0

Manfaat Smartphone Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Lebih Efektif (+2)

Pengelola Guraru October 27, 2016

Bermacam aplikasi yang bermanfaat untuk pengguna ada dalam satu genggaman tangan, sehingga kini hampir semua orang memiliki smartphone. Telepon genggam yang ringan dan handy dibawa kemana saja, kecanggihannya memudahkan pengguna untuk update beragam informasi di dalam aplikasi ponsel, termasuk kesehatan, ekonomi, gaya hidup serta informasi paling update lainnya.

Kemudahan inilah yang kemudian dilirik pendidik untuk mengoptimalkan penggunaan smartphone demi mendukung proses belajar dan mengajar di sekolah. Apa saja fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk proses belajar? Berikut pilihannya seperti yang dipaparkan oleh sangpengajar.com :

1. Manfaatkan Situs Pencarian

Semua informasi dari seluruh dunia bisa dicari melalui mesin pencari di internet. Mulai dari sejarah hingga penemuan mutakhir yang pernah dilakukan.  Tidak hanya Google yang hingga saat ini populer, ada situs pencarian lain yang memiliki nilai lebih, seperti ask.com yang menyediakan layanan berbagi fasilitas terhadap para pemakainya untuk bertanya guna memperoleh jawaban yang relevan. Hampir semua smartphone dilengkapi dengan fitur ini, tak terkecuali yang berbasis Android, Windows maupun iOs. Pencarian ilmu tak terbatas hanya di lembaran kertas, kini Anda bisa mencari sumber informasi dari mana saja dan di mana saja.

2. E-book, Solusi Mudah Membaca Buku

Sebagai seorang pengajar di era digital, sebaiknya tidak membatasi dengan buku berbentuk fisik. Sebagai sumber materi pelajaran, anda bisa mencari buku digital baru seperti “A Brief History of Genetics: Defining Experiments in Genetics” yang akan mengajak siswa untuk bereksperimen tentang ilmu genetika. Atau, ajak mereka belajar Matematika lebih menyenangkan dengan mengunduh “What Is Mathematic?”.

^64DA2A0A065BAFFA73A7FCF8C9C81A6C7570EEEB94C79B779F^pimgpsh_fullsize_distr

3. E-Learning, Metode Belajar Praktis

Internet tidak akan membatasi Anda dalam mencari informasi, jadi manfaatkan semaksimal mungkin, terutama untuk menjelajahi website e-learning sebagai sistem belajar, contohnya Moodle. Dengan e-learning, belajar tidak akan dibatasi ruang dan waktu, sehingga di luar kelas pun siswa tetap dapat mengakses.

isi 2

4. Media Sosial Untuk Belajar, Mengapa Tidak?

Situs jejaring sosial juga bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa, misalnya Edmodo yang sering digambarkan sebagai Facebook dunia sekolah. Dengan aplikasi ini, guru dapat melakukan pembelajaran maya yang dapat didesain seperti metode di kelas, tugas, kuis, pengadaan poling, bahkan penilaian. Melalui Edmodo, guru dapat lebih aktif berinteraksi dengan siswa dan orangtua. Silakan mencoba!

Di kehidupan yang serba dinamis seperti sekarang memberikan banyak kesempatan besar untuk memperluas sumber informasi. Siswa Anda  pun dapat diajak untuk memperluas informasi melalui  teknologi sehingga ke depannya akan menghasilkan generasi yang tak hanya cerdas tapi juga up to date soal teknologi.

1,761 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar