan keseringan cengenges sendirian wah bisa gawat. (jangan-jangan dianggap orang gila lagi heheheh..)

Nah untuk melihat top artikel kamu (khusus blogspot.com) kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

  1. login dengan email dan pasword
  2. dashboard pilih statistik

Dari widget ini akan memberikan gambaran artikel yang kita tulis apakah telah sesuai dengan keinginan kita yaitu saling berbagi sesama guru di Indonesia. Biasanya artikel yang sesuai dengan pelajaran yang kita ampu atau artikel tentang pendidikan biasanya pengunjungnya adalah orang akademisi atau guru walau tidak mustahil orang nyasar. Sedangkan artikel tentang blogger dan tipsnya biasanya orang awam yang notabene bukan seorang guru.

Agar widget ini muncul di sidebar, boleh ditambah widget atau gadget pada pengaturan tataletak diblogspot dengan menambahkan gadget entri populer.

Penulisan artikel di blog seorang guru bisa saja mengenai artikel pembelajaran, pengalaman ataupun keluh kesah seorang guru. Tapi jangan salah artikel mengenai tips dan trik seputar blogger yang tidak lekang dengan waktu  juga banyak peminatnya. Beranjak dari artikel tips blogger tersebut artikel pendidikan kita akan tersebar awalnya melalui blogger awam. Jadikan tips dan trik blogger sebagai penyedap sajian artikel kita di blog. Jangan hiraukan nanti ada yang nyeletuk, ini blog guru atau blog gado-gado tidak masalah. Target pengunjung blog kita bukan hanya orang yang berpikiran seperti itu, masih banyak pembaca artikel kita diluar sana jutaan orang malah.  Eh kok menyimpang dari topik, heheh..

Berikut ini akan saya share contoh traffik pengunjung blog

statistik pengunjung bjgp-rizal

Dari hasil analisis ini walaupun saya memiliki artikel yang saya daftarkan di berbagai kontes SEO ternyata tidak serta merta artikel tersebut menjadi top artikel walaupun artikel tersebut berada di page 1 pencarian google.co.id. Selain itu dari widget ini kita juga mengetahui siapa pengunjung blog kita dari kalangan akademis seperti guru atau blogger yang bukan guru. Dari ilustrasi diatas dapat kita lihat. Dari 10 artikel terpopuler materi tentang pelajaran ataupun yang berkaitan dengan guru sebanyak 5 artikel sedangkan artikel yang berkaitan dengan para blogger juga sebanyak 5 artikel.

Walaupun artikel kita tidak dioptimasi seperti layaknya kontes SEO ternyata juga sanggup menjadi best artikel atau postingan yang paling banyak dibaca oleh pengunjung. Kebermanfaatan artikel yang kita tulis sebenarnya dapat kita lihat dari traffik pengunjung ini. Menulislah di blog agar bisa berbagi dengan orang lain. Apakah artikel yang kita publish melalui blog yang kita kelola sudah sesuai dengan keinginan kita sebagai blog guru berbagi.. sesama guru di Indonesia. Coba kita renungkan dengan mengecek widget pengunjung blog kita. Jika belum sesuai mulailah menulis  lebih baik di blog. Contoh cara menulis lebih baik di blog dapat dibaca pada artikel sebelumnya oleh Labkreasi.com (Teknik ini sangat SEO di WP sehingga cepat terdeteksi di google).

Diulas ulang pada Top Artikel dari Traffik Pengunjung

1,679 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (11)

  1. ia Pak Namin, dari 10 artikel Kontes SEO yang saya ikuti hanya satu yang masuk kategori 10 besar perminggu. Padahal artikel kontes SEO yg lain dgn keyword Penyelenggara di page 1 google. Ternyata Artikel berbau pendidikan dan tips blogger tetap artikel yg paling banyak dicari…

  2. Pak tri GP. Mulailah menulis dengan berkualitas SEO, bukan hanya menulis biasa sehingga idemu akan tersebar ke segala penjuru … apalagi blogger pelosok seperti saya yang jauh darikota metropolitan, lebih mudah eksis di dunia maya dibanding aktifitas offline. Selain jarak yg jauh biaya transport sdh pasti menjadi kendala…
    Untung ada Guraru.org yang sudi memfasilitasi dan memberi reward guru seperti saya.. heheh…

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar