6

Latihan Harian Olimpiade Matematika Melalui Grup WhatsApp Wali Murid (+2)

Rakhmad May 29, 2017

Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun memiliki kelas cerdas istimewa yang memiliki mata pelajaran tambahan olimpiade. Salah satunya adalah olimpiade matematika yang sudah diajarkan sejak kelas 2. Olimpiade matematika setiap minggunya ada dua kali pertemuan. Mata pelajaran olimpiade matematika ini lebih mengajak siswa untuk mengerjakan dan memahami soal-soal tidak rutin.

Soal tidak rutin adalah soal-soal yang tidak biasa yang dikerjakan dalam materi matematika dalam kesehariannya. Soal ini banyak lebih pada arah logika, nalar, pemecahan masalah dan lainnya. Disamping soal rutin di dalam olimpiade matematika, siswa sudah mulai di ajak mempelajari materi di kelas atasnya.

Dari latar belakang di atas memungkinkan mencari cara yang tepat agar siswa belajar dengan tepat, tidak jenuh dan sesuai dengan harapan. Berbagai cara memang perlu dicoba agar materi yang disampaikan bisa sambung –menyambung tidak terpotong-potong. Salah satunya adalah dengan cara latihan setiap hari dan mencari pokok masalah materi yang belum dipahami.

Dengan berbagai macam cara telah dilalui maka ditemukan cara latihan setiap hari melalui media grup WhatsApp wali murid. Dengan menggunakan grup WhatsApp wali murid ini memiliki keunggulan adalah sebagai berikut: pertama, WhatsApp wali murid semua hampir punya. Kedua, setiap hari media ini hampir online terus bagi penggunanya. Ketiga, dengan WhatsApp ini wali murid ikut andil dan mendampingi siswa dalam berlatih setiap hari. Keempat, Siswa bisa terkontrol dalam latihan seharinya. Kelima, Adanya diskusi komunikasi antara guru, wali murid dan siswa dalam latihan seharinya.

Adapun proses kegiatan yang dilakukan dalam latihan harian adalah sebagai berikut:
1. Guru membuat soal setiap hari, dan bisa mengunggah soal melalui laptop. Karena WhatsApp bisa dijalankan melalui https://web.whatsapp.com/.
lomba 1

2. Siswa mengerjakan di rumah, hasil pekerjaan siswa dikirim di foto dan diunggah kegrup WhatsApp
Screenshot_2017-05-29-07-34-07

3. Setiap Malam sekitar pukul 20.00 WIB guru memeriksa pekerjaan masing –masing siswa, memberikan masukan dan memberikan cara alternatif.

Screenshot_2017-05-29-07-32-57

4. Dari hasil kegiatan latihan harian jika ada materi yang memang belum tuntas di bahas lagi pada pertemuan di kelas.

CIMG3960

5. Setelah selesai latihan ada wali murid yang bersedia menjadi relawan untuk mengetik kembali cara-cara pengerjaan soal.

Screenshot_2017-05-29-07-33-47

6. Setelah pengetikan soal di kirim kembali di grup WhatsApp. Hasil ketikan diolah kembali dengan menggunakan Coreldraw menjadi buku harian. Agar hasil kegiatan latihan harian tidak hilang maka perlu di dokumentasikan yang nantinya bisa di baca kembali dan digunakan oleh pihak yang membutuhkan.

untuk contoh buku harian bisa klik (buku harian)

Dari kegiatan di atas penulis bisa menyimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam mengerjakaan soal matematika khususnya matematika dibutuhkan kegiatan latihan rutin sehari-hari bisa menggunakan media WhatsApp seperti di atas.
2. Kegiatan latihan sehari-hari peran wali murid yang mendampingi di rumah sangat diperlukan.
3. Penggunaan media online khususnya untuk anak SD/MI perlu pendampingan dari wali murid.
4. Belajar tidak hanya sebatas di ruang kelas, tetapi penggunaan media online khususnya WhatsApp bisa digunakan sebagai media pembelajaran.
5. Penggunaan Media Online yang tepat yang digunakan guru juga harus diperhatikan.

Demikian artikel yang bisa kami tulis semoga bermanfaat dan bisa digunakan oleh siapapun khususnya guru.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

1,277 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar