12

Lomba Menulis: Masa Orientasi Siswa Ideal Menurut Guraru (+5)

Pengelola Guraru July 30, 2015

Diskusi mengenai pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali mengemuka terutama saat masa dimulainya tahun ajaran baru seperti saat ini. Meskipun sudah menjadi tradisi bagi hampir semua sekolah di Indonesia, terutama jenjang pendidikan menengah ke atas, namun kita masih mencari bentuk ideal pelaksanaan MOS.

Bukan berita baru bahwa setiap tahun ada saja cerita tak sedap yang diterima oleh siswa baru dari seniornya saat pelaksanaan MOS. Mulai dari bentakan, tugas yang aneh-aneh atau bahkan kekerasan fisik. Siswa baru dikerjai diminta membawa tugas dengan istilah aneh-aneh misalnya air desa (air bening), sayur kamu banget (sayur lodeh), permen dangdut (lolipop), nasi Michael Jackson (nasi putih) seperti diceritakan dalam berita ini. Apakah tugas-tugas seperti ini secara tidak langsung mendorong kreativitas siswa dalam berpikir?

Siswa Mengenakan Atribut MOS

Siswa Mengenakan Atribut MOS. Sumber Foto: Okezone

Namun di tengah penolakan terhadap tradisi MOS, sejumlah sekolah melaksanakan MOS yang mendidik dan kreatif. MOS diisi dengan pengenalan tentang budaya sekolah, kegiatan ekstrakulikuler dan organisasi Tentu hal-hal ini untuk memberikan MOS dengan suasana berbeda dengan tujuan yang lebih positif.

 

Acer Guraru Kontes MOS Ideal

MOS yang Ideal & Inspiratif Menurut Guraru

Bagaimana pelaksanaan masa orientasi siswa di sekolah Anda, Guraru? Apakah Anda ikut mendampingi para senior dalam memperkenalkan budaya sekolah kepada adik-adiknya? Atau Anda punya banyak ide untuk penyelenggaraan MOS yang lebih berkesan dan mendidik? Ceritakan pengalaman dan ide-ide inspiratif Anda di sini yuk!

Daftarkan link tulisan Anda di komentar artikel ini. Tulisan dengan topik masa orientasi siswa ditunggu hingga 15 Agustus 2015. Tiga tulisan terbaik dan inspiratif akan mendapatkan paket merchandise dari Acer Indonesia & Guru Era Baru. Selamat menulis!

2,526 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (12)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!