2

Melesatkan Kreativitas Anak Usia TK (Taman Kanak-kanak) dengan Pembelajaran Komputer yang Menyenangkan (+1)

Fitta A. May 31, 2017

Dinegara-negara maju seperti Amerika Serikat, Australia dan Singapura sudah tidak menjadi hal yang aneh jika anak-anak usia TK (4-6 tahun) sudah dikenalkan dengan teknologi komputer. Bahkan di Negara bagian China tepatnya di Hongkong (seperti dilansir kantor Berita BBC) anak-anak usia prasekolah sudah dikenalkan dengan coding/bahasa pemograman sederhana. Para orang tua disana sadar akan kemajuan industri digital yang maju begitu pesat dan mereka ingin anak-anaknya kelak siap menghadapi dunia digital masa depan. Begitu pula di Inggris didalam kurikulum Nasionalnya mengharuskan anak-anak berusia lima tahun keatas diajarkan dasar-dasar pemograman sederhana.
Wah, lalu bagaimanakah dengan anak-anak TK di Indonesia? Apakah Indonesia sudah mempersiapkan generasi ‘kreator’ dunia digital masa depan? Jangan sampai generasi mendatang hanya menjadi ‘konsumen’ kemajuan dunia digital.

Manfaat Pembelajaran Komputer Sejak Dini

Anak-anak TK belajar komputer di lab komputer

Anak-anak TK belajar komputer di lab komputer

Sejauh pengamatan penulis, sekolah-sekolah yang memandang perlunya pengenalan pembelajaran komputer usia dini belum begitu banyak apalagi sekolah yang mengadakan program pengenalan bahasa pemograman sederhana sejak dini. Pada umumnya orang tua di Indonesia masih mempunyai kekhawatiran takut anak-anaknya akan ketagihan main games jika dikenalkan dengan teknologi komputer sejak dini. Padahal pembelajaran komputer di usia dini khususnya usia TK bukan melulu tentang bermain games tapi juga diarahkan untuk belajar mengenal huruf, mengenal angka, mengenal bentuk bangunan, mengenal konsep berhitung bahkan menciptakan gambar dari software menggambar digital seperti Microsoft Paint. Jika dikaji lebih dalam sebenarnya pembelajaran komputer di usia TK banyak mendatangkan manfaat. Berikut 10 manfaat pembelajaran komputer usia TK yang ditulis oleh Jean R. Feldman PH.D. pakar pendidikan anak usia dini dari Amerika Serikat dalam bukunya “A Survival Guide for The Preschool Teacher”. Setidaknya ada 10 manfaat pembelajaran komputer di TK yang dapat membuat anak itu mampu:
– Mengembangkan kemampuan berpikir
– Meningkatkan kemampuan mengenal angka & huruf
– Melatih kemampuan mengingat bentuk visual
– Melatih kemampuan menyelesaikan masalah
– Melatih koordinasi mata dan tangan
– Melatih keterampilan dalam pengambilan keputusan
– Melatih kemampuan dalam mengikuti arahan
– Mempunyai sikap positif terhadap teknologi
– Menjadi pembelajar mandiri dan percaya diri

Memacu Kreativitas Dengan Pembelajaran Komputer Yang Menyenangkan

Pembelajaran komputer di TK umumnya fokus untuk pengenalan huruf & angka, konsep berhitung, kemampuan penggunaan keyboard & mouse, juga pengembangan kreativitas seperti menggambar & mewarnai. Di Indonesia memang belum sampai pada program pengenalan bahasa pemograman. Tetapi anak-anak usia TK dapat diberi kebebasan dalam berkreativitas di kanvas digital. Hal ini menjadi modal dasar anak belajar “menaklukkan” teknologi dan kelak menjadi seorang “kreator”.

Tetapi perlu diingat bahwa pembelajaran komputer di usia TK tentu berbeda dengan anak tingkat SD (Sekolah Dasar). Anak-anak TK mempunyai karakteristik istimewa yaitu mereka sangat aktif bergerak dan sangatlah ekspresif.

Jadi guru yang dipercayakan untuk mengajar komputer di TK haruslah mengerti karakteristik anak-anak ini. Guru harus luwes dalam memperkenalkan aktivitas kegiatan belajar komputer ke anak-anak. Program software yang digunakan pun harus memiliki visual menarik dan dekat dengan dunia anak. Sehingga atmosfir belajar menjadi lebih menyenangkan dan tentunya membuat mereka nyaman. Mereka tidak perlu takut bereksperimen dengan teknologi.
Berdasarkan pengalaman saya saat mengajar anak-anak TK belajar mengunakan komputer saya awali dulu dengan sedikit bercerita dan bernyanyi terkait dengan tema yang akan diajarkan. Kemudian guru memberikan contoh aktivitas apa saja yang akan dikerjakan dengan menggunakan mouse/keyboard komputer. Setelah itu anak-anak bisa mencobanya sendiri dikomputer masing-masing dengan/masih dibawah pengawasan & bimbingan guru.

Di saat awal-awal anak baru mengenal komputer masih ada anak yang merasa canggung dan tidak percaya diri untuk menggerakkan mouse. Tugas gurulah untuk memberikan mereka semangat agar berani mencoba dan tidak takut salah.
Dan seiring berjalannya waktu pada masa menjelang akhir tahun pelajaran saya bisa melihat anak-anak sudah mulai mandiri dan percaya diri dalam menggunakan mouse dan keyboard. Anak-anak juga sudah memiliki portofolio digital berupa hasil kreasi mereka menggambar di kanvas digital. Berikut ini beberapa hasil karya menggambar digital anak-anak TK Islam Al Azhar 6 Sentra Primer Jakarta Timur Kelompok B menggunakan Microsoft Paint. Sungguh sangat menyenangkan melihat hasil karya mereka yg begitu imajinatif dan penuh warna. Saya pun yakin di masa depan mereka mempunyai kesempatan untuk menjadi kreator-kreator yang penuh percaya diri dan memiliki kreativitas tinggi.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

Referensi:
1. Feldman PH.D., Jean R.1991. “A Survival Guide for The Preschool Teacher”. Prentice-Hall:New York
2.Liu, Juliana. BBC News Hongkong. “Anak-anak belajar program komputer sejak dini di Hong Kong”. 27 Mei 2015.http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/150527_majalah_pendidikan_kode

210 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. Avatar of Fitta A.

    Terima kasih pak atas kunjungannya. Iya saya jg baru sadar guru2 TK msh jarang yg aktif di digital learning. Atau mungkin sudah banyak tapi belum terekspos :”D. Tp ada kok guru TK yg pernah menang di kjuaraan Microsoft Educator tp saya lupa namanya :”D

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!