4

KOMUNIKASI SEKALI LAGI KOMUNIKASI (+2)

Kusnandar Heru Prasojo June 13, 2017

Tadi malam ada yang curhat melalui salah satu grup whatsapp yang saya ikuti, begini sebagian isi curhatannya “ada atasan yang gerah melihat orang IT yang sepertinya duduk santai tidak ada kerjaan”. Memang ada sebagian orang yang kalau bekerja lebih banyak dalam kesunyian bisa jadi karena pekerjaan tersebut membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga kalau terlalu ramai justru akan menghambat penyelesaian pekerjaannya  atau bisa juga karena yang bersangkutan memang pendiam orangnya yang penting pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Namun dipihak lain ada juga orang senang yang bekerja dengan ramai pertama mungkin karena memang karakternya begitu yang kedua mungkin juga punya maksud agar teman yang lain tahu kalau ia orang super sibuk, beban kerjanya banyak, ia akan cerita ke orang-orang kalau tanpa dia pekerjaan tersebut tidak akan selesai padahal pekerjaannya sebetulnya hanya ringan saja he..he..wong hanya mencetak donwload-an dari internet saja kok.

Saya bisa memahami kondisi yang bersangkutan karena kebetulan pernah di posisi tersebut dan pernah mengalami perlakuan yang sama, walaupun saya sebenarnya bukan orang IT. Saya hanyalah orang biasa yang mau belajar, mau mendengarkan orang lain. Kebayang kan orang yang bukan IT diberi tugas mengurusi server. Pontang panting waktu itu saya dibuatnya, untungnya saya memiliki banyak teman yang bisa saya jadikan narasumber. Hanya dengan modal pertemanan dan manajemen pembagian tugas sesuai kewenangan serta komunikasi yang baik semua bisa berjalan dengan lancar.

Tidak dapat dipungkiri kalau seseorang lebih banyak melihat orang lain dari tampak luarnya. Walaupun ada ungkapan yang mengatakan “Don’t judge the book by its cover”. Namun ungkapan tersebut sepertinya kurang begitu dihayati banyak orang. Bisa dimaklumi karena tampak luar itulah yang akan kelihatan pertama kali oleh semua orang. Apalagi untuk melihat lebih ke dalam lagi perlu waktu yang cukup. Kita tidak bisa menyalahkan orang-orang yang hanya menilai orang lain dari luarnya saja karena yang bersangkutan juga bisa saja  memiliki argumentasi kalau penampilan luar mencerminkan karakter seseorang. Hal ini bisa diperdebatkan he..he..

Kembali ke curhatan teman di atas tadi, sebagai pimpinan memang alangkah indahnya kalau menguasai pekerjaan bawahannya sehingga kalau memberi perintah tidak akan sembarangan, maksudnya pemimpin yang mengetahui pekerjaan anak buah akan memberikan perintah yang memang sesuai kemampuan dan tanggung jawab anak buahnya. Pimpinan yang menguasai pekerjaan anak buah tidak akan menuntut anak buahnya berlebihan dalam bekerja melebihi kapasitasnya. Tapi tidak semua pekerjaan harus dikuasai oleh pimpinan kok paling tidak pimpinan mengerti apa yang dilakukan anak buah sudah lebih dari lumayan. Kalau pimpinan tidak mengetahui pekerjaan anak buah, yaitu tadi repotnya anak buah sedang konsentrasi dengan pekerjaannya dikira tidak bekerja. Kuncinya sebetulnya komunikasi, komunikasikan pekerjaan yang sedang kita lakukan ke pimpinan, ceritakan permasalahan yang dihadapi serta kalau memungkinkan kita memberikan juga solusinya. Syukur-syukur pimpinan memiliki solusi pemecahan yang lebih cespleng, karena beliau diangkat menjadi pimpinan tentunya memiliki kualitas lebih baik dibanding dengan yang dipimpin. Dengan komunikasi yang kita lakukan tersebut mudah-mudahan tidak akan ada prasangka buruk terhadap kita dari pimpinan.

Disisi lain sebagai seorang pimpinan sebaiknya juga tidak segan-segan untuk memberikan perhatian kepada anak buahnya dengan menanyakan apakah ada kesulitan dalam mengerjakan sesuatu kepada anak buah misalnya. Atau sekedar menanyakan kabar keluarganya barangkali, perhatian-perhatian yang disampaikan dengan baik tersebut diharapkan akan membuat anak buah merasa senang dalam bekerja, ujung-ujungnya kinerja akan meningkat. Dalam benak saya pimpinan sebaiknya aktif tidak hanya menunggu laporan dari bawah saja. Salam.

546 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!