11

Kiat Membuat Resolusi Untuk Pendidik (+2)

Steven Sutantro January 11, 2014

resolusi

Mengawali tahun baru adalah momen yang tepat membuat resolusi tahun baru. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat membantu anda membuat dan menjaga resolusi tahun baru anda

1. Berikan Nama Tahun
Beri 1 nama yang mewakili hal-hal yang ingi capai dalam tahun tersebut. Misalnya, Tahun Membaca, Tahun Menulis, Tahun Inovasi.

2. Uraikan Tujuan Spesifik

Jelaskan tujuan lebih spesifik, realistis, dan dapat tercapai dari β€˜nama’ pada tahun anda. Misalnya, Tahun Menulis dapat dicapai dengan merancang blog pendidikan atau menerbitkan buku pendidikan.

reso

3. Uraikan Langkah Sederhana
Berikan langkah-langkah sederhana dalam kata-kata singkat yang mudah diingat. Misalnya, membaca buku, mengikuti seminar, membuat blog pribadi.

4. Gabungkan Resolusi Anda
Gabungkan nama tahun, tujuan spesifik, langkah sederhana menjadi 1 kalimat sederhana yang mudah diingat . Misalnya 2014: Tahun Menulis: Menerbitkan buku pendikan, membaca buku, mengikuti seminar, membuat blog pribadi.

5. Rekam Resolusi Anda
Setelah digabungkan dalam kalimat sederhana, rekam resolusi anda di catatan, tempel di ruang kelas anda, dan unggah di status Twitter, Google+, Facebook, desain foto dengan tulisan anda, dan pasang di meja kerja anda agar mudah dillihat setiap hari.

6. Ajak Siswa Membuat Resolusi
Ajak siswa juga membuat resolusi yang sudah anda buat. Minta siswa menuliskannya juga menjadi di atas kertas dan menempelkannya di papan resolusi kelas, dan menggunggahnya di media sosial. Dengan demikian, setiap dari anggota kelas dapat selalu melihat, mengingatkan, dan menjaga resolusi tersebut.

res

Akhirnya, bagian terpenting dari resolusi adalah menjaga komitmen untuk melakukan resolusi yang sudah ditetapkan. Mari jadikan resolusi ini komitmen, kebiasaan, dan karakter yang kita jalankan setiap hari bersama-bersama.

2,151 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (11)

  1. saran saya, apabila posting dielngkapi dg foto. tolong resolusinya di “kecilkan” dulu. hal ini perlu dilakukan agar sahabat guraru yg “terjerat” dalam jaringan internet “keong” tidak “keberatan” dalam membuka postingan tsb. πŸ™‚

  2. Pak Steven : Terimakasih banyak atas sharing ilmunya tentang kiat membuat rosolusi untuk pendidik. Insyaallah sharing ini sangat bermanfaat. Saya suka dengan kalimat ” bagian terpenting dari resolusi adalah menjaga komitmen untuk melakukan resolusi yang sudah ditetapkan”.

    Empat jempol buat pak Steven. Saya berikan “VOTE” sebagai penyemangat.

    Salam,

    Pak Sukani
    http://okemat.blogspot.com

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar