Artikel Pilihan

PRESENTASI MENARIK DENGAN PREZI

Salah satu daya tarik mengajar antara lain dengan performance penyampaian…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Aktivitas […] Belajar-mengajarIlmu Pengetahuan SosialLain-lainLainnyaMengajar kreatifTeknologiTeknologi Informasi KomputerTips dan rekomendasi > Media Pembelajaran Interaktif Dahsyat Ala Lectora

Media Pembelajaran Interaktif Dahsyat Ala Lectora (+3)

Salam jumpa bersama saya, guraruers sekalian! Untuk artikel yang ini saya coba memberikan informasi lagi terkait upaya kita dalam meningkatkan kompetensi kita terkait pemanfaatan ICT atau TIK dalam pembelajaran. Apalagi, jika memang Kurikulum 2013 itu jadi dilaksanakan yang katanya akan bernuansa TIK dan melayani kebutuhan multikultural, maka seyogyanya kita sebagai guru bersiap diri untuk segera “berbenah” menyiapkan diri. Terlepas dari kontroversi kurikulum apa yang akan digunakan, idealnya kita sebagai guru berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi siswa-siswa kita di kelas.

Sebelumnya saya sudah sempat berbagi info tentang Autoplay Media Studio, Media Layar Sentuh Murah, Mind Map Interaktif, Prezi, Mouse Mischief, Education Game dengan Power Point dan lain-lain terkait dengan strategi, tips, dan trik praktek pembelajaran yang bernuansa TIK, maka kali ini saya coba berbagi lagi buat guraruers sekalian tentang sebuah aplikasi yang juga sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru yang ingin membuat sebuah Media Pembelajaran Interaktif. Adapun bahasannya tentang Lectora Inspire 6.

Lectora ini adalah salah satu tools yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk membuat Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang sekaligus juga bisa dimanfaatkan oleh siswa sebagai Media Membelajaran Mandiri. Tools tersebut adalah Lectora Inspire 6 yang diproduksi oleh Trivantis. Setelah saya searching n’ googling di dunia maya, saya mendapati kabar bahwa tools ini telah disosialisasikan di beberapa daerah seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta misalnya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan setempat untuk mendorong para guru di daerahnya agar mampu menyusun sebuah Media Pembelajaran yang Interaktif sifatnya.

Di artikel ini saya hanya memberikan pengantar saja tentang sekilas gambaran kemanfaatan dari Lectora Inspire 6 ini.

Selama ini mungkin kita telah mengenal berbagai aplikasi untu membuat Media Presentasi Pembelajaran semisal Ms.Power Point, Autoplay Media Studio, Easy Autorun, dll, yang ternyata setelah saya mencobanya sebagian besar hanya dapat digunakan untuk media presentasi saja., seperti misalnya ketika kita memanfaatkan Autoplay Media Studio dan Easy Autorun Creator hanya berguna dalam hal membuat tombol pemanggil bagi sebuah aplikasi yang akan kita munculkan dan itupun “pake loading segala” sehingga masih perlu menunggu untuk membuka sebuah aplikasi. Sehingga untuk Autoplay dan Easy Autoun Creator “agak” terbatas peruntukkannya.  Untuk Ms.Power Point sebenarnya “lebih powerfull” dibandingkan kedua aplikasi sebelumnya telah sebutkan jika memang dieksplore dengan baik, seperti misalnya dengan Ms.Power Point disamping bisa membuat Media Presentasi juga bisa menyusun sebuah Media Evaluasi Interaktif namun menggunakan Visual Basic. Bagi sebagian kalangan guru yang pengennya serba instan dalam membuat Media Presentasi Pembelajaran sekaligus Media Evaluasi Interaktif di Ms.Power Point menjadi salah satu “hadangan’ tersendiri. Nahh…setelah mempelajari Lectora ini saya mencoba untuk mengangkat beberapa keunggulan tools ini dibanding aplikasi lainnya.

Istiyanto di blognya menulis tentang Lectora sebagai berikut: Lectora merupakan E-Learning Software yang lengkap, handal dan cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran. Lectora dapat digunakan secara mudah oleh guru sehingga guru dapat mengkreasikan media pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diampu. Saya sungguh sangat merekomendasikan software ini untuk guru.

Untuk Lectora, dari awal software ini diciptakan memang untuk kebutuhan e-learning. Lectora dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran baik secara online maupun offline yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Lectora dapat digunakan untuk menggabungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar, dan screen capture.

Sedangkan seorang penulis buku tutorial Lectora, Muhammad Mas’ud mengatakan di blognya: Lectora Inspire semakin banyak diminati para guru. Tidak sedikit guru mencari tahu mengenai Lectora Inspire.

 

Kini, bagi guru atau umum yang ingin menguasai pemanfaatan Lectora Inspire dalam pembelajaran terutama pembuatan media pembelajaran sebaiknya ikuti Diklat Lectora Inspire.Diklat Nasional Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire. Lebih lanjut Muh.Mas’ud mengatakan bahwa : Lectora Inspire itu …

Tool ciamik buat bikin media pembelajaran interaktif. Ia lebih mantap dibanding powerpoint.
Tool yang simpel dan bikin semangat guru-guru bikin media pembelajaran.

Lectora bisa bikin kuis dan evaluasi yang hasilnya bisa diketahui langsung. Tipe soalnya terdiri dari 8 tipe. Kuis dan game-nya banyak. Pokoknya, Lectora Insprire itu membantu banget bagi guru (juga para siswa).

 

Demikianlah sekilas pembahasan saya tentang aplikasi Lectora.

 

Berikut ini adalah gambar Media pertama saya yang  dibuat dengan Lectora.

Ke depannya saya akan coba lagi untuk mengksplore kemampuan dari Lectora ini….atau…adakah rekan guaruers yang bisa membantu saya untuk mengembangkan media ini? Ditunggu!

 

Salam Ber-ICT Literate!

 

www.taufikibrahim.wordpress.com

1,334 total views, 5 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of kang martho

    saya juga senang membuat media berbasi lectora karena simple
    salut dan semoga sukses

    kang martho Komentar pada November 3, 2013 8:45 pm

  2. Avatar of Pak Ipung

    Terima kasih infonya, Sesuk ta coba ne

    Pak Ipung Komentar pada November 27, 2013 10:43 pm

  3. Avatar of M. Yusuf Amin Nugroho

    patut dicoba nih. terimakasih sharingnya, pak taufik
    salam
    :)

    M. Yusuf Amin Nugroho Komentar pada November 28, 2013 12:04 am

  4. Avatar of Rudy Hilkya

    sayangnya saya dapat file eksekusi lectora ini trial sifatnya, setelah sebulan didiamkan akhirnya tidak bisa dijalankan.
    Hebat pak Taufik bisa mendapatkan yang bisa jalan :D

    Rudy Hilkya Komentar pada November 28, 2013 7:04 am

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit