0

Khasiat Apple Cider Vinegar bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya (0)

Ghiza Akbar August 9, 2018

Sari cuka apel atau apple cider vinegar dianggap sebagai ramuan obat rumahan. Hal itu karena apple
cider vinegar yang seringkali dijumpai sebagai bumbu masakan di dapur rumahan ini ternyata memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan manusia. Beberapa dari khasiat tersebut adalah sebagai berikut.
 Meredakan gejala infeksi sinus, pilek dan sakit tenggorokan
 Mampu men-detoksifikasi racun dari dalam tubuh
 Mengurangi nafsu makan berlebih
 Membantu menurunkan berat badan
 Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
 Menurunkan kadar glukosa dalam darah
 Meringankan rasa sakit akibat infeksi kandung kemih
 Mencegah alergi
 Memperkuat imunitas tubuh
 Meningkatkan metabolisme tubuh
 Melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan
 Mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut seperti infeksi jamur, jerawat, ketombe, dan
sebagainya
Beberapa dari khasiat tersebut akan kami ulas lebih jauh lagi pada pembahasan berikut.
Membantu menurunkan kolesterol jahat
Beberapa penelitian melaporkan bahwa kandungan asam asetat yang terdapat pada sari cuka apel efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan sampel tikus dan terbukti bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh tikus tersebut.

Membantu menurunkan berat badan
Kelebihan berat badan adalah salah satu momok yang paling ditakuti oleh manusia, baik pria maupun wanita. Bukan hanya karena mengganggu penampilan, berat badan yang berlebih juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena menjadi faktor resiko dari berbagai jenis penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung, diabetes, stroke dan sebagainya.
Menurunkan berat badan ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai cara dilakukan agar bisa memperoleh berat badan yang ideal. Termasuk menjaga pola makan dan berolahraga dengan rutin.
Sari cuka apel ternyata mampu membantu mengatasi masalah kelebihan berat badan. Berbagai penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi sari cuka apel dapat membantu untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih. Penurunan nafsu makan tentu akan sangat membantu proses diet untuk menurunkan berat badan.

Mengatasi gangguan pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan Selain mampu mengatasi masalah berat badan, apple cider vinegar juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare.
Sari cuka apel dapat mengatasi sembelit. Hal ini karena sari cuka apel dapat membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan. Kandungan pektin yang terdapat pada sari cuka apel dapat larut dalam air dan membantu melunakkan tinja yang terdapat di usus sehingga mudah dikeluarkan. Selain membantu dalam mengatasi sembelit, pektin yang terkandung dalam sari cuka apel juga dapat membantu mengatasi diare. Usus yang meradang dapat dilindungi oleh pektin yang bertindak untuk melapisi dinding usus sehingga masalah diare dapat diringankan.

Meskipun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan keluhan kesehatan Anda kepada dokter. Apalagi jika hendak mengkonsumsi cuka apel bersamaan dengan obat-obatan.
Namun di samping itu, Anda harus memperhatikan efek samping yang mungkin terjadi saat mengkonsumsi sari cuka apel. Menurut para ahli kesehatan mengkonsumsi sari cuka apel yang berlebihan dapat menyebabkan keram otot akibat kekurangan kalium.
Selain itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi sari buah apel secara langsung tanpa campuran air atau bahan lainnya. Sebab sifat sari cuka apel yang sangat asam, hal itu dapat merusak gigi Anda serta mengiritasi organ pencernaan seperti kerongkongan dan lambung. Mengkonsumsi apple cider vinegar atau sari cuka apel sebaiknya dengan jumlah yang tepat dan kombinasi bahan yang benar. Agar tujuan mencapai kesehatan dapat diperoleh bukan malah mendapatkan lebih banyak penyakit akibat efek samping yang dihasilkan.

73 total views, 9 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar