Artikel Pilihan

Proyek Berbagi Kebudayaan TK di Denpasar Dengan TK di New Jersey

Dua minggu yang lalu unit TK memasuki tema “Alat Komunikasi”.…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MENGGUNAKAN GAMES TTS

Assalamualaikum Wr. Wb Alhamdulilah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Luar Biasa, Pembelajaran Berbasis Proyek Sudah Mendunia

Selamat Siang Guraru. Insya Allah kita selalu sehat wal afiat. Terasa…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Aktivitas […] Lain-lain > Kiat-kiat Menciptakan Suasana yang Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Mengajar

Kiat-kiat Menciptakan Suasana yang Kondusif dan Menyenangkan Dalam Proses Belajar Mengajar (+2)

Penulis: Edy Susanto
Kategori: Aktivitas […] Lain-lain

Untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang baik, maka seorang guru atau pendidik harus memiliki beberapa kecakapan dan kemampuan yang cukup. Salah satu kemampuan itu adalah bagaimana seorang pendidik bisa menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan.

Terkadang kita sebagai guru mendengar keluhan siswa yang mengatakan bahwa belajar itu membosankan, mengulang pelajaran itu menjemukan, mengerjakan latihan itu melelahkan dan keluhan-keluhan lain yang intinya mengatakan bahwa belajar itu tidak menyenangkan.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dan kiat bagi para guru untuk membuat dan menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan.


1. Meluruskan niat bagi seorang pendidik
Yang pertama yang harus dilakukan adalah menata niat kita,para pendidik. Niatkan proses belajar mengajar yang kita lakukan adalah sebagai suatu ibadah kepada Allah swt, yang apabila kita lakukan dengan sebaik-baiknya akan mendapatkan pahala dari-Nya.


2. Menambah dan meningkatkan kualitas diri sebagai pendidik
Untuk mencapai suatu tujuan yang baik, kita tentunya tidak bisa mengandalkan kemampuan dan kualitas yang pas-pasan saja.Kapasitas dan kemampuan seorang pendidik itu harus sesuai dengan standar yang ada.Bahkan sangat bagus apabila seorang guru itu memiliki kemampuan dan skill mengajar yang diatas rata-rata.karena hal ini akan sangat membantu sekali pekerjaan sebagai seorang pendidik yang baik.


3. Menciptakan metode mengajar yang paling pas dan sesuai
Setiap tempat dan kondisi mengajar pasti tidak sama dan berbeda satu sama lain.Maka yang harus dilakukan seorang pendidik adalah membuat dan menciptakan berbagai metode dan tehnik mengajar yang paling pas dengan kondisi dan situasi yang ada .Tujuannya adalah agar suasana belajar mengajar menjadi kondusif sekaligus menyenangkan bagi semua peserta didik.

4. Kenali dan ketahui karakter peserta didik
Faktor penting lainnya adalah faktor mengenali seperti apa karakter dan sifat para peserta didik kita.Hal ini akan memudahkan kita dalam proses untuk mengetahui keinginan dan kemauan para peserta didik .Sehingga suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan akan lebih mudah kita lakukan.


5. Lakukan penyesuaian dengan perkembangan zaman yang ada
Guru di era baru ini tidak boleh kaku dan tidak mau berubah untuk melakukan berbagai cara mengajar yang inovatif dan kreatif dalam mengajarnya.Perkembangan ICT yang pesat, seharusnya membuat para guru lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan berbagi metode mengajar.


6. Buatlah suasana belajar yang santai dan rileks
Buatlah proses belajar sebagai suatu yang santai dan tidak memaksa. Begitupula para guru bisa mencari tempat dan suasana untuk belajar mengajar  yang paling kita santai.Tentu saja hal ini disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang memungkinkan.


7. Nikmatilah proses belajar mengajar yang ada
Sesuatu yang dinikmati, walaupun itu terlihat sulit, akan mengurangi beban, sebaliknya sesuatu yang tidak dinikmati, walaupun terlihat mudah akan terasa membebani kita.Seorang pendidik yang menikmati aktifitasnya mengajar, tentu berimbas dengan peserta didik yang akan juga menikmati proses belajarnya menjadi menyenangkan


8. Jadilah pendidik yang dihormati dan dibanggakan
Suasana kondusif dan menyenangkan tidak akan terbangun,jika peserta didik tidak punya rasa menghormati gurunya.Guru yang bisa dibanggakan juga berpengaruh akan terciptanya kondisi belajar yang kondusif.


9. Mencintai proses yang terjadi
Ketika kita bisa menikmati sesuatu yang kita lakukan,maka tidak ada lagi kebahagiaan yang lebih dari itu semua.Maka seorang pendidik harus selalu mengingat apapun yang kia kerjakan haruslah selalu dibarengi oleh cinta dan rasa suka kita melakukannya.

Demikian beberapa tips dan kiat yang bisa dilakukan para guru dan pendidik untuk bisa menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif yang pada gilirannya pual akan menumbuhkan rasa yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar yang kita lakukan setiap harinya.

Semoga bermanfaat dan berguna untuk rekan-rekan pendidik sekalian.
 

290 total views, 1 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Botaksakti

    Keikhlasan————->kesenangan——–>kebahagiaan:D

    Botaksakti Komentar pada May 10, 2012 9:10 am

  2. Avatar of Agus Firman

    Hal hal sederhana yang sering terlupakan.. menarik mas.. :D

    Agus Firman Komentar pada May 13, 2012 12:20 pm

  3. Avatar of Edy Susanto

    Pak Isna : Keikhlasan bisa membuat hati kita bahagia, juga melepaskan segala penat,capek dan kerja keras kita dalam membentuk insan cerdas harapan bangsa.Trksh

    Edy Susanto Komentar pada May 22, 2012 9:43 pm

  4. Avatar of Edy Susanto

    Pak Agus : Terimakasih atas perhatiannya.Semoga pak agus juga sukses.

    Edy Susanto Komentar pada May 22, 2012 9:44 pm

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit