20

Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tkt.Nasional 2014 (+7)

Taufik Opikibra Ibrahim March 8, 2014

Info Lomba Inobel 2014-FotoHai halo rekan-rekan guraruers sekalian berikut ini saya ingin menyampaikan kabar gembira yang mungkin berguna terutama bagi guraruers yang mengajar di tingkat SMP. Ini ada info lengkap terkait dengan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional 2014 atau yang sering dikenal dengan Lomba INOBEL Guru SMP 2014. Hal ini saya sampaikan karena ajang ini menjadi begitu penting terutama bagi guru SMP untuk mengembangkan kompetensi keguruannya dan juga sekaligus menggali kemampuan berinovasi terkait pembelajaran serta tentunya terkait dengan Kurikulum 2013 yang saat ini sedang “Booming”. Kebetulan pula  beberapa bulan lalu saya pun sempat cukup beruntung bisa menjadi finalis dan alhamdulillah menjadi salah satu pemenang di Lomba Inobel 2013 pada bulan Oktober 2013 tersebut. Cerita lengkap pengalaman saya saat tampil di final lomba tersebut bisa rekan-rekan baca disini, sedangkan terkait dengan karya inovasi yang saya buat di tahun 2013 lalu bisa anda baca disini.

Hal lainnya juga merupakan kesempatan bagi rekan-rekan guru untuk mengembangkan diri terutama lewat sebuah publikasi ilmiah. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan lomba inobel bagi guru SMP tentunya pasti punya tujuan mulia melalui berbagai program yang dijalankan  dan slaha satunya lewat ajang lomba ini. namun demikian, nampaknya ada beberapa perubahan aturan lomba jika dibanding saat saya ikut tahun 2013 lalu. Perubahan yang dilakukan oleh panitia lomba saya kira juga untuk meningkatkan kualitas lomba serta guna menyaring dan mengumpulkan guru-guru inovatif yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini menurut saya diharapkan akan bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tema Lomba Inobel bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2014 adalah “Inovasiku mendukung Implementasi Kurikulum 2013 Menyiapkan Generasi Emas tahun 2045”. Materi lomba berupa pengembangan dari tema. Isi karya yang dilombakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Ketentuan Lomba

1. Peserta lomba hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya dan dokumen pendukung Inobel.

2. Karya Inobel dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis disertai media pembelajaran dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

3. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan.

 

Persyaratan Peserta Persyaratan peserta Lomba Inobel bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2014, adalah:

a. Guru SMP yang memiliki NUPTK dengan melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah;

b. Guru SMP yang terdaftar dalam Data Pokok Kependidikan (DAPODIK) dengan melampirkan fotokopi DAPODIK.

c. Melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;

d. Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma 4 (D-IV) (melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan);

e. Melaksanakan pembelajaran minimum 2 (dua) tahun berturut-turut sebagai guru mata pelajaran yang diampu dengan beban mengajar minimal 24 jam per minggu (melampirkan fotokopi surat tugas mengajar dari kepala sekolah);

f. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter; dan

g. Belum pernah menjadi juara Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional untuk tahun 2012, 2013, dan 2014 (melampirkan surat pernyataan).

h. Surat Rekomendasi dari MGMP SMP tentang telah mendesiminasikan/ mempublikasikan di tingkat MGMP (melampirkan surat rekomendasi).

 

Persyaratan Karya

Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Inobel bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2014 sebagai berikut.

a. Karya Inovasi bersifat individual.

b. Dibuat 3 (tiga) tahun terakhir.

c. Telah didesiminasikan minimal setingkat MGMP

d. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.

e. Naskah dan dokumen pendukung dibuat rangkap 2 (dua) asli.

Empat persyaratan (a, b, c, d) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan ditandatangani yang bersangkutan di atas kertas bermaterai.

 

Waktu Pelaksanaan

Satuan Pendidikan mengirim karya Inobel terbaik hasil seleksi di sekolah ke Dinas Kabupaten/Kota paling lambat) Mei 2014 (stempel pos

Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengirimkan 1 (satu) naskah Inobel terbaik hasil seleksi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota ke P2TK Dikdas dengan tembusan ke Dinas Pendidikan Provinsi paling lambat) 30 Juni 2014 (stempel pos) dan sudah diterima oleh panitia pusat pada 15 Juli 2014.

Untuk lebih jelas, silakan download pedoman lomba Inobel 2014 di sini

Ayo buruan persiapkan diri anda dan persiapkan laporan karya ilmiahnya terutama terkait dengan inovasi pembelajaran. Saya yakin banyak rekan guraruers yang kreatif dan inovatif! Hadiahnya? Hemmm…sangat menggiurkan!  :)

Salam Kreasi-Inovasi-Motivasi!

www.taufikibrahim.wordpress.com

Sumber info: http://ramlanfivi.blogspot.com/2014/03/lomba-inobel-bagi-guru-smp-tingkat.html

7,039 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (20)

  1. Avatar of Subhan

    Yang jelas Pak Ovik dah gak boleh ikut lomba lagi
    Yang jelas Depdikbud ada banyak uang namun gak cukup jika dibagikan rata ke semua guru, jadi perlu ada lomba (usaha dari guru untuk memantaskan diri dapat hadiah tersebut)
    Semoga ada dari guraru yang berhasil dalam lomba 2014 ini, dan menceritakan keberhasilan juaranya pada guraru.org ini

  2. Avatar of Taufik Opikibra Ibrahim

    @Etna: ya Bunda..kita berharap akan banyak rekan guraruers yang mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam hal inovasi pembelajaran! Salam Sukses juga buat Bunda Etna! :)

    @Subhan: Yap…benar! Saya dan ke-99 Finalis Inobel 2013 lalu sementara tidak boleh ikut dulu, jadi memberikan kesempatan kepada yang belum. Dan…bener banget tuhh…”Mari Memantaskan Diri” terutama agar bisa berkah ilmunya bagi guru lainnya dan tentunya bisa masuk final serta menjadi yang terbaik! :)

  3. Avatar of Taufik Opikibra Ibrahim

    @Sukani: yap semoga ya Mas Sukani! :)

    @Omjay: Kalo saya hanya sebatas menginfokan saja. Jadi, untuk hal teknis seperti itu coba dan ada baiknya berkoordinasi ke P2TK Dikdas selaku panitia lomba. Kalo tdk salah beralamat di:
    Subdit PTK SMP
    Dit. P2TK Dikdas – Ditjen Dikdas – Kemdikbud
    Gedung C Lantai 18
    Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta
    Telepon: 021. 578551860, 70713870
    Fax: 021.578551860
    e-mail: p2tk.dikdas@gmail.com.

    Salam!

  4. Avatar of Subhan

    Ha ha ha Pak M. Rasyid Nur, “Selamat mengikuti bagi yang berhak dan berkehendak”
    Kesimpulannya ada yang berhak tapi gak berkehendak dan ada yang berkehendak tapi tidak berhak, bersyukurlah yang berhak dan yang berkehendak (tahu, mau dan mampu serta mendaftar jadi peserta)

  5. Avatar of Taufik Opikibra Ibrahim

    @Subakri: Untuk guru2 SD bisa ikut Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan jika merujuk tahun 2013 lalu pelaksanaannya sekitar Mei s.d September 2013. Jadi ikuti saja perkembangan infonya di internet di bulan2 tersebut untuk ikut tahun 2014 ini. Selain itu Pak Bakri juga bisa ikut LKIG 9Lomba Kreativitas Ilmiah Guru di Lipi yang tiap tahun selalu ada. Selamat mencari info ya ! :)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!