5

LIPUTAN KEGIATAN WORKHOP PENELITIAN TINDAKAN KELAS @ Kampus UNJ (+4)

fitria yustiarsih February 24, 2014

Assalamu alaikum, Selamat pagi sahabat Guraru. Semoga hari Minggunya menyenangkan dapat berkumpul bersama keluarga tercinta. Baik sahabat, kali ini saya akan membuat liputan mengenai acara “Pelatihan Tindakan Kelas” yang diselenggarakan di Kampus UNJ. Workshop PTK yang di prakarsai IGI sangat seru dan luar biasa. Sebagai pembicara adalah Bapak-bapak hebat yaitu : DR. Nusa Putra, M.Pd, Bapak Dedi Dwitagama, M. Si, Wijaya Kusumah, M.Pd.

Acara dimulai tepat pukul 08.30, diawali dengan pembukaan oleh Ibu.Yuli selaku moderator sekaligus dibuka dengan membaca doa. Acara selanjutnya dilanjutkan oleh DR. Nusa Putra, M.Pd. Sosoknya yang ramah dan gaya bicara yang ceplas ceplos namun mampu merangsang semangat dan motivasi para audiens. Beliau menjelaskan mengenai beberapa metode yang dapat digunakan untuk penelitian. Metode-metode tersebut diantaranya adalah:

  1. Metode penelitian kuantitatif : menjelaskan lebih/eksplanasi.: hubungan pengaruh lebih bersifat umum, general, mengkaji hipotesis
  2. Metode penelitian kualitatif : penelitian secara mendalam, menemukan pola dan tema.
  3. Metode penelitian tindakan : melakukan perubahan ke arah perbaikan, pemberdayaan.
  4. Metode penelitian dan pengembangan : inovasi, menciptakan model dan produk.
  5. Mixed method : memahami dan memberdayakan inovasi dan memperdayakan.

Beliau mengatakan penggunaan masing-masing metode tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, sebelum memilih suatu metode hendaknya ditelaah terlebih dahulu permasalahan yang dialami.  Bapak Nusa adalah salah seorang  yang ditunjuk sebagai Asesor dalam penelitian karya ilmiah yang dibuat oleh para pendidik. Jam terbang yang tinggi dan berbagai pengalaman yang sudah sering beliau alami membuatnya semakin mantap dalam menjelaskan materi ini. Beliau juga sudah menerbitkan banyak buku yang terkait dengan penelitian.

Pembicara yang kedua adalah Bapak Dedi Dwitagama, M. Si, sosoknya yang humoris, ceplas ceplos dan cerdas mampu membuat audiens termotivasi atas materi yang beliau sampaikan. Pak. Dedi memotivasi para guru untuk terus menulis. Menulis mampu menghasilkan banyak hal. Dan beliau sudah membuktikannya dengan banyak sekali penghargaan yang didapatkan.

Pembicara ketiga adalah Wijaya Kusumah, M.Pd. Sosoknya sudah tidak asing lagi dikalangan guru blogger. Omjay sapaan akrabnya, walaupun kondisinya sedang kurang sehat, batuk dan sakit tenggorokan yang menderanya, namun tak mengurangi semangat beliau. Berbagai kejuaraan yang telah diikuti terutama dalam bidang tulis menulis dan pembuatan karya ilmiah semakin membuat mantap penjelasannya. Kami dilatih untuk membuat contoh proposal penelitian. Dan ada 3 orang yang beruntung mendapatkan buku, karena hasil proposalnya baik dan benar.

Luar biasa semangat rekan-rekan guru. Bahkan ada rekan yang datang dari daerah Cirebon untuk menuntut ilmu. Semoga setelah pelatihan ini, mampu melahirkan juara-juara dalam penelitian.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Jengfidi.blogspot.com

Pukul. 08.40

 

Foto-foto:

20140223_100957[1]DR. Nusa Putra dan moderator

20140223_102932[1]20140223_153411[1]

Dedi Dwitagama, M.Si

1,166 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. Alhamdulillah, thx bu Fitria atas sharingnya. Saya ikut bahagia membacanya dan bernostalgia ketika thn 90an mendapatkan dan menerapkannya. Terus tulisksn deta
    ilnya bu, kami senang membacanya sekaligus penyegaran untuk modal tulisan agar tidak orla. Hahaha. Salam sukses.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar