11

Korupsi Itu Haram, Nak. (+2)

Sri Sugiastuti January 7, 2014

 

Korupsi Itu Haram, Nak.

Salam guraru. Sudahkah kita mengajak anak didik kita menyikapi issue-issue terhangat di sekitarnya dengan maksud agar mereka peka dengan kehidupan ini? Guraruers di sela-sela mengajar kita bisa menyelipkan sesuatu yang berharga untuk memperbaiki akhlaknya. Tujuannya memberi benteng yang kuat agar menjadi manusia yang mulia.

Anak didik kita perlu diberi pengertian bahwa korupsi itu haram. Berbagilah dengan anak didik kita disaat yang memungkinkan. Ya pandai-pandainya kita memasukkan pesan tentang korupsi itu haram. Agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat dan kuat jauh dari korupsi.

Pemuda adalah aset zaman yang paling menentukan kondisi zaman tersebut di masa depan. Dalam skala yang lebih kecil, pemuda adalah aset bangsa yang akan menentukan mati atau hidup, maju atau mundur, jaya atau hancur, sejahtera atau sengsaranya suatu bangsa. Maka sudah sepantasnya bila generasi muda ikut berperan aktif dalam melawan korupsi.

Belajar dari masa lalu, sejarah telah membuktikan bahwa perjalanan bangsa ini tidak lepas dari peran kaum muda yang menjadi bagian kekuatan perubahan. Hal ini membuktikan bahwa pemuda memiliki kekuatan yang luar biasa. Tokoh-tokoh sumpah pemuda 1928 telah memberikan semangat nasionalisme bahasa, bangsa dan tanah air yang satu yaitu Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda memberikan inspirasi tanpa batas terhadap gerakan-gerakan perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Semangat sumpah pemuda telah menggetarkan relung-relung kesadaran generasi muda untuk bangkit, berjuang dan berperang melawan penjajah Belanda.

Untuk konteks sekarang dan mungkin masa-masa yang akan datang yang menjadi musuh bersama masyarakat adalah praktek bernama Korupsi. Fakta bahwa korupsi sudah sedemikian sistemik dan kian terstruktur sudah tidak terbantahkan lagi. Ada cukup banyak bukti yang bisa diajukan untuk memperlihatkan bahwa korupsi terjadi dari pagi hingga tengah malam, dari mulai soal pengurusan akta kelahiran hingga kelak nanti pengurusan tanah kuburan, dari sektor yang berkaitan dengan kesehatan hingga masalah pendidikan, dari mulai pedagang kaki lima hingga promosi jabatan untuk menduduki posisi tertentu di pemerintahan.

Oleh karena itulah, peran kaum muda sekarang adalah mengikis korupsi sedikit demi sedikit, yang mudah-mudahan pada waktunya nanti, perbuatan korupsi dapat diberantas dari negara ini atau sekurang-kurangnya dapat ditekan sampai tingkat serendah mungkin.

 

Oya sila kunjungi ya http://astutianamudjono.blogspot.com/2014/01/bahagia-itu-milik-kita_2739.html, semoga bisa menginspirasi dan berbagi.

1,569 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (11)

  1. wah korupsi sudah mendarah daging ya … yang mudah harus berubah …
    guru juga harus hati-hati dengan korupsi waktu apa lagi BOS heeee
    ikut lomba juga ya….
    tolong dinilai dong di bawah ini
    bchree.wordpress.com/2014/01/08/malaikatku-di-dunia/
    trims

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar