0

KEGIATAN COLLABORATIVE LEARNING DENGAN PELAJAR DARI ASIA DAN EROPA (+1)

esti May 16, 2017

COLLABORATIVE LEARNING

This is video (not good quality) from song festival, more about that was in Dovilė Martinkutė post, but here is a video from festival dance repetition, the dance named ”šarkela varnela” .

Cuplikan video dan gambar-gambar tersebut diatas adalah salah satu bentuk hasil collaborative learning.

Hallo semua….

Perkenalkan nama saya adalah Esti lengkapnya adalah Florentina Esti Sinaringtas, saya seorang guru SMP di sekolah SMP Don Bosco III daerah Cikarang Bekasi, mengajar mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VII, VIII dan IX.

Kebetulan sekali topik yang saya angkat kali ini memang terkait dengan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar yang murid saya lakukan. Teknologi yang dimaksud lebih mengarah kepada penggunaan media sosial, yang dipakai sebagai media perantara kegiatan kolaborasi learning bersama dengan siswa lain dari beberapa sekolah di luar negeri. Sekolah tersebut khususnya dari Eropa dan Asia seperti Perancis, Polandia, Lithuania, Yunani, India, Malaysia, Vietnam, Singapura dengan sekolah tempat saya mengajar.

Kegiatan ini sudah saya lakukan sejak tahun lalu,dan saya lihat ada hal yang cukup positif. Murid-murid saya melakukan nya dengan antusias dan perasaan gembira ketika melakukan interaksi bersama mereka, terlebih pada saat melakukan kegiatan interaksi langsung menggunakan media skype.
Bentuk interaksi yang kami lakukan cukup sederhana, dimana kami hanya mengenalkan beberapa konsep, sesuai dengan tema kegiatan yang diadakan.

Untuk kali ini kami mengikuti 3 kegiatan collaborative learning dengan tema yang pertama adalah The Power of Song dimana untuk kegiatan ini, kita bertukar informasi mengenai segala sesuatu yang terkait dengan lagu contohnya lagu yang dijadikan sebagai lagu favorit, kemudian dari lagu tersebut nanti akan dideskripsikan mengenai kesan serta mengapa lagu tersebut menjadi sesuatu yang favorit.
POWER OF SONG
Lalu tema yang ke dua adalah What Matter in Your Life,pada tema ini kita diminta menceritakan segala sesuatu yang penting di dalam hidup kita, bisa dalam bentuk video, youtube, gambar ataupun tulisan yang terkait dengan sesuatu yang penting itu.
WHAT MATTER
Dan yang ketiga adalah Culture Through My Lens, dari tema ini, kita dapat menceritakan beragam bentuk budaya yang kita miliki melalui media yang diambil dengan menggunakan smartphone, kamera atau apapun yang bisa mencapture gambar atau video untuk di unggah kedalam media sosial tempat kita berinteraksi, yang pada akhirnya dapat dijadikan sebagai media interaksi bagi anak-anak yang tergabung dalam kegiatan collaborative learning tersebut. Semua bentuk kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
CULTURE

Dan di bawah ini akan saya sertakan beberapa kegiatan collaborative yang mereka lakukan

michaeliren

Senang, bangga dan rasa ingin tahu mereka akhirnya dapat terpenuhi dari konsep belajar semacam ini,membuat mereka semakin semangat untuk berbagi informasi positif antara satu sama lain mengenai apa yang bisa mereka ceritakan dari wilayah negara mereka masing-masing. Sehingga anak-anak mendapatkan sebuah pengalaman berharga yaitu dapat berinteraksi dengan teman-teman baru dari berbagai negara serta dapat mengenal beragam bentuk budaya dan kebiasaan yang mungkin belum bisa mereka lihat sebelumnya.

Harapannya kegiatan ini akan semakin baik dan semakin membuat anak-anak memiliki motivasi yang positif dalam penggunaan media sosial sehingga dapat memberikan wawasan baru buat mereka

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

1,047 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar