Artikel Pilihan

Proyek Berbagi Kebudayaan TK di Denpasar Dengan TK di New Jersey

Dua minggu yang lalu unit TK memasuki tema “Alat Komunikasi”.…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MENGGUNAKAN GAMES TTS

Assalamualaikum Wr. Wb Alhamdulilah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Luar Biasa, Pembelajaran Berbasis Proyek Sudah Mendunia

Selamat Siang Guraru. Insya Allah kita selalu sehat wal afiat. Terasa…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Aktivitas […] Lain-lain > Lelang Jabatan Kepala Sekolah di DKI Jakarta

Lelang Jabatan Kepala Sekolah di DKI Jakarta (+2)

Penulis: Eunike Sugiati
Kategori: Aktivitas […] Lain-lain

Wakil Gubernur DKI Jakarta akan membuat kebijakan baru dengan melelang jabatan Kepala Sekolah di wilayah DKI Jakarta, setelah berhasil membuat terobosan baru Lelang jabatan Lurah dan Camat beberapa waktu yang lalu. Rencana ini dibahas kemarin hari Jum”at, 12 Juli 2013 antara Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian Daerah, Biro Organisasi dan Tata Laksana, serta Biro Hukum, menyangkut kriteria peserta seperti syarat, golongan, usia, dan kriteria lainnya.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bpk Taufik lelang ini akan dilaksanakan secara terbuka bagi guru-guru di lingkungan wilayah DKI Jakarta saja. Calon peserta lelang jabatan Kepala Sekolah akan diwajibkan mengikuti seleksi antara lain mengikuti tes pemetaan bakat, tes akademik, visi misi, tes psikotes, dan wawancara dan paparan yang dilakukan dengan akuntabel dengan melibatkan Dinas Pendidikan, BKD, Inspektorat, dan lainnya.
Selama ini penjaringan jabatan kepala sekolah berasal dari rekomendasi/usulan kepala sekolah yang bersangkutan dan pengawas, tetapi ke depan seleksi terbuka, siapapun bisa mendaftar selama mereka memenuhi persyaratan. Mekanisme dan persyaratan saat ini masih dalam penggodokan.
Harapannya agar kepala sekolah tidak hanya mampu memimpin lembaga sekolah, tetapi sekaligus sebagai seorang manajer, inspirator, advisor, juga organisator. Karena menurut pandangan wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama, lelang jabatan kepala sekolah merupakan keharusan, mengingat jumlah guru yang sangat banyak sehingga sulit memantau guru yang berkompeten, juga proses pengusulanpun tidak dapat dijamin bebas dari kepentingan pribadi/kelompok.
Proses lelang jabatan ini akan berlangsung mulai Oktober 2013, diawali lelang jabatan untuk memperebutkan 117 posisi kepala sekolah SMA, dan kemudian akan melelang posisi kepala sekolah SMK sekitar 63 posisi, kepala sekolah SMP 289 posisi, serta yang terakhir bagi kepala sekolah SD sejumlah 2.220 posisi.

Sumber:  http://silabus-guru.blogspot.com/2013/07/lelng-jabatan-kepala-sekolah-wilayah.html

135 total views, 1 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Botaksakti

    baguslah, setidaknya akan terjadi kompetisi yang sehat.

    Botaksakti Komentar pada July 14, 2013 7:07 pm

  2. Avatar of Pak Sukani

    Terimakasih ibu Eunike Sugiati atas sharingnya. Wah, saya sangat setuju dengan adanya lelang tersebut. Semoga bisa berjalan lancar dan pendidikan di DKI Jakarta menjadi lebih maju dan berprestasi.

    Sepakat dengan pak Botaksakti.

    Pak Sukani Komentar pada July 15, 2013 5:27 pm

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit